PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 PADANG BATUNG

Dwi Aulia Permatasari(1*), Gusti Irhamni(2), Didi Susanto(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Objek dalam penelitian ini adalah Peran guru bimbingan dan konseling terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Padang Batung dengan Subyek penelitian yaitu 1 orang guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Padang Batung.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara , observasi .

Hasil dari penelitian ini menunjukan bentuk layanan bimbingan belajar yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Padang Batung Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan cara memberikan layanan bimbingan belajar didalam kelas maupun memanggil siswa yang mempunyai masalah belajar yang mempengaruhi prestasi belajarnya keruang bimbingan dan konseling untuk diberikkan arahan-arahan, diperbaiki dan ditingkatkan agar menjadi siswa yang unggul dalam prestasi belajarnya.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan Bagi pihak sekolah dan instansi terkait terhadap pelaksanakan layanan bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Padang Batung untuk dapat membantu dalam menyediakan saranan dan prasaranan untuk mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling.


Kata Kunci


Peran guru bimbingan dan konseling, prestasi belajar siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A, Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hariastuti, dkk, 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Surabaya : Unesa University Press,

Hosnan, M dan Suherman. 2013. Kamus Profesional Guru. Jakarta: Yudistira.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Poerwadarminta, W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Prayitno, dkk. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Bandung Tarsito.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitati dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suhaji, 2009 Peran Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belaja Siswa. MTS N Pakem Sleman Yogyakarta. 09/12/2016

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tu’u, Tulus, 2004, Peran Disipliln pada perilaku dan prestasi Siswa, Jakarta: Gramedia widiasarana.

Undang – undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v4i1.1321

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.