PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK PRA SEKOLAH PENGGUNA GADGET

Nor Isna Tauhidah(1*), Evy Noorhasanah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Program Profesi Ners
(2) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Program Profesi Ners
(*) Corresponding Author

Sari


Emotional development is oneof the stages of development that will affectc hildren's
interactions with other people. Children learn to controltheir emotions whentheyare in a
relationship withtheirparents, friends, and theirenvironment. The useof gadgets
canhavevariousimpacts on children, includingchildren's emotions. Thisstudyaims to
determine the emotional developmentofchildrenwhouse gadgets. This research is an
observational research with a non-analyticdescriptiveresearch design. Sampling by
purposive sampling method. The samplesize is 56 respondents. The resultsshowedthat
23 respondents (41.1%) whoused gadgets had emotional development as expected and
33 respondents (58.9%) withverygood emotional development. The useof gadgets
canhave a positive impact on children'sdevelopmentifdonecorrectly, such as choosing
the right contentthat is able to provideexamplesofgood emotional behavior in children
and thereshouldalso be controland supervision from parents.


Kata Kunci


Children, Gadgets, Emotional Development

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Age, J.G., Hamzanwadi, U., 2020. Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. J.

Golden Age 4, 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Aprilia, Nurul Khotimah (2020) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan

Gadget Dengan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah (3-6 Tahun)

Di Tk Al-Hidayah Plus Madiun. OtherThesis, Stikes Bhakti Husada Mulia

Madiun.

Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi

Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun

Bunga 6 Banjarmasin. FaletehanHealthJournal, 6(2), 64–68.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.

Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.

https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500

Darmiah. (2020). Perkembangan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Emosi

Anak Usia MI. 94–104.

Hafiezh, M. (2020). Skripsi Studi Literatur Hubungan Penggunaan Gawai dengan

perkembangan sosial anak usia 4-6 tahun. 20-01-2020, 113.

Meitasari, T., & Muslichah, Z. (2016). Perkembangan anak elizabeth B. Hurlock

Jilid 1 (D. Agus (ed.); Edisi 6). Erlangga.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia

Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103.

https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Nurmasari, A. (2016). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan

Keterlambatan Perkembangan Pada Aspek Bicara dan Bahasa pada Balita di

Kelurahan Tambakrejo Surabaya. MidwifeEducation Study Program

FacultyofMedical, Airlangga University, 49.

Pusparisa, Y. (2020). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89%

Populasi pada 2025 | Databoks. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/, 1.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/15/pengguna-

smartphone-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025

Rukmana, I. . (2017). Hubungan Kecakapan Emosi Dengan Kemandirian Anak

Prasekolah Di Mulyorejo Malang. Skripsi, Fakultas Psikologi, UIN Maulana

Malik Ibrahim, Malang.

Sapardi, V. S. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan

Anak Usia Prasekolah di Paud/TK Islam Budi Mulia. Menara Ilmu, XII(80),

–145.

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak

Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510.

https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Vivi Syofia Sapardi, 2018. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak

Usia Prasekolah Di Paud/Tk Islam Budi Mulia. MENARA Ilmu XII, 137–145.

Wahyu Novitasari. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi

Sosial anak usia 5-6 tahun. 05 Nomor 0(1997), 182–186.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/alsh.v8i1.6835

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Al-Ulum : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ALSH is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.