LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA PGRI 2 BANJARMASIN TAHUN AJARAN2017/2018
(1) Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(3) Universitas Islam Kalimatan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan dilapangan yang ada di kelas XI-IPS2 di SMA PGRI 2 Banjarmasin ada beberapa siswa yang tidak disiplin diakibatkan oleh rendahnya perilaku sisiwa. Melalui layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract diharapkan disiplin siswa ini dapat ditingkatkan.
Hasil penelitian diperoleh persentase siswa tidak disiplin siswa di kelas XI-IPS2 sebelum mendapatkan layanan dikategori rendah dengan rincian sebagai berikut:AHSXI IPS2 kriteria rendah tidak disiplin, ANP XI-IPS2 kriteria rendah tidak disiplin, AT kriteria rendah tidak disiplin, MK kriteria sangat rendah tidak diisplin, MS kriteria rendah tidak disiplin, MT XI-IPS2 kriteria rendah tidak disiplin, dan RL kriteria rendah tidak disiplin. Persentase rata-rata tidak disiplin siswa di kelas XI-IPS2 selama pemberian tindakan setelah siklus I AHS XI-IPS2 kategori sedang , ANP kriteria sedang, AT kriteria sedang, MK XI-IPS2 kriteria sedang MS kriteria rendah, MT kriteria sedang, RL kriteria sedang, Persentase setelah siklus 2 di kategori tinggi dengan AHS kriteria tinggi, ANP XI-IPS2 kriteria tinggi, AT kriteria tinggi MK kriteria tinggi, MS kriteria tinggi, MT kriteria tinggi, RL kriteria sangat tinggi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adul, M, dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspaktif. Bandung: PT Remaja Rardakarya
Arsyad, Azhara. 2012. Strategi dan Implemnetasi Pendidikan karakter Bangsa. (online).Tersedia:http://azharaarsyad.uin-
Artiani, Hanif. Penenrapan Konseling Kelompok Behavioral Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa. Surabaya: Hanif Artini
Auliah, Nurul.2005. Pengantar Pendidikan, Banjarmasin : Fkip Unsika
Eriorld.T.Bradley. 2015. 40 Tekinik . Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabta
Halimah, Nour. 20015. Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa. Banjarmasin: Unsika Banjarmasin.
Jarkawi. 2016. Penyeluruhan Tentang Cara Meningkatkan Percaya Diri Siswa dengan Fun Game Musyawarah Dengan Bimbingan dan Konseling. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan MAB
Kamila, Z, M, 2013. Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab siswa. Yogjakata: Universitas Islam Nergi Sunan Kalijaga.
Khoirun ni’am, M. 2015. Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik. Yogjakarta: Universitas Islam N sunan Kalijaga
Komalasari, G, W, Wahyuni. E, dan Kasih. 2011. Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: Aditama
Koswara, E. 2009 Teori Dan Praktek Konselin dan Psikologi. Bandung: PT Unnes Press.
Kurnato,M.E. 2014 Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta
Latipun, 2008. Psikolog Konseling. Malang: UMM Pers
Lexy J.Moleong. 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya
Prayitno. 2001 Pengawasan Bimbingan dan Konseling di sekoloh dan Konseling di sekolah. Jakarta: Rineka
Sari, W, Eka 2015 Pembentukan Karkter Disiplin dar Tanggung Jawab. Yogjakara: Eka W sari
Sugiono.2015. Metode Penelitian pendidikan pendekatan luantitatif, kualitatif, dam R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi, D, K. 2006 Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rinck Cupta
Suryabrata, S. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Susanto,Didi.2014.Pembelajaran Dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Banjarmasin:FKIP Uniska Banjarmasin
Tololiu, D. 2005. Meningkatkan Disiplin Siswa Melalui Bimbingan Induvidual Skripsi. Gorontalo: Universitas Nergi Gorontalo
Tulus, T. 2004 Peran dan Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Umar, R, Arni, 2012. Meningkatkan Kemandirin Anak Melalui Teknik Behavioral Contract, Gorontalo: Arni R.Umar
Winkel, S, W. dan M.M.Sri,H. 1991. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan, Yogjakarta: Media Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v4i1.1322
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.