PELATIHAN PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION TRAINING UNTUK MENGURANGI STRESS ACADEMIC REMAJA DI LINGKUNGAN LAHAN RAWA PANTI ASUHAN PUTERI INTAN SARI BANJARMASIN

Sri Ayatina Hayati(1*), Aminah Aminah(2), Muhammad Eka Prasetia(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Sejak adanya pandemi COVID-19 di seluruh dunia terutama di Indonesia semua pasti mendapatkan dampaknya. Salah satunya ialah lembaga panti asuhan, karena pasti akan menghambat sistem kinerja ajar mengajar di bidang pendidikan. Apalagi setiap sekolah melaksanakan pembelajaran melalui daring, dan tidak semua anak panti asuhan memiliki alat komunikasi untuk melaksanakan pembelajaran daring. Oleh sebab itu banyak terjadi stress academic pada remaja di panti asuhan dalam melaksanakan pembelajaran. Stres akademik biasanya disebabkan oleh hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan akademik yang dilakukan oleh siswa. Salah satu upaya konseling untuk mengurangi stres akademik pada siswa adalah Progressive   Muscle   Relaxation   Training. PMRT dapat digunakan untuk mengontrol kecemasan, stres atau ketegangan. Permasalahan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Remaja panti asuhan menunjukkan stress academic dalam menghadapi pembelajaran seperti terbatasnya media belajar daring dan jaringan untuk mengikuti pembelajaran daring. (2) Belum adanya intervensi yang diberikan langsung dari pihak panti asuhan maupun lembaga lainnya. Tujuan dari pelatihan ini meliputi: (1) Memberikan informasi tentang cara mengatasi stress academic. (2) Memberikan pelatihan PMRT kepada remaja panti asuhan. Kegiatan ini mempunyai 4 (Empat) metode dalam pelaksanaan kegiatan sebagai berikut: Ceramah, Demonstrasi, Pelatihan dan Evaluasi. Khalayak sasaran pada kegiatan ini remaja panti asuhan puteri intan sari Banjarmasin. Gambaran bentuk evaluasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dianalisis secara umum gambaran dari tingkat stress academic remaja panti asuhan pada kategori sedang dan tinggi sebelum diberikan pelatihan PMRT. Hasil evaluasi menunjukkan terjadi penurunan tingkat stress academic remaja panti asuhan puteri intan sari Banjarmasin menjadi rendah.

Kata kunci : Progressive Muscle Relaxation Training, Stress Academic


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al‐Gamal, E., Alhosain, A., & Alsunaye, K. (2018). Stress and coping strategies among Saudi nursing students during clinical education. Perspectives in psychiatric care, 54(2), 198-205.

Al-Shagawi, M. A., Ahmad, R., Naqvi, A. A., & Ahmad, N. (2017). Determinants of academic stress and stress-related selfmedication practice among undergraduate male pharmacy and medical students of a tertiary educational institution in Saudi Arabia. Tropical Journal of Pharmaceutical Research, 16(12), 2997–3003.

Aryani, F. (2016). "Stres Belajar" Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling". Palu: Edukasi Mitra Grafika.

Barseli, M., & Ifdil. (2018). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148.

Chitra, K. (2018). Effectiveness of audioassisted teaching module of progressive muscle relaxation technique on level of stress among visually impaired adolescents in selected school for visually impaired at Dehradun. International Journal of Medical Science and Public Health, 7(8), 601- 605.

Corey, G. (2015). Theory & Practice of Group Counseling, Ninth Edition. Australia: Brooks/Cole Cengage Learning.

Erford, B. T. (2016). 40 Techniques Every Counselor Should Know. Yogyakarta: Student Library.

Gangadharan, M. P., & Madani, M. A. H. (2018). Effectiveness of Progressive Muscle Relaxation Techniques on Depression, Anxiety and Stress among Undergraduate Nursing Students. Int J Health Sci Res, 8(2), 155-63.

Hidayat, A., & Sahruddin, A. (2016). Locus of Control in Late Adolescence: Characteristics and Ability of New Students to Overcome Depression. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 172-179.

Hidayat, I., & Ilyas, A. (2019). Efektivitas Relaksasi Otot Progresif Untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa Sebagai Teknik Dalam Layanan BK. eJournal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1).

Karaman, M. A., Lerma, E., Vela, J. C., & Watson, J. C. (2019). Predictors of Academic Stress Among College Students. Journal of College Counseling, 22(1), 41–55.

Karyo, V. S., & Saraswati, I. (2017). "Counseling, Progressive Relaxation, and Writing a Journal to Reduce General Anxiety Disorder Symptoms in an Undergraduate Student from Universitas Indonesia. 1st International Conference on Intervention and Applied Psychology (ICIAP). Atlantis Press.

Maghfirah, S. (2015). Relaksasi Otot Progresif Terhadap Stres Psikologis dan Perilaku Perawatan Diri Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 137–146.

Merakou, K., Tsoukas, K., Stavrinos, G., Amanaki, E., Daleziou, A., Kourmousi, N., et al. (2019). The Effect of PMR on Emotional Competence: Depression– Anxiety–Stress, Sense of Coherence, Health-Related Quality of Life, and Well-Being of Unemployed People in Greece: An Intervention Study. EXPLORE, 15(1), 38-46.

Misra, R., & Castillo, L. G. (2004). Academic stress among college students: Comparison of American and international students. International Journal of Stress Management, 11(2),132.

Miyono, N., Muhdi, M., Nyoman, N. A., & Wuryani, T. (2019). Pengaruh Soft Skill Pendidik Dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Semarang. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 5(1), 45–56.

O’Donnell, Patrick, S., & Linda, L. (2019). Teacher acceptability of PMR in the classroom for the treatment of test anxiety. Journal of Psychologists and Counsellors in Schools, 1-15.

Pitt, A., Oprescu, F., Tapia, G., & Gray, M. (2018). An exploratory study of students’ weekly stress levels and sources of stress during the semester. Active Learning in Higher Education, 19(1), 61-75.

Pratama, B. (2017). Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Bersalin Fase Laten Di Rsu Pku Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Rahmawati, W. K. (2016, Oktober). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Stres Akademik Siswa [Effectiveness of Cognitive Restructuring Techniques for Handling Student Academic Stress]. Jurnal Konseling Indonesia, 3(1), 22-30.

Rahmawati, W. (2017). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Stres Akademik. Jurnal Konseling Indonesia, 2(1).

Resti, I. (2014). Teknik Relaksasi Otot Progresif Untuk Mengurangi Stres Pada Penderita Asma. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01–20.

Ribeiro, I. J., Pereira, R., Freire, I. V., de Oliveira, B. G., Casotti, C. A., & Boery, E. N. (2018). Stress and quality of life among university students: A systematic literature review. Health Professions Education, 4(2), 70-77.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah [Strategy for Improving the Quality of Education in Schools]. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 5(2), 206-218.

Shadi, M., Peyman, N., Taghipour, A., & Tehrani, H. (2017). Predictors of the academic stress and its determinants among students based on the theory of planned behavior. Journal of Fundamentals of Mental Health, 20(1), 87–98.

Singh, A., & Upadhyay, A. (2013). Personality dimensions as predictors of academic stress. Indian Journal of Community Psychology.

Taufik, Ifdil., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang [Academic Stress Conditions of Public High School Students in the City of Padang]. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150.

Tollefson, M., Kite, B., Matuszewicz, E., Dore, A., & Heiss, C. (2018). Effectiveness of Student-Led Stress Reduction Activities in the Undergraduate Classroom on Perceived Student Stress. College Student Journal, 52(4), 505-515.

Tyani. (2015). Efektifitas Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Esensial. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Keperawatan, 2(2), 1068–1075.

Utami, S., & Nasution, N. (2018). Pengaruh Pemberian Teknik Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tingkat Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Keperawatan Semester Viii Di Universitas Batam. Jurnal Zona Keperawatan, 8(3), 69-70.

Yu, S. Y., & Suh, E. E. (2019). Conditional Effect of Years Employed in Selfefficacy and Stress among Studying Clinical Nurses: An Exploratory Mixed Method Study. Korean Journal of Adult Nursing,31(3), 303.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i1.7258

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.