PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI BERBASIS FLIPBOOK SEBAGAI PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA SANTRI PESANTREN NURUL HUDA CIREBON

Dahabid Henki(1), Ulfa Amalia(2), Soffa Rossydah(3*)

(1) Universitas Teknologi Yogyakarta
(2) Universitas Teknologi Yogyakarta
(3) Universitas Teknologi Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Cases of sexual violence in pesantren are still an iceberg phenomenon that only seems to be the peak, in the sense that the case is still rarely revealed, not complained, not reported, or even often covered up for various reasons. Development of information services on sexual violence prevention in students in pesantren, the development of flipbook media aims to provide an understanding of sexual violence prevention in students in pesantren through guidance and counseling information services. This study used the Rnd (Research and Development) method with a research sample of 10 respondents who were students of Nurul Huda Islamic Boarding School Cirebon. Based on the results of the material validation test with a percentage of 90%, the results of the media validation test of 87% and user validation with the results of 81.5%, flipbook-based information services are said to be suitable for use by students or students as learning media

Kata Kunci


Media; Information Services; Sexual Violence; Pesantren

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilia, D. C. (2022). Kekerasan Seksual di Lingkungan Pesantren. 05(01).

Arisandi. (2018). Papan Bimbingan Sebagai Media Pendidikan Seks Anak Sd Untuk Mencegah Pelecehan Seksual. Eprints UMS.

Cempaka, M. (2021). Guru Pesantren di Bandung Perkosa Santriwati, Anak Korban yang Lahir Dipakai Cari Donasi. Diambil kembali dari vice.com: https://www.vice.com/id/article/v7dv33/guru-pesantren-di-bandung-herry-wirawan-perkosa-13-santriwati-bayi-korban-dipakai-cari-sumbangan

Damayanti, M., Anni, C. T., & Mugiarso, H. (2018). Layanan Informasi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Siswa. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 7(1), 37–44. Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Desi Rahmawati, Sri Wahyuni, & Yushardi. (2017, Desember). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326-332.

Desyafmi, H. (2018). Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Melalui Layanan Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Melalui Layanan Informasi. November.

Dian Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Pengajar. Jogjakarta: DIVA Press.

Djunaedi, I. M. (2020, June 26). Pentingnya Penerapan Bimbingan Konseling Dalam Masyarakat: Perspektif Teori Behavioral. Prodi Bimbingan Konseling Islam IAIN Parepare. diakses December 2, 2022, from https://bki.iainpare.ac.id/2020/06/pentingnya-penerapan-bimbingan.html

Harruma, I. (2023, January 26). Bentuk Kekerasan Seksual Menurut Komnas Perempuan . Https://Nasional.Kompas.Com/Read/2023/01/26/01000021/BentukKekerasan-Seksual-Menurut-Komnas-Perempuan.

Hermawan, H., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2021). Flipbook pendidikan pencegahan pelecehan seksual anak ( fp3sa ) untuk meningkatkan.

Iskandar, I., & Zubir, Z. (2020). Karakteristik Kasus Kekerasan Seksual Pada Perempuan Di Blud Rumah Sakit Cut Meutia Berdasarkan Visum Et Repertum Periode Tahun 2018. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 6(1), 66. https://doi.org/10.29103/averrous.v6i1.2662

Kementrian Agama Republik Indonesia. (2022, February 3). Kemenag Siapkan Regulasi Pencegahan Kekerasan Seksual di Lembaga Pendidikan Keagamaan. Kemenag. diakses December 2, 2022, from https://kemenag.go.id/read/kemenag-siapkan-regulasi-pencegahan-kekerasan-seksual-di-lembaga-pendidikan-keagamaan-6vwyv

Meri, A. L., Susanti, M., & Onan, F. (2022). Fungsi Layanan Informasi Dalam Memberikan Pemahaman Tentang Pelecehan Seksual Kepada Anak. 13, 39–49.

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., dan Handayani, R.D. 2016.Pengembangan Media Flash Flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.4(4): 296-301.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, V. No.1.

Muttaqin, R., Wagimin, & Tadjri, I. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Berbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 174–179.

Nugraha, R. A., & Subaidi, S. (2022). Kekerasan Seksual dalam Prespektif Dominasi Kuasa. Jurnal IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 3(1).

Pebriaisyah, F., Wilodati, W., & Komariah, S. (2022). Kekerasan Seksual Di Lembaga Pendidikan Keagamaan: Relasi Kuasa Kyai Terhadap Santri Perempuan Di Pesantren. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 12(1).

Rahmawati, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Flipbook Pada Materi Gerak Benda Di SMP untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Fisika, 326–332.

Retnaningsih, I. R., Demartoto, A., & Pamungkasari, E. P. (2017). Case Study on the Biopsychosocial Impacts and Coping Behaviors among Victims of Female Sexual Violence in Sukoharjo, Central Java. Journal of Health Promotion and Behavior, 02(03), 218–231. https://doi.org/10.26911/thejhpb.2017.02.03.03

Rodlyah, & Firda. (2020). Pengembangan modul konseling preventif Islam untuk mencegah kekerasan Seksual pada remaja putri. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Rosa, M. C. (2021). Komnas Perempuan Sebut Pesantren Urutan kedua dengan Aduan Kasus Kekerasan Seksual Tertinggi. Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.kompas.com/wiken/read/2021/12/11/162000881/komnas-perempuan-sebut-pesantren-urutan-kedua-dengan-aduan-kasus-kekerasan

Said, C., Uraidhi, A., Alfarisy, M. F., Rasyid, R. R., Uraidhi, S. A., Alfarisy, M. F., Rasyid, R. R., Ilmu, F., Politik, I., Maritim, U., & Ali, R. (2023). Analisis Perilaku Kekerasan Seksual di Pondok Pesantren ( Studi Analisis Teori Dramaturgi Erving Goffman ) ( Analysis of Sexual Violence Behavior in the Islamic Boarding Schools ( Analysis Study of Erving Goffman ’ s Dramaturgy Theory )) dalam beberapa tahun terakhir . Semakin banyak korban yang menemukan kekuatan untuk. 1(4), 785–796.

Sari & Murfiah Dewi (2022). Jurnal Cakrawala Pendas MEDIA PAPAN BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN. 8(3), 781–787.

Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i3.12316

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.