PELATIHAN PENGEMBANGAN USAHA DAN OPTIMALISASI KREATIVITAS DI MEDIA SOSIAL BAGI WIRA USAHA MUDA DI KOTA BANJARMASIN

Setio Utomo(1*), Noor Hidayati(2), Humaidi Humaidi(3), Rizki Muslim Hidayat(4), Nurul Hidayah(5)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(4) Universitas Lambung Mangkurat
(5) Universitas Sari Mulia
(*) Corresponding Author

Sari


Salah satu sektor yang menunjang perekonomian di indonesia berasal dari sektor UMKM, hal ini pun juga berdampak pada wilayah Kalimantan Selatan Khususnya Kota Banjarmasin karena melalui sektor inilah semua aspek berkaitan dengan pola kehidupan manusia yang bersumber, mulai dari sektor konsumsi, pangan, fashion, fotografer serta kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat. Permasalahan secara umum yang sedang dihadapi wirausaha muda di kota Banjarmasin tersebut diantaranya adalah apa yang harus dilakukan bagi anak muda yang ingin memulai bisnisnya, permasalahan pasar atau pemasarannya, meliputi keterbatasan pasar, distribusi maupun luas pasar yang dituju, permasalahan iklim usaha dan pengembangan usaha, permasalahan standarisasi meliputi standard produksi hingga pelayanan, masih rendahnya pemanfaatan media sosial, dan serta kurang optimalnya sisi kreativitas pemanfaatan media sosial. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan organisasi bisnis khususnya kepada wirausaha muda pelaku UMKM Kota Banjarmasin tentang bagaimana mengembangankan usaha dan mengoptimalisasikan sisi kreativitas mereka dalam memanfaatkan media sosial. Tahapan dalam pelaksanaan kegiatan: (1) pembekalan daring, (2) Ramah Tamah & Focus Group discussion (FGD), dan (3) Kegiatan Kunjungan. Hasil pelasaksanaan kegiatan ini yang diprogram secara konsepsi dengan menargetkan sasaran wirausaha muda selaku pemilik UMKM yang dilihat dari sisi pengolahan bahan baku hingga ke bahan jadi, dengan menyesuaikan antara basis keilmuan dengan realitas lapangan adalah merupakan hal yang dinilai sangat baik untuk selalu dipertahankan dan ditingkatkan.

Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Optimalisasi Kreativitas, Media Sosial, UMKM.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anoraga, P. dan Soegiastuti J. 1996. Pengantar Bisnis Modern, Kajian Dasar Manajemen Perusahaan. Pustaka Jaya, Jakarta.

Baird, L.S., Post, J.E. dan Mahon, J.F. 1990. Management, Functions and Responsibilities, Harper & Row. Publishers New York.

Bygrave, William D. 1997. The Portable MBA in Entrepreneurship, John Willey & Sons, Inc. @nd, New York.

Ed. Drucker, P.F. 1985. Innovation and Entrepreneurship, Practice and Principles, New York.

Ellenso, 1973. Ann, Human Relations, Prentice hall, New Jersey.

Harper & Row Griffin, R.E dan Ebert, R.J. 1989. Busniess. Prentice Hall, New Jersey.

Harper, S.C. 1991. Starting Your Own Busniess. McGraw-Hill, New York.

Hisrich, Robert D, Peters, Michael P, dan Sheperd, Dean A. 2008. Kewirausahaan. McGraw-Hill, Penerbit Salemba Empat, New York.

Kearl, Michael C & Chad Gordon. 1992. Social Psychology: Shaping identity, Thought and Conduct, Allyn and Bacon, USA.

Kotler, Philip. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I. Jakarta: Prenhallindo.

Littlejohn, Stephen W. 1996. Theories of Human Communication, Wadsworth Publishing Company, California, USA.

Permensos RI , No.77/HUK/2010 Tentang Pedoman Karang Taruna

Suryana. 2003. Kewirausahaan (Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses). Edisi Revisi. Jakarta : Salemba Empat

Sutanto, Adi .2002. Kewirausahaan, Jakarta: Ghalia Indonesia.

T. Hani Handoko, 2000. Pengantar Manajemen. Penerbit BPFE., Yogyakarta.

William E & Jonathan Marsh 2003. The Entrepreneur.25 Prinsip Jitu untuk Pengelolaan Bisnis Global. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Banjarmasin

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Kota_Banjarmasin




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i1.7955

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.