PELATIHAN MINDFULLNESS COUNSELING BAGI GURU BK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PASCA PANDEMI BAGI REMAJA DI MTS MUHAMMADIYAH 3 AL FURQON

Farial Farial(1*), Eka Sri Handayani(2), Husnul Madihah(3)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Indonesia mulai perlahan-perlahan tapi pasti mencoba untuk menerapkan pembelajaran di dalam kelas seperti semula dengan protokol kesehatan. Keadaan ini membuat banyak peserta didik mengalami kecemasanKehadiran dan peran guru BK di sekolah sangat membantu dalam mengurangi tingkat kecemasanpeserta didik di sekolah.  Banyak hal yang dapat dilakukan oleh guru BK seperti memberikan bimbingan dan memberi bantuan konseling bagi siswa yang sedang mengalami stress maupun yang tidak. Dalam situasi seperti ini, peran guru BK sangat diperlukan dalam membantu siswa mengendalikan diri sendiri untuk mengurangi tingkat kecemasan.

Cemas merupakan suatu kondisi psikologis yang wajar dirasakan oleh individu ketika merasa adanya ancaman pada hal belum jelas. Melalui rasa cemas, individu mampu bertahan duru, mengelola emosi negatif yang terjadi hingga berani mengatasi rasa cemasnya. Namun, kecemasan yang dirasakan secara terus-menerus hingga mengganggu aktivitas sehari-hari individu (tidak bersosialisasi dan merawat diri dengan baik) merupakan gejala dari terjadinya gangguan kecemmasan individu yang mengalami gangguan kecemasan tentu dapat menurunkan kondisi sehat mentalnya.

Adanya pelatihan ini adalah sebagai salah satu penguatan agar para guru BK semakin menunjukkan kualitas bimbingan kepada para peserta didik, sehingga permasalahan apapun yang dialami dapat diatasi dan diselesaikan dengan baik.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i2.7944

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.