ANALISIS PROGRAM INOVASI LAPOR KANDA (KELOLA ADUAN NASIHAT DITINDAK LANJUTI AGAR TUNTAS) TERHADAP PELAYANAN MASYARAKAT KABUPATEN PROBOLINGGO
(1) Universitas Panca Marga
(*) Corresponding Author
Sari
ABSTRAK
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018. Undang-undang tersebut mengatur tentang pelayanan publik di Indonesia dan menetapkan standar pelayanan minimal. Program Lapor Kanda (Kelola Aduan Nasihat Ditindaklanjuti Agar Tuntas) merupakan layanan pengaduan masyarakat yang terintegrasi dengan pelayanan pemerintah daerah di Kabupaten Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mengetahui keluhan masyarakat setempat. Sehingga dengan adanya program tersebut dapat membantu pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk mengetahui berbagai keluhan masyarakat dan paling banyak mengenai jalan rusak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan suatu rumusan masalah yang menggambarkan suatu keadaan sosial dan akan dikaji secara menyeluruh, luas dan mendalam. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Dengan meningkatkannya keluhan jalan rusak pemerintah Kabupaten Probolinggo mengambil langkah untuk mempercepat perbaikan jalan tersebut dengan mendatangkan truk alpomain. Hal ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap pemeliharaan kualitas jalan dan mendukung pembangunan daerah. Jadi, dengan adanya program Lapor Kanda (Kelola Aduan Nasihat Ditindaklanjuti Agar Tuntas) masyarakat Kabupaten Probolinggo dapat dengan mudah dan cepat melaporkan berbagai jenis keluhan melalui pesan WhatsApp pada nomor 082-131-001-001.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Simatupang, J. H., Pabalik, D., & Nurchasanah, S. (2017). Peranan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Efektifitas Pelayanan Masyarakat Di Distrik Sorong Manoi Kota Sorong. Jurnal Faksi: Fase Kemajuan Sosial dan Politik, 2(2), 44-51.
Hidayati, S. N., & Syamyudi, S. (2017). Analisis Kinerja Pegawai guna Menunjang Kinerja Organisasi dalam Memberikan Pelayanan Masyarakat. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 6(2), 65-76.
Ritnawati, R., Suppa, R., & Muhallim, M. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Berbasis Android Pada Kantor Desa Kaliba Mamase. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Teknologi dan Aplikasi), 1(2), 95-100.
Masyita, S. (2016). Efektivitas Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Masyarakat untuk Pembuatan E–KTP pada Kantor Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah Bongaya, 1(1), 236-249.
Mardiyanto, R., & Ismowati, M. (2017). Analisis indeks kepuasan masyarakat dalam upaya peningkatan kepuasan kualitas pelayanan masyarakat di Kantor Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 9(2), 184-197.
Kurniaty, E. Y., Muda, I., Batubara, B. M., Jamil, B., & Suharyanto, A. (2021). Sosialisasi Program Seksi Ketentraman Dan Ketertiban Kepada Masyarakat Di Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Untuk Menunjang Program Pemerintah Daerah. Pelita Masyarakat, 3(1), 6-16.
Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131-143.
Wicaksono, K. W. (2018). Tipologi Inovasi Sektor Publik Pada Tiga Program Inovatif Pemerintah Daerah Kota Surabaya (Tinjauan Reflektif Terhadap Tiga Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah Kota Surabaya Tahun 2018). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 1(2), 196-205.
Novianti, E., Nugraha, A. R., Komalasari, L., Komariah, K., & Rejeki, D. S. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam penyebaran informasi program pemerintah (Studi Kasus Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran). AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 48-59.
Wanto, A. H. (2017). Strategi pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis konsep smart city. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 2(1), 39-43.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/alsh.v10i1.13849
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Al-Ulum : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ALSH is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.