PENGENALAN ALAT PENGERING KERUPUK HYBRID TENAGA SURYA DAN BIOMASI UNTUK MSAYARAKAT, DAN UKM DI DESA BAMBAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Rendi Rendi(1*), Jainal Arifin(2), Budi Hartadi(3)

(1) Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(2) Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(3) Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat pengrajin kerupuk dan pelaku UKM di Desa Bamban mengenai alat pengering kerupuk hybrid tenaga surya dan biomassa. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan adalah berupa ceramah, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dapat disimpulkan bahwa pengetahuan masyarakat dan UKM mengenai alat pengering kerupuk  masih terbatas hal ini dibuktikan dengan hasil diskusi dengan beberapa warga. Setelah diadakannya kegiatan, terbukti dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat ini dibuktikan dengan kemampuan masyarakat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari tim pengabdian kepada masyarakat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kurniawan, W.B., Afriani, F., Aldila, H. and Tiandho, Y., 2021. Rancang bangun Alat Pengering Otomatis Kerupuk Kemplang Di desa Penyak. Kumawula, 4(1), pp.38-42.

Lesmanah, U., Afroni, M.J. and Wafi, A., 2021. Alat Pengering Kerupuk untuk Meningkatkan Usaha Kecil Industri Rumah Tangga di Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 5(2), pp.78-94.

Raliby, O. and Rusdjijati, R., 2010. Perancangan Alat Pengering Kerupuk Dengan Memanfaatkan Gas Buang Dari Proses Produksi Pada Industri Pembuatan Kerupuk. Prosiding SNST Fakultas Teknik, 1(1).

Rendi, R., 2016. Optimasi Perancangan Alat Pengering Ikan Air Tawar Kapasitas 50 Kg Memanfaatkan Tenaga Surya Dan Biomassa. Info-Teknik, 17(1), Pp.111-126.

Rendi, R., Hartadi, B., Firman, M., Irfansyah, M., Herlina, F. And Arifin, J., 2022. Pelatihan Perawatan Berkala Sepeda Motor Untuk Pemuda Dan Masyarakat Di Desa Barunai Baru. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 8(1).

Rendi, R., Arifin, J., Herlina, F., Ihsan, S., Hartadi, B., Suprapto, M. And Irfansyah, M., 2021. Edukasi Pengelolaan Sampah Dan Pendampingan Penggunaan Mesin Pembakar Sampah Di Desa Semangat Dalam. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 7(1).

Rendi, R., Arifin, J., Herlina, F., Ihsan, S., Hartadi, B. And Syahrullah, G.R.F., 2020. Meningkatkan Keterampilan Guru Smk Menggunakan Aplikasi Cad Di Smk Islam Sabilal Muhtadin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i3.8048

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.