PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGI: IMPLEMENTASI, RESISTENSI DAN EVALUASI UNTUK PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA MAN 2 KOTA MALANG

Rina Widjajanti(1*), Mariyo Mariyo(2)

(1) UIN Raden Mas Said Surakarta
(2) UIN Raden Mas Said Surakarta
(*) Corresponding Author

Sari


The research was conducted at MAN 2 Malang City through qualitative descriptive research where the subjects of the research were the head of the madrasa, vice principal of the madrasa, treasurer, administrative staff, madrasa committee and teachers. Data collection techniques through interviews are carried out online and offline, observation and documentation studies. The results showed that the profile of MAN 2 Malang City described 1) the vision, mission, 2) goals, 3) targets and profiles of madrasah resources. Strategy implementation at MAN 2 Malang City is carried out through internal and external school environmental activities which are described through the school's organizational structure, teamwork and division of madrasa tasks, study days and times, financing assets, curriculum, promotion of madrasas, new student admissions, madrasa culture, code of ethics, madrasa policy, geographical, demographic, cultural environment and community appreciation, government policy, development of science and technology, involvement of madrasa committees, supporting or partnering institutions, alumni and strategic implementation in an effort to meet national education standards. Implementation of evaluation at MAN 2 Malang City is carried out continuously involving the highest or top management and madrasah stakeholders both short, medium and long term through madrasah self-evaluation instruments, teachers and benchmarking to improve madrasa performance and education quality.

Keywords: Implementation of strategic management, improving the quality of education, madrasas

ABSTRAK

          Penelitian dilakukan di MAN 2 Kota Malang melalui penelitian deskriptif kualitatif dimana yang menjadi subyek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, bendahara, tenaga tata usaha, komite madrasah dan guru. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dilakukan melalui online dan offline, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil MAN 2 Kota Malang mendeskripsikan 1) visi, misi, 2) tujuan, 3) sasaran dan profil sumber daya madrasah. Implementasi strategi pada MAN 2 Kota Malang dilakukan melalui aktivitas lingkungan internal dan eksternal sekolah yang dideskripsikan melalui struktur organisasi sekolah, teamwork dan pembagian tugas madrasah, hari dan waktu belajar, aset pembiayaan, kurikulum, promosi madrasah, penerimaan siswa baru, budaya madrasah, kode etik, kebijakan madrasah, keberadaan lingkungan geografis, demografis, lingkungan budaya dan apresiasi masyarakat, kebijakan pemerintah, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, keterlibatan komite madrasah, lembaga pendukung atau yang bermitra, alumni dan implementasi strategik dalam upaya memenuhi standar pendidikan nasional. Pelaksanaan evaluasi pada MAN 2 Kota Malang dilakukan secara terus menerus melibatkan manajemen tertinggi atau puncak dan stakeholder madrasah baik jangka pendek, menengah dan panjang melalui instrumen evaluasi diri madrasah, guru dan benchmarking untuk meningkatkan kinerja madrasah dan mutu pendidikan.

Kata kunci: Implementasi manajemen strategi, peningkatan mutu pendidikan, madrasah

Kata Kunci


Implementasi manajemen strategi, peningkatan mutu pendidikan, madrasah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anwar, M. Idochi. (2013). Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

BSNP. (2009). Standar Pembiayaan Pendidikan Nasional. Jakarta: BSNP.

BSNP. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Madrasah Menengah Atas. Jakarta: BSNP.

Daft, Richard. 2007. Management. Jakarta: Salemba Empat.

David, Fred R. (2011). Manajemen Strategik. Jakarta: Salemba Empat.

David, F. R., & David, F. R. (2015). Strategic Management Concepts and Cases.

Pearson.

Diaty, R., Arisa, A., Ari Lestari, N. C., & Ngalimun, N. (2022). Implementasi Aspek Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2), 38–46. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5244

Kulsum, Umi. 2013. Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia. Diakses dari jurnal ilmiahtp.blogspot.com. Pada tanggal 8 Juli 2014.

Latifah, L., Ngalimun, N., Andi Setiawan, M., & Haji Harun, M. (2020). Kecakapan Behavioral dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 36-42. https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1747

Latifah., Noor Fazariah Handayani. (2022). Kontribusi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Kepuasan Kerja Terhadap Pelaksanaan. Kinerja Guru di SD Muhammadiyah Martapura. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 4 No. 1 tahun 2022. e-ISSN: 2656-2928. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/terapung/article/view/7356

Muhaimin, et.al. (2009). “Manajemen Pendidikan” Aplikasinya dalam penyusunan rencana pengembangan madrasah/madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Murniati & Usman, N. (2009). Implementasi Manajemen Stratejik Dalam Pemberdayaan Madrasah Menengah Kejuruan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Murniati. (2008). Manajemen Stratejik: Peran Kepala Madrasah dalam Pemberdayaan. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Ngalimun, Wulandari, Mirawati. (2022). Dimensi Dan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Multikultural Pada Mahasiswa Jurusan Kebidanan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi (JMPD) (e-ISSN: 2776-5113. Vol. 2 No. 1. DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6328

Pedoman Manajemen MAN 2 Kota Malang Tahun 2020

Renstra MAN 2 Kota Malang Tahun 2019-2024

Rohman, Arif. (2009). Kebijakan Pendidikan di Era Desentralisasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Runtuwene, T.L. 2013. Hardiknas, Kualitas Pendidikan Indonesia Rangking 67 dari 127 Negara. Diakses dari www.sulut.kemenag.go.id. Pada tanggal 1 Juli 2014.

Shadrina, Adilah. (2013). Pentingnya Peran Visi dan Misi. Diaksesdari www.dilahshadrina.blogspot.com/2013, Pada tanggal 7 Juli 2014.

Sagala, Saiful. (2011). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi, dan Pemberdayaan Potensi Madrasah dalam Sistem Otonomi Madrasah. Bandung: Alfabeta.

Siagian, Sondang. P. (2012). Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Usman, Husaini. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wheelen, T. L & Hunger, J. D. (2000). a Strategic Management and Business Policy. Massachusett: Addison-Wesley Publisher Company.

Wibowo, Manajemen Perubahan, Jakarta:PT Raja GrafindoPersada, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/alsh.v8i2.8241

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Al-Ulum : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ALSH is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.