UMPAN BALIK REKAN SEJAWAT PADA KEGIATAN PENGUATAN KOMITE PEMBELAJARAN SEKOLAH PENGGERAK
(1) Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Labuhan Batu
(2) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan
(3) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, STAI Barumun Raya Sibuhuan
(4) Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Takengon
(*) Corresponding Author
Sari
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah dalam bentuk Peserta penguatan komite pembelajaran ini terdiri dari 20 peserta dari unsur pengawas, kepala, guru. Kegiatan dengan pendekatan andragogi serta menggunakan alur pembelajaran MERRDEKA. Instrumen pada kegiatan penguatan komite pembelajaran ini menggunakan lembar kerja yang telah disediakan serta analisis yang telah dilakukan menggunakan kuantitatif dan kualitatif deskripsi. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan adanya pengetahuan baru peserta tentang konsep konsep defenisi, tata cara, jenis-jenis, prinsip, contoh instrumen serta teknik dalam umpan balik teman sejawat. Hasil yang didapatkan pada kegiatan pengabdian ini dapat implemementasikan melalui aksinyata di sekolah demi memperbaiki proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik di sekolah.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Apruebo, Roxel A. Sport psychology. Manila: UST Publishing House; 2005.
Dempsey JV. Interactive instruction and feedback. Educational Technology; 1993.
Giving feedback. https://www.mindtools.com/pages/article/newTMM_98.htm
Model Kompetensi Kompetensi Dalam Pengembangan Profesi Guru: Perdirjen GTK No. 6565/B/GT/2020
Program Sekolah Penggerak. Modul Pendampingan Kelompok Rencana Moderasi Penguatan Komite Pembelajaran; 2021.
Program Sekolah Penggerak. Ppt Umpan Balik Rekan Sejawat; 2021.
Rahman B. Refleksi diri dan upaya peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar. 2014: 17(1): 1-14.
Suherman A. Revitalisasi keterlantaran pengajaran dalam pendidikan jasmani. Bandung: IKIP Bandung Press; 1998.
Windarsih CA. Aplikasi teori umpan balik (feedback) dalam pembelajaran motorik pada anak usia dini. Tunas Siliwangi Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung. 2017: 2(1): 20-29.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v9i1.7679
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992
------------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.