Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Informasi BK Pada MGBK SMP Barito Kuala

Aminah Aminah(1), Zainal Fauzi(2), Mahfuz Mahfuz(3*)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Kondisi Pandemi membuat dunia pendidikan memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk tetap mengadakan proses pembelajaran yang sempat tertunda. Online learning atau proses pembelajaran daring yang memanfaatkan kemajuan teknologi dapat mempermudah guru dan siswa untuk menyampaikan dan medapatkan materi pelajaran. Keberadaan media dalam proses bimbingan dan konseling merupakan sebuah fungsi yang terintegrasi sehingga layanan dapat diberikan secara efektif dan efisien. Salah satu media informasi yang bisa digunakan dalam pemberian layanan BK adalah canva. Canva merupakan aplikasi yang hadir dalam ramainya dunia teknologi. Aplikasi ini merupakan program desain online yang menyediakan bermacam peralatan diantaranya presentasi,resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, dan jenis lainnya yang tersedia dalam aplikasi canva. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan membuat media  BK menjadi permasalahan guru BK.

            Solusi yang ditawarkan atas pemasalahan tersebut antara lain : (1) Memberikan pengrtahuan kepada guru BK terhadap pentingnya penggunaan media dalam layanan informasi BK, (2) Memberikan pengetahuan tentang aplikasi canva, (3) Memberikan pelatihan kepada guru BK dalam menggunakan aplikasi canva untuk membuat media informasi layanan BK. Luaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini publikasi pada jurnal nasional/prosiding ber-ISBN.

Metodologi pelaksanaan kegiatan  akan dilaksanakan dalam bentuk materi, tahap  pelatihan, dan evaluasi. Khalayak sasaran pada kegiatan ini adalah guru BK pada MGBK Barito Kuala. Hasil dari kegiatan ini secara umum dapat dilihat bahwa terdapat 23 orang (67,6%) yang menyatakan sangat setuju dan 11 orang (32,4%) yang menyatakan setuju bahwa  informasi yang disampaikan oleh fasilitator menarik dan bermanfaat. Untuk indikator kedua terdapat 23 orang (67,6%)  menyatakan sangat setuju dan 11 orang (32,4%) setuju bahwa Informasi yang diberikan cukup jelas selanjutnya ada 30 orang (88,2%) yang sangat setuju dan 4 orang (11,8%) yang setuju bahwa informasi tersebut menambah pengetahuan dan keterampilan dalam membuat media BK. Sebanyak 24 orang (70,6%) sangat setuju dan 10 orang (29,4%) setuju bahwa informasi tersebut berguna bagi diri pribadi, sebanyak 20 orang (58,8%) sangat setuju dan 14 orang (41,2%) setuju bahwa Informasi dan pelatihan ini berguna bagi orang lain. Indikator terakhir sebanyak 31 orang (91,2%) sangat setuju dan 3 orang (8,8%) setuju bahwa informasi tersebut efektif sehingga dapat digunakan sebagai media untuk memberikan layanan informasi kepada siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji, W. N. dan D. B. P. S. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Jurnal Metafora. Vol. VI (2), 147–157.

Amna Emda, “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran,” Lantanida Journal 5, no. 2 (2018): 181.

Cahyani, A, dkk. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3 No 1.

Famukhit, M. L. (2020). Pelatihan Desain Promosi Usaha Menggunakan Canva Pada SMK Diponegoro Tulakan Kabupaten Pacitan. Journal of Social Empowerment, 5(1), 1-5.

Farozin, M., dkk. (2016) Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan.

Isman, A. (2011). "Instructional Design In Education: New Model". TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10(1), 136–142.

Nursalim, M. (2013). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta. Akademia Permata.

Umam, Kaiful. (2013). Penerapan Media Digital Dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013,100-105.

Prayitno.(2016). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prasetiawan, Hardi. (2017). Media Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. THE 5TH URECOL PROCEEDING UAD Yogyakarta.

Sadiman, Arief S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Smaldino, S. E.(2015). Instructional Technologi and Media For Learning. New York: Pearson

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. Vol. 7 No 2.

West, R. E., Thomas, R. A., Bodily, R., Wright, C., & Borup, J. (2016). "An analysis of instructional design and technology departments". Educational Technology Research and Development, 65(4), 869–888.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i2.7989

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.