LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA PGRI 2 BANJARMASIN TAHUN AJARAN2017/2018

Puspha Fandini(1*), Sultani Sulatani(2), Didi Susanto(3)

(1) Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(3) Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan dilapangan yang ada di kelas XI-IPS2 di SMA PGRI 2 Banjarmasin ada beberapa siswa yang tidak disiplin  diakibatkan oleh rendahnya perilaku sisiwa. Melalui layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract diharapkan disiplin siswa ini dapat ditingkatkan.

Hasil penelitian diperoleh persentase siswa tidak disiplin siswa di kelas XI-IPS2 sebelum mendapatkan layanan dikategori rendah dengan rincian sebagai berikut:AHSXI IPS2 kriteria rendah tidak disiplin, ANP XI-IPS2 kriteria rendah tidak disiplin, AT kriteria rendah tidak disiplin, MK kriteria sangat rendah tidak diisplin, MS kriteria rendah tidak disiplin, MT XI-IPS2  kriteria rendah tidak disiplin, dan RL kriteria rendah tidak disiplin. Persentase rata-rata tidak disiplin siswa di kelas XI-IPS2 selama pemberian tindakan setelah siklus I AHS XI-IPS2 kategori sedang , ANP kriteria sedang, AT kriteria sedang, MK XI-IPS2 kriteria sedang MS kriteria rendah, MT kriteria sedang, RL kriteria sedang,  Persentase setelah siklus 2 di kategori tinggi dengan AHS kriteria tinggi, ANP XI-IPS2 kriteria tinggi, AT kriteria tinggi MK kriteria tinggi, MS  kriteria tinggi, MT kriteria tinggi, RL kriteria sangat tinggi.


Kata Kunci


Konseling Kelompok, Teknik Behavioral Contact Karker,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adul, M, dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspaktif. Bandung: PT Remaja Rardakarya

Arsyad, Azhara. 2012. Strategi dan Implemnetasi Pendidikan karakter Bangsa. (online).Tersedia:http://azharaarsyad.uin-

Artiani, Hanif. Penenrapan Konseling Kelompok Behavioral Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa. Surabaya: Hanif Artini

Auliah, Nurul.2005. Pengantar Pendidikan, Banjarmasin : Fkip Unsika

Eriorld.T.Bradley. 2015. 40 Tekinik . Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabta

Halimah, Nour. 20015. Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa. Banjarmasin: Unsika Banjarmasin.

Jarkawi. 2016. Penyeluruhan Tentang Cara Meningkatkan Percaya Diri Siswa dengan Fun Game Musyawarah Dengan Bimbingan dan Konseling. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan MAB

Kamila, Z, M, 2013. Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab siswa. Yogjakata: Universitas Islam Nergi Sunan Kalijaga.

Khoirun ni’am, M. 2015. Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik. Yogjakarta: Universitas Islam N sunan Kalijaga

Komalasari, G, W, Wahyuni. E, dan Kasih. 2011. Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: Aditama

Koswara, E. 2009 Teori Dan Praktek Konselin dan Psikologi. Bandung: PT Unnes Press.

Kurnato,M.E. 2014 Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta

Latipun, 2008. Psikolog Konseling. Malang: UMM Pers

Lexy J.Moleong. 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya

Prayitno. 2001 Pengawasan Bimbingan dan Konseling di sekoloh dan Konseling di sekolah. Jakarta: Rineka

Sari, W, Eka 2015 Pembentukan Karkter Disiplin dar Tanggung Jawab. Yogjakara: Eka W sari

Sugiono.2015. Metode Penelitian pendidikan pendekatan luantitatif, kualitatif, dam R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, D, K. 2006 Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rinck Cupta

Suryabrata, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Susanto,Didi.2014.Pembelajaran Dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Banjarmasin:FKIP Uniska Banjarmasin

Tololiu, D. 2005. Meningkatkan Disiplin Siswa Melalui Bimbingan Induvidual Skripsi. Gorontalo: Universitas Nergi Gorontalo

Tulus, T. 2004 Peran dan Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Umar, R, Arni, 2012. Meningkatkan Kemandirin Anak Melalui Teknik Behavioral Contract, Gorontalo: Arni R.Umar

Winkel, S, W. dan M.M.Sri,H. 1991. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan, Yogjakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v4i1.1322

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.