APLIKASI PEMBERIAN RANSUM FERMENTASI BERBASIS BAHAN PAKAN LOKAL BAGI PETERNAK ITIK DI KECAMATAN LIANG ANGGANG KOTA BANJARBARU

Siti Dharmawati(1*), Nordiansyah Firahmi(2)

(1) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk menambah wawasan peternak mitra untuk memanfaatkan bahan – bahan pakan yang megandung serat kasar dengan cara fermentasi sehingga lebih mudah dicerna unggas.
Mitra yang dilibatkan dalam kegiatan Ipteks Bagi Masyaraka (IbM) ini adalah sebanyak 2 (dua) orang mitra peternak unggas dengan spesialisasi pemeliharaan itik petelur yang tinggal di lingkungan Kecamatan Banjarbaru Utara dan Kecamatan Liang Anggang dan berkomitmen kuat untuk mengembangkan usaha peternakannya dalam mendukung peternakan itik di Kota Banjarbaru, dengan jumlah itik yang dipelihara sebanyak 500 sampai dengan 800 ekor.
Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan ini berupa penyuluhan, bimbingan teknis pengolahan pakan fermentasi dan pemberian pakan tersebut pada itik fase petelur. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peternak mitra sudah memahami dan mampu menerapkan teknologi yang diberikan dan sudah diterapkan pada ternaknya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2014. Kecamatan Banjarbaru Utara dalam Angka. Badan Pusat Statistik Pemerintah Kota Banjarbaru, hal : 36

Anonim, 2014. Kecamatan Liang Anggang dalam Angka. Badan Pusat Statistik Pemerintah Kota Banjarbaru, hal : 45

Dharmawati, 2008-2009. Kajian Nutrien Keong Rawa ”Kalambuai” di Rawa Kalimantan Selatan dengan Menggunakan Metode Pengolahan Berbeda dan Penggunaannya pada Itik Alabio

Dharmawati, Firahmi, 2015. Penerapan Teknologi Pengolahan Pakan Fermentasi Bagi Kelompok Ternak Itik di Kelurahan Landasan Ulin Barat Kecamatan Liang Anggang Banjarbaru. Al Ikhlas Jurnal Pengabdian. Volume 1 No. 1 (2015) ojs..uniska-bjm.ac.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpai.v3i1.921

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.