PENINGKATAN KAPASITAS DAN MANAJEMEN USAHA NELAYAN ALAT TANGKAP BUBU DI DESA WARULOR KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN

Agung Pamuji Rahayu(1*), Mukti Ali(2)

(1) Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan, Universitas Islam Lamongan
(2) Prodi Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan, Universitas Islam Lamongan
(*) Corresponding Author

Sari


Kemampuan SDM usaha perikanan di wilayah pesisir dalam manajemen usaha masih kurang karena sebagian besar berpendidikan rendah, permodalan usaha sebagian besar berasal dari modal sendiri, Manajemen produksi masih sederhana dan pemasaran hasil produksi usaha perikanan secara garis besar dipasarkan dalam bentuk segar dan masih berskala lokal. Oleh karena itu diperlukan upaya pengembangan usaha masyarakat di wilayah pesisir yaitu salah satunya melalui bimbingan teknis manajemen usaha. Minimnya pengetahuan akan pentingnya berkelompok juga menjadi kendala dalam upaya pendampingan kepada Nelayan. Sehingga perlu dilakukan upaya pendampingan dari instansi terkait dan akademisi guna merubah pola pikir dan nasib nelayan untuk menuju kehidupan ekonomi yang lebih baik.  Sasaran kegiatan ini adalah pelaku utama/nelayan alat tangkap Bubu yang tergabung dalam organisasi mitra Kelompok Usaha Bersama “Makmur Sejahtera” di Desa Warulor, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Metode pendekatan yang digunakan yaitu pemetaan potensi lokasi, penyuluhan, pelatihan dan pendampingan manajemen usaha nelayan Desa Warulor Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Hasil pengabdian masyarakat yaitu masyarakat sadar akan pentingnya berkelompok sesuai KepMen KP No.14 tahun 2012 tentang penumbuhan dan pengembangan kelompok pelaku utama dan usaha Kelautan dan Perikanan. Selanjutnya masyarakat nelayan dapat memahami tentang manajemen usaha dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan ekonomi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik. Kecamatan Paciran Dalam Angka Tahun 2021; 2022

Downey WD, Erickson SP. Manajemen agribisnis. Edisi kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga; 1987.

Griffin RW, Ebert RJ. Pengantar bisnis. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prenhalindo; 2001.

Hardi M, Putri J, Putri F. Bimbingan teknis peningkatan produktivitas usaha dan pendapatan Masyarakat oesisir melalui penerapan manajemen agribisnis. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah; 2017.

Kamiso HN. Pemberdayaan masyarakat lokal dan kelembagaan dalam eksplorasi sumberdaya wilayah pantai dan laut menuju otonomi daerah. Departemen of Marine Affair and Fisheries Republic of Indonesia. GEO Cities. Co.Id; 2002.

Suarnadwipa N, Adnyana IWB, Wijaksana H, Suaniti NM. 2018. Pemberdayaan masyarakat nelayan melalui pelatihan pengawetan ikan menggunakan mesin pendingin. Buletin Udayana Mengabdi. 2018: 17(2).

Yusuf M, Halimatus S, Syarif H, Muhammad N, Aeko FU, Ni Made ZW. Pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir melaui peningkatan keterampilan pengolahan hasil perikanan di desa labuan lombok, kecamatan pringgabaya kabupaten lombok timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA; 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.8960

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.