PROSES PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DENGAN HASIL KEPUASAN GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH ASSALAM MARTAPURA

Arif Ganda Nugroho(1*), Latifah Latifah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(2) Akademi Kebidanan Yapkesbi Banjarbaru
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRACT

In this study, a teacher is expected to be able to use various learning models to increase the satisfaction of the results achieved in the learning process and school-based management with teacher satisfaction at Madrasah Tsanawiyah Assalam Martapura. In this study, the technique used by the teacher uses an inquiry strategy learning model, which means developing students' attitudes and skills so that they can become independent problem solvers. This means that the student needs to develop skeptical thinking about things and events that exist in this world. When viewed from the research design, especially descriptive research designs, there are various designs consisting of survey, observational, correlational, and causal comparisons that underlie this research method. So that it was found that there seemed to be quite a large number of schools stating that they often carried out school-based management well in accordance with applicable procedures and provisions in relation to the inquiry strategy learning process. Then from teacher satisfaction, it appears that quite a large number of teachers in fact often feel satisfied with the work they have been involved in at their school.

Keywords: learning process, inquiry strategy, teacher satisfaction results, school-based management.

 

ABSTRAK

Dalam penelitian ini seorang guru diharapkan mampu menggunakan berbagai macam model pembelajaran untuk meningkatkan kepuasan hasil yang dicapai dalam proses pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah dengan kepuasan guru di Madrasah Tsanawiyah Assalam Martapura. Dalam penelitian ini Teknik yang digunakan oleh guru menggunakan model pembelajaran strategi inkuiri yang artinya mengembangkan sikap dan ketrampilan siswa sehingga mereka dapat menjadi pemecah masalah yang mandiri (independent problem solvers). Ini berarti bahwa siswa tersebut perlu mengembangkan pemikiran skeptis tentang sesuatu hal dan peristiwa-peristiwa yang ada di dunia ini. Jika dilihat dari rancangan penelitian terutama sekali rancangan penelitian deskriptif, terdapat berbagai rancangan yang terdiri atas survei, observasional, korelasional, dan perbandingan sebab akibat yang melatar belakangi metode penelitian ini. Sehingga ditemukan nampak cukup besar jumlahnya dari sekolah menyatakan sering melaksanakan manajemen berbasis sekolah dengan baik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku dengan kaitannya proses pembelajaran strategi inkuiri. Kemudian dari kepuasan guru, nampak cukup besar jumlahnya para guru pada kenyataannya sering merasakan puas terhadap pekerjaan yang selama ini mereka geluti di sekolahnya.


Kata Kunci


Proses pembelajaran, Strategi Inkuiri, hasil kepuasan guru, manajemen berbasis sekolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budi Suhardiman. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Daryato M. (2001). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi AR. (2002). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Malang: UM Press

E.Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, Malayu. (2007). Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta: Rajawali.

Kaswan. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Latifah. (2021). Perubahan Tingkah Laku Siswa Melalui Komunikasi Antar Pribadi Guru Pendidikan Agama Islam. Al Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen. Vol.8 No. 2 Tahun 2021. e-ISSN: 2355-3197.

Mulyasa, (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Rosdakarya

Ngalimun, (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ngalimun, Imam Mujahid, Imam Makruf, (2022). Quality Of Work-Life Balance Dalam Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Dan Motivasi Kerja Di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Al Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis, dan Manajemen. Vol. 9 No. 2 tahun 2022. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/alkalam/article/view/7753

Riinawati, Ngalimun. (2022). Implementation of Character Education in Islamic Perspective at School. Vol. 6 No. 1 (2022): Journal of Positive Psychology and Wellbeing ISSN: 2587-0130. https://journalppw.com/index.php/jppw/article/view/871

Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Syaifullah Sagala. (2010). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suhardiman Budi. (2012). Studi Pengmbangan Kepala Sekolah Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineke Cipta.

Sujanto, Bedjo, (2007). Manajemen Berbasis Sekolah: Model Pengelolaan Sekolah di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Sagung Seto

Suprapti, Najimatul Ilmiyah, Latifah, Noor Fazariah Handayani. (2022). Islamic Aqidah Learning Management to Explore the Potential of Madrasah Students. Vol. 5 No. 1, 2022. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences. https://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/4175




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/alsh.v8i2.8246

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Al-Ulum : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ALSH is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.