PEMANFAATAN GOOGLE MY BUSINESS SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DIGITAL DI WALAGRI FOOD CIREBON

Aang Curatman(1*), Edy Hartono(2)

(1) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
(2) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
(*) Corresponding Author

Sari


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting dan strategis pada pembangunan ekonomi Indonesia. Namun UMKM memiliki beberapa permasalahan diantaranya yaitu masih rendahnya kinerja pemasaran. Hal ini juga terjadi pada Walagri Food Cirebon. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh UMKM untuk meningkatan penjualan dan perluasan pangsa pasarnya bisa dilakukan melalui pemasaran digital. Pemasaran digital dapat dijadikan strategi alternatif dalam kegiatan pemasaran agar memudahkan pelaku UMKM dalam memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon pelanggan, sedangkan untuk calon pelanggan dapat digunakan sebagai media yang memudahkan dalam pencarian informasi suatu produk. Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pemasaran digital dengan menggunakan Google my Business kepada Walagri Food Cirebon dalam kegiatan pemasarannya. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan tersebut dibagi menjadi beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pendampingan, monitoring, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu mitra telah memiliki akun Google my Business yang digunakan untuk pemasaran digital serta mitra dapat memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi Google my Business tersebut. Setelah mitra memahami penggunaan Google my Business, diharapkan dapat meningkatkan penjualannya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, R. P., Kartono, & Kartono. Pendampingan Pengembangan UMKM Di Kabupaten Cirebon. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat IV Tahun 2019 “Pengembangan Sumberdaya Menuju Masyarakat Madani Berkearifan Lokal,” 464–462. https://semnaslppm.ump.ac.id/ index.php/semnaslppm/article/view/74. 2019

Byarwati, A., & Hidayati, R. Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Produk UMKM diKampung Wisata Tegalwaru Kabupaten Bogor. Sustainable Competitive Advantage (SCA). 2017: 6(1): 268–276.

Badan Pusat Statistik Indonesia. 2021.

Curatman, A. Peran Interaksi Pelanggan pada Komunitas Media Sosial Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Doctoral dissertation, Universitas Jederal Soedirman). 2022.

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing Studi Kasus Usaha Kremes Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen. 2021: XII(1): 17–22.

Financing Model of Coconut Sugar.pdf. (n.d.).

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan. 2019: 4(1): 53–60. http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136

Indonesia, B. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Bank Indonesia Dan LPPI. 2017: 1–135.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society). 2020: 3(3): 651–659.

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.”. Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing. 2017: 34(1): 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Manu, G. A., & Fallo, D. Implementasi Google My Business (Gmb) Dalam Promosi Pariwisata Di Kota Kupang Dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI). 2019: 2(2): 8–15. https://doi.org/10.37792/jukanti.v2i2.69

Saragih, S., Veronica, S., & .... Pengembangan Keahlian Manajerial Para Pelaku Usaha UMKM melalui Pelatihan Pemasaran Digital. Jurnal Pengabdian. 2022: 8(1): 27–34. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/view/4903%0Ahttp://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PENGABDIAN_IPTEKS/article/download/4903/3997

Sok, P., O’Cass, A., & Sok, K. M. Achieving superior SME performance: Overarching role of marketing, innovation, and learning capabilities. Australasian Marketing Journal. 2013: 21(3): 161–167. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2013.04.001

Umkm, K., Tasikmalaya, T., Barat, J., Umkm, K., & Kelontong, T. Abstrak. 2018: 1(2): 22–30.

Urmila Dewi, M. H., Trunajaya, I. G., Kesumajaya, I. W. W., & Adigorim, I. M. Penerapan Digital Marketing dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Pelaku UKM di Kabupaten Klungkung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2018: 8(2): 19. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i2.234

Winedar, M., Mulyaningtyas, A., & Suprijati, J. Digital Marketing Sebagai Pendukung Sociopreneur Umkm Kuliner Di Surabaya. Repository. Unitomo.Ac.Id. 2022: 6: 226–236.

Yuliani, N., & Novita, D. Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal (Studi Kasus : UMKM Gresik, Jawa Timur) Universitas Esa Unggul. Ikraith-Abdimas. 2019: 5(1): 146–157. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-23413-11_2333.pdf

Kominfo.go.id. Diakses tanggal 9 Oktober 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v10i2.9218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.