EVALUASI DAMPAK PSIKIS PADA MAHASISWA UNIMMA AKIBAT PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI

Hijrah Eko Putro(1*), Astiwi Kurniati(2), Nofi Nuryuhenita(3), Kurniawan Diyar Prasetyo(4), Diyah Ajeng Laila Ramadani(5), Anita Rahayu Lestari(6), Puput Setiyani(7)

(1) Universitas Muhammadiyah Magelang
(2) Universitas Muhammadiyah Magelang
(3) Universitas Muhammadiyah Magelang
(4) Universitas Muhammadiyah Magelang
(5) Universitas Muhammadiyah Magelang
(6) Universitas Muhammadiyah Magelang
(7) Universitas Muhammadiyah Magelang
(*) Corresponding Author

Sari


Pengaruh pandemi COVID-19 secara nyata memang terasa oleh masyarakat di seluruh di dunia. Banyak sekolah yang menerapkan metode pemberian tugas secara daring bagi para mahasiswa. Penugasan itu dilakukan melalui berbagai media sosial yang tersedia, terutama zoom. Pembelajaran daring akibat pandemi covid-19 merupakan iklim pembelajaran yang baru yang dirasakan oleh mahasiswa. Perubahan yang terlalu singkat ini menyebabkan kebingungan pada mahasiswa dan ditambahkan dengan kendala-kendala yang ditemui mahasiswa saat proses pembelajaran daring menyebabkan mahasiswa menjadi stres.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfiandy warih handoyo, Arga Satrio Prabowo. (2020). Prokrastinasi akademik mahasiswa selama pembelajaran daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 355–361.

Andiarma, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi, volume 16(December 2020), 139–149. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Hasanah, U., Ludian, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi covid-19. Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.

Kartika, R. (2020). Analisis Faktor Munculnya Gejala Stres Pada Mahasiswa Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi Dan Teknologi, 1(2), 107–115. https://www.researchgate.net/profile/Abdul_Latip/publication/341868608_PERAN_LITERASI_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI_PADA_PEMBELAJARAN_JARAK_JAUH_DI_MASA_PANDEMI_COVID-19/links/5ed773c245851529452a71e9/PERAN-LITERASI-TEKNOLOGI-INFORMASI-DAN-KOMUNIKASI

Ningsih, D. M. R. (2020). Pengaruh Metode Kuliah Online Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Kuliah Hukum Investasi Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Indonesia. Jurnal Pendidikan, 21(2), 104–110.

Ridlo, I. A. (2020). Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, 155–164. https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i12020.155-164

Setyaningrum, W., & Yanuarita, H. A. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat Di Kota Malang. Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(4), 7. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1580/1392




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i2.8990

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.