LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENUMBUHKAN SOLIDARITAS ANAK DI PANTI ASUHAN SENTOSA BANJARMASIN

Siti Norafifah(1*), Sultani Sultani(2), Didi Susanto(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin/ Program Studi Bimbingan dan Konseling
(*) Corresponding Author

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini untuk menmbuhklan dan meningkatkan pemahaman solidaritas anak adalah penting. Karena solidaritas sangat berperan penting dalam kehidupan anak. Oleh karena itu anak harus memiliki sikap dan pemahaman tentang solidaritas. Dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman solidaritas anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing Panti Asuhan Sentosa Banjarmasi,(2) mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektik untuk menumbuhkan dan meningkatkan pemahaman solidaritas pada anak Panti Asuhan Sentosa Banjarmasi. Metode dalam penelitian ini adalah Pre-expremental design dengan rancangan One-Group Pretest andPosttest. Populasi seluruh anak Panti Asuhan Sentosa Banjarmasin dan sampel sepuluh orang anak. Teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan uji wilcoxom. Hasil penelitian menunjukkan dapat dalam peningkatan terhadap sepuluh orang anak yang kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan kategori tinggi dapat disimpulkan bahwa terdapatnya perubahan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing, maka dari itu dapat dikatakan layanan tersebut dengan menggunakan teknik sangat efektif.


Kata Kunci


Bimbingan Kelompok, Solidaritas, Role Playing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


As-Sirjani, R. (2015). Solidaritas Islam Untuk Dunia. Jakarta: Pustaka Al- Kautsar.

Djumingin, S. (2011). Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makasar: Badan Penerbit UNM.

Erford, B.T. 2016. Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor . Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hartinah, Sitti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamzah. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Jarkawi, J. (2015). Perencanaan Program Bimbingan dan Konseling di SMP 25 Banjarmasin. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).

Maesaroh, I. (2009). Peran Sekolah Dalam Membentuk Solidaritas Siswa: Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Ciputat.

Oktapiani, R. Y. (2016). HUBUNGAN TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP PERSATUAN DAN KESATUAN TERHADAP SIKAP SOLIDARITAS SISWA.Jurnal Kultur Demokrasi,4(2).

Prayitno, 2013. DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING. Jakarta : Rineka Cipta.

R, O., H, Y., & Y, N. (2016). Hubungan Tingkat Pemahaman Konsep Persatuan dan Kesatuan Terhadap Sikap Solidaritas Siswa.

Sitompul, Novianti. PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE–PLAYING TERHADAP PERILAKU SOLIDARITAS SISWA DALAM MENOLONG TEMAN DI SMA NEGERI 1 RANTAU UTARA T.A 2014/2015

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

SUSANTO, Didi. NILAI DAN NORMA SOSIAL DALAM PROSES DAN HASIL BELAJAR. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 2015, 1.2.

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.

Winkel, & Hastuti, S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan . Yogyakarta: Media Abadi.

WS, I. (2013). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia . Jombang: Lintas Media.

Zulfah, R. N. (2016). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MANGGUNGAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Zacky. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Kartu-Kartu Respons Dalam Pembelajaran Berdeskusi Di Kelas VIII Semester 2 SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN AJARAN 2012/2013. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v3i3.1233

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.