PENGENALAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MEDIA KARTU MUFRODAT BERGAMBAR DI TPQ AL-FAQIH

Zuraidah Zuraidah(1*), Ayuny Hadlirotul Humayro(2), Zahrotul Khoiriyah(3)

(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
(2) Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
(3) Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam ajaran agama Islam pembelajaran Bahasa Arab sangatlah penting, oleh karena itu pengenalan kosa kata bahasa Arab sebaiknya dilakukan sejak dini. Pembelajaran di TPQ Al-Faqih Dusun Kapasan Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri hanya mengajarkan membaca dan menulis huruf arab, belum mengenalkan bahasa arab secara kata per kata beserta artinya. Oleh sebab itu peneliti akan mengenalkan bahasa arab kepada siswa TPQ Al-Faqih dengan menggunakan media kartu mufrodat bergambar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengenalkan dan mengajarkan mufrodat kepada siswa TPQ Al-Faqih dengan cara semi bermain. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Participatory Action Research (PAR). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu penerapan metode kartu mufrodat yang disertai gambar dalam pembelajaran bahasa arab terbukti sangat efisien untuk memudahkan dan meningkatkan hafalan siswa dalam belajar kosa kata bahasa Arab

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, A., 2013. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Pustaka Pelajar.

Azzah, R.I., Zuraidah, 2021. Optimasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). IAIN Kediri, 1 2.

Hamid, A., 2013. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab.

Kusumawati, R., Mariono, A., 2016. Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang untuk Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Asemjajar. Teknologi Pendidikan.

Mustofa, S., 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.

Rambe, Kholidah, R.N., 2017. Penggunaan Media Flash Card Dalam Mengajarkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 1 6.

Safitri, K., 2020. PENGEMBANGAN KARTU KATA (FLASH CARD) BAHASA ARAB BERBASIS KOSAKATA BAGI SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDA ’ IYAH. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV 272–283.

Umroh, I.L., 2019. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB (STUDY EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS 1 SD NEGERI TLOGOREJO SUKODADI LAMONGAN). DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 1 6, 39–58.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i2.7946

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.