LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU SISWA MEMBOLOS DI SMPN 29 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2017/2018

Amaliyah Amaliyah(1*), Hamzah Hamzah(2), Farial Farial(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Latar belakang yang terjadi bahwa adanya siswa kelas IX SMPN 29 Banjarmasin yang suka membolos. Dengan layanan konseling kelompok dengan teknik self management diharapkan perilaku siswa membolos dapat dikurangi. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik self management dapat mengurangi perilaku siswa membolos. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini yaitu lima orang siswa kelas IX SMPN 29 Banjarmasin yang teridentifikasi pernah membolos. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriftif kualitatif. Setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik self management siklus 1 dengan dua kali pertemuan terdapat satu orang siswa yang tidak membolos lagi siswa tersebut adalah MAr, sedangkan empat orang siswa lainnya mengalami penurunan dalam perilaku membolos yaitu PAS menjadi dua kali, MIAF menjadi satu kali, MAk menjadi dua kali, dan SN menjadi dua kali. Dan setelah siswa mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik self managemen siklus 2 dengan satu kali pertemuan terdapat dua orang siswa yang tidak pernah membolos lagi siswa tersebut adalah PAS, dan MIAF sedangkan dua orang siswa lainnya masih membolos satu kali siswa tersebut adalah MAk dan SN. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self management dapat mengurangi perilaku siswa membolos di SMPN 29 Banjamasin. Saran yang dapat direkomendasikan peneliti kepada konselor sekolah adalah agar konselor sekolah dapat memberikan layanan yang ada di Bimbingan dan konseling kepada siswa SMPN 29 Banjarmasin.


Kata Kunci


Konseling Kelompok, Perilaku Membolos, Self Management.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisya, D. N. 2013. Jenis-jenis Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi online dalam http://devinuraisya.blogspot.co.i d/, Di akses Tanggal 8 April 2017

Anitiara. 2016. Pengurangan Perilaku Membolos Di Sekolah Dengan Menggunakan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Kotabumi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Online dalam http://digilib.unila.ac.id/23887/7/ SKRIPSI%20TANPA%20BAB %20PEMBAHASAN.pdf. Di akses Tanggal 8 April 2017

Azwar, S. 2016. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yokgyakarta: Pustaka Belajar

Handoko, A. (2013). Mengatasi Perilaku Membolos Melalui Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Self Management pada Siswa Kelas X TKJ SMK Bina Nusantara Ungaran Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Hidayat, D.R dan Badrujaman, A. 2012. Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta Barat: Indeks

Ibrahim, A.S. 2015. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas Viii Smp Batik Surakarta. Naskah Publikasi, 1(1). Di akses Tanggal 16 Juni 2017.

Indayani, A., Sedanayasa, G., Antari, N. N. M., & Erg, M. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Penguatan Positif Sebagai Upaya Untuk Meminimalisasi Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas X. 1 Sma Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 2(1). Di akses Tanggal 29 Maret 2017

Komalasari, G. Wahyuni, E. dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: Indeks

Kurnanto, M.E. 2014. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabet

Prayitno dan Amti. E. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tadjri, I. 2014. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: Swadaya Manunggal

Tutiona, M. Y., Munir, A., & Ratu, B. (2016). Upaya mengurangi perilaku membolos melalui konseling individual dengan teknik behavior contract pada siswa SMP Negeri 6 Palu. Jurnal Konseling dan Psikoedukasi, 1(1). Di akses Tanggal 1 April 2017

Ummi. 2015. Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Layanan Informasi Menggunakan Media Film Kelas X-3 di SMA Korpri Banjarmasin. Skripsi S1 Universitas Islam Kalimantan

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintah R.I Tahun 2010 tentang Penyelenggeraan




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v4i1.1320

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.