MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MENYAMPAIKAN PENDAPAT DENGAN METODE REINFORCEMENT POSITIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

lisa sis mona(1*), Wahidah Fitriani(2)

(1) uin mahmud yunus batusangkar
(2) uin mahmud yunus batusangkar
(*) Corresponding Author

Sari


When student’s confidence increases in expressing opinions, the learning process at school will become more effective. To get a positive identity, one of the things you must have is self-confidence. Self-confidence is an individual's positive attitude to develop a positive assessment of themselves or the environment/situation they face. This article is research that uses a quantitative approach. This research aims to find out how to increase students' self-confidence in learning and train that self-confidence through Group Tutoring services. Through Group Guidance services using the positive Reinforcement method is one method that can be used by Guidance and Counseling teachers in group guidance services. The results of the research show that students who are not confident in expressing opinions in the learning process are not only because the students do not know the answers to the questions, but because they do not have good self-confidence.


Kata Kunci


self confidence, positive reinforcement, group guidance

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, A. (1990). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian Suatu pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka cipta

Dewi, D. M., Supriyo, S., & Suharso, S. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4).

Dinas Pendidikan. (2002). Panduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi . Jakarta: Dikmenum

Durrotunnisa, Durrotunnisa, and Ratna Nur Hanita. "Konseling Kelompok Teknik Reinforcement Positif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home." Jurnal Basicedu 6.1 (2022): 315-323.

Durrotunnisa, Durrotunnisa, and Ratna Nur Hanita. “Konseling Kelompok Teknik Reinforcement Positif untuk Meningkatakan Motivasi Belajar Siswa Broken Home. “Jurnal Basicedu 6.1 (2022): 315-323

Komara, I.B. 2016. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa.Psikopedia. 5(1).

Maulana, Reza. Implementasi Reinforcement Positif Dalam Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Peserta Didik Kelas Vii Mts Al-Khairiyyah Kaliawi Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015-2016. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Mcleod,j. (2006). Pengantar Konseling. Jakarta : Kencana Prenada Media group .

Prayitno, & Amti, E. (2012). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling (Edisi ke-10). Jakarta: PT Rineka Cipta

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling kelompok ( Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ridwan . (2004). Penanganan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sardiman,A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Mengajar: Jakarta: Grafindo

Suharno. (2008) Bimbingan dan konseling di SMP. Solo: Central Wahana Ilmu

Suparti, (2008). Model-model Therapi. Makalah pada Diklat Narkoba. Yogyakarta.

Surur,N. (2008) . Pengembangan Model Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Makalah pada Pendampingan Teknis Model Konseling MGP. P4TK

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102

Tohir. (2005). Program Bimbingan Pribadi Sosial untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. (Tesis). Bandung: Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Yulita, R & Suzy Yulian C. S. (2006). Bimbingan dan Konseling SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Wulandari, K. (2013). Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA Negeri 1 Pacet Mojokerto. Jurnal BK UNESA, 1(1).

Zaenudin. (2008). Pendekatan-pendekatan Konseling Individual pendekatan Psikoanalisis, pendekatan Behavioral, Pendekatan Gestalt, dan Pendekatan Rational Emotif. Makalah pada Pendampingan Teknis Model Konseling MGP. P4TK




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.12571

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.