Upaya Membentuk Perilaku Gemar Membaca Melalui Sosialisasi Pentingnya Membaca Di MI Al Khairiyah 2 Kandawati Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tanggerang

Ahmad Rayhan(1*), Fani Nurul Fazriah(2)

(1) Fakultas Hukum, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author

Sari


Salah satu pondasi dasar menciptakan SDM Indonesia yang unggul adalah menumbuhkan budaya literasi dan minat baca di tengah masyarakat. Literasi menjadi kunci bagi kemajuan suatu bangsa, karena dengan tingkat literasi yang tinggi akan terjadinya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan hasil pengamatan di MI Al Khairiyah 2 Kandawati ditemukan bahwa masih kurangnya antusias belajar dari peserta didik, khususnya pada kemampuan berliterasi. Kegiatan pengabdian masyarakat (KKM) ini dilaksanakan di Desa Kandawati Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, dengan tujuan memberikan sosialisasi tentang pentingnya membaca kepada peserta didik. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk perilaku gemar membaca pada anak usia dini. Adapun metode kegiatan yang digunakan yaitu rencana kegiatan, implementasi kegiatan dan evaluasi kegiatan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rayhan A, Yulianty FD. Pendataan masyarakat untuk pemasangan kwh di desa kandawati guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa kandawati. PROBONO. 2022: 1(2).

Data Academy. Peningkatan kualitas sdm indonesia dan penguasaan teknologi. https://dataacademy.co.id/peningkatan-kualitas-sdm-indonesia-dan-penguasaan-teknologi/. 12 Agustus 2022.

Setiawan D. Model pembelajaran fun dimasa pandemi covid 19 pada siswa smk taruna. JDISTIRA. 2021: 1(1).

Fazriah FN, Yustika IL. Program student of the month sebagai proses habituasi nilai disiplin siswa. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora. 2022: 13(2).

Nurussalamah NA, dkk. Pelatihan kemampuan berhitung matematika siswa dengan metode jarimatika di kelas v sdn pontang legon 2. ABDIKAN Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi. 2023: 2(2). DOI: 10.55123/abdikan.v2i2.1728.

Hasmin SY. Pemanfaatan energi terbaharukan melalui automatic solar hidroponic untuk mengoptimalkan agrivoltaic di desa pontang legon. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia. 2023: 2(1).

Mansyur U. Gempusta: upaya meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM: 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.7972

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.