PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PASTA GIGI PEPSODENT DI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT

Zenni Ariantini(1*), Erni Alfisah(2), Muthia Harnida(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


The aim of this research is to investigate the effect of mix marketing which consists of product, price, distribution, and promotion on the purchace of Pepsodent product at the district  of West Banjarmasin.

This research is a survey using 100 people as respondents. The data is analyzed using multiple regression analysis. The result of this research indicated that the mix marketing of product, distribution, and promotion statistically have significant effect on purchacing the pepsodent product at the district of west Banjarmasin. But, the price in the result of this research statistically could not give the evidence of its effect on purchasing the pepsodent product for the consumers at the district West Banjarmasin .

 

Key words: Mix marketing, price, product, promotion, purchasing


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cravens, David W. 2000, Pemasaran Strategis , Edisi Keempat, Alih Bahasa: Lina Salim, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Engel, James F., Blackwell, Roger D., and Miniard, Paul W. 1994, Perilaku Konsumen. Terjemahan: Budiyanto, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Kartajaya, Hermawan. 2000. Marketing Plus 2000: Siasat Memenangkan Persaingan Global, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005, Manajemen Pemasaran, Terjemahan: Hendra Teguh, Ronny A. Rusli dan Benjamin Molan, Edisi Milenium, Penerbit PT. Indeks, Jakarta.

___________dan Armstrong .2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedelapan, , Penerbit Erlangga, Jakarta.

___________.2000, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Edisi Pertama, Terjemahan: AB. Susanto, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Lamb, Chales W., Hair, Joseph F., and McDaniel, Carl. 2001, Pemasaran, Buku Pertama, Penerjemah: David Octarevia, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2006, Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Nazir, Moh. 2003, Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Payne, Adrian. 2001, The Essence of Service Marketing, Diterjemahkan oleh: Fandy Ciptono, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Peter, J Paul., and Olson., Jerry C,. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Diterjemahankan oleh: Damos Sihombing, Jilid 1. Edisi Keempat, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Purnama, Lingga. 2001, Strategi Marketing Plan, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2001, Mengolah Data Statistik Secara Profesional, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

_____________. 2000, Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sekaran, Uma . 2006, Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi Keempat, Penerjemah: Kwan Men Yon, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Stanton, William J. 1996, Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Alih Bahasa: Y. Lamarto, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2002, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Pertama, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Swastha, Basu. 1996, Azas-Azas Marketing, Edisi Ketiga, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2003, Metode Riset Bisnis, Cetakan Pertama, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Walker, Orville C., Boyd, Harper W., Larreche, Jean Claude. 2000, Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategi dengan Orientasi Global, Jilid II Edisi Kedua, Alih Bahasa: Imam Nurmawan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Winardi. 2001, Manajemen Pemasaran, Penerbit CV. Sinar Baru, Bandung.

Fitriana, Nana. 2002, Pengaruh Gaya Pelaksanaan Pesan Pasta gigiPepsodent Melalui Media TV Pada Pembelian Pasta gigi Masyarakat di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowok Waru Kota Malang, Tesis, Universitas Muhamadiyah Malang, Malang.

P. Adam, Rosida. 2006, Pengaruh Faktor Internal Konsumen dan Kinerja Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Komoditi Pasta gigi oleh Konsumen Rumah Tangga di Provinsi Jawa Barat, Desertasi, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Ramli, Abdul. 2007, Keunggulan Pasta GigiPepsodent, http://www. pintunet.com, dikunjungi tanggal tanggal 14 September 2017.

Sarah, Dina. 2007, Sejarah dan Perkembangan Pasta gigi, http://www. wikipedia indonesia.co.id dikunjungi tanggal 14 September 2017.

Subarna, Nana, dan Suryadi, Dadang.1999, Pengaruh Unsur-Unsur Produk Mix Pasta gigi Terhadap Harga dan Jumlah Konsumsi Konsumen dalam Rumah Tangga, Sosio Ekonomi Balai Penelitian Pasta gigi Dan Kina, Gambung.

Suryadi, Dadang, Subarna, Nana, Rosyadi, A. Imron, dan Awalina, Nurul. 2002, Pengaruh Iklan Terhadap Prilaku Pembelian Konsumen Pasta gigi dalam Keluarga, Jurnal Agro Ekonomi, Vol. 20 N0.2, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Bogor.

Wulandari, Rina. 2007, Profil PT. Unilever Indonesia Tbk, http://www. sinarharapan.co.id, dikunjungi tanggal 14 September 2017.

https://blog.jakpat.net/hasil-survey-pasta-gigi-pepsodent-atau-yang-lain/




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/alsh.v4i1.1460

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Al-Ulum : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ALSH is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.