PENDAMPINGAN IZIN PRODUKSI DAN NOTIFIKASI KOSMETIK PADA INDUSTRI KOSMETIK TRADISIONAL DI KABUPATEN BANJAR

Mia Fitriana(1*), Abdul Gafur(2), Khoerul Anwar(3)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


UD Sari Pengantin merupakan produsen lulur Sari Pengantin yang sudah bertahan selama lebih dari 20 tahun. Pemasaran produk lulur Sari Pengantin terhambat selama beberapa tahun terakhir disebabkan kesulitan mitra dalam memperpanjang izin produksi. Pendampingan izin produksi dan notifikasi kosmetik pada UD Lulur Sari Pengantin Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan mitra terkait Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB) dan meningkatkan aspek legalitas usaha dan produk. Kegiatan dilakukan pada bulan April sampai Oktober tahun 2022 di pabrik UD Lulur Sari Pengantin. Metode yang dilakukan diawali dengan persiapan kemudian pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan CPKB dan notifikasi produk serta kegiatan pendampingan legalisasi usaha dan produk. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian telah terlaksana dengan baik dimana terdapat peningkatan pengetahuan terkait izin produksi, CPKB dan notifikasi produk serta terdapat peningkatan proses legalisasi usaha dan produk.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah, W. (2020) “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Keterampilan Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Sentra Topi Desa Rahayu Kecamatan Margaasih,” dalam Prosiding Seminar Nasional HUBISINTEK - Membangun Transformasi Bisnis dan Adaptasi Teknologi Pasca Pandemi, pp. 1057–1060.

Anwar, K. dan Fitriana, M. (2021) “Pemberdayaan Masyarakat dengan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dalam Pembuatan Jamu Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Bagi Masyarakat Desa Sungai Besar Kabupaten Banjar sebagai Pencegahan Covid-19,” dalam Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, pp. 1–6.

BPOM (2010) Petunjuk Operasional Pedoman Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik. Jakarta.

Fitriana, M., Anwar, K. dan Ismail, K. (2021) “Pelatihan Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik dan Notifikasi Kosmetik pada Pengrajin Lulur dan Timung di Kota Banjarmasin,” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2021 Bidang Pengabdian. pp. 1–7. ISBN: 978-623-7533-88-7.

Hasan, H. (2016) “Islam dan Budaya Banjar di Kalimantan Selatan,” Ittihad, 14(25), pp. 78–90. doi:10.18592/ittihad.v14i25.865.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i2.8937

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.