Sosialisasi Resiko Penggunaan Vape Pada Remaja Di Kelurahan Sempaja Timur Tahun 2021

Rosdiana Rosdiana(1*), Ilham Rahmatulla(2)

(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Widyagama Mahakam Samarinda
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Widyagama Mahakam Samarinda
(*) Corresponding Author

Sari


Rokok mempunyai inovasi baru dalam perkembangannya, yaitu munculnya vape atau rokok elektrik.  Dalam penelitian kandungan vape yang dilakukan oleh Food And Drugs Administration (FDA) 2009 di Amerika menyatakan bahwa cairan liquid vape bersifat racun dan mengandung Tobacoo Specific Nitrosamine (NTSA) dan Diethylene Glycil (DEG) bersifat karsinogen. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah; a). Meningkatkan pengetahuan remaja akan resiko penggunaan vape, b). Kegiatan yang dilakukan bersama bisa mengisi waktu luang kelompok remaja, c). Terwujudnya interaksi sosial kearah positif dengan saling mendukung untuk lepas dari penggunaan vape antar remaja di Sempaja Timur. Metode yang digunakan adalah diawali dengan rapat, dilanjutkan FGD, pemaparan materi, tanya jawab dan diselingi dangan roll play. Hasil kegiatan yang dicapai, terjadi peningkatan pengetahuan resiko penggunaan vape, banyak manfaat yang diperoleh selama mengikuti kegiatan, siap saling mendukung untuk lepas dari penggunaan vape.  Simpulan, pelaksanaan kegiatan sosialisasi resiko penggunaan vape pada remaja Karang Taruna berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari pihak Kelurahan, ketua RT, toko masyarakat, toko agama maupun orang tua remaja, sehingga pengetahuan akan resiko penggunaan vape bertambah dan siap saling mendukung untuk lepas dari penggunaan vape.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, Zainal Fauzi & Mahfuz. 2022. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Informasi BK Pada MGBK SMP Barito Kuala. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Volume 8 Nomor 2 (2022).

Ariyani O.T,. 2018. Perilaku Mahasiswa Pengguna Vapor Dan Dampaknya Pada Kesehatan. Jurnal Jumantik Vol. 3 No. 2 Desember 2018.

Badan Pengawas Obat dan Makanan. 2015. Info POM Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 16 (05)

Hengki & Ratna. 2021. Strategi Pengajaran Immersion Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Remaja Mesjid Desa Semangat Dalam Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, Volume 6 Nomor 3, April 2021

Irwan. 2017. Etika dan Perilaku Kesehatan. Jogjakarta: CV. Absolute Media. 147-149

Lorensia, A., Yudiarso, A., & Herwansyah, F. R. 2017. Persepsi, Efektifitas Dan Keamanan Penggunaan Rokok Elektrik (E-Cigarette) Oleh Perokok Aktif Sebagai Terapi Dalam Smoking Cessation: Mixed Methods Dengan Pendekatan Studi Kuantitatif Dan Kualitatif. Jurnal of Tropical Pharmacy and Chemistry. 66–78.

Mardiyati, E. T. 2018. Keyakinan Kesehatan dan Frekuensi Merokok Elektrik. In Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

McEwen, A., & McRobbie, H. 2016. Electronic cigarettes : A briefing for stop smoking services. National Centre for Smoking Cessation and Training (NCSCT).

Notoatmodjo. N. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 15-18.

Priyoto. 2014. Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika. 97-106

Sari AR, Rosalita R, & Anggreny Y, 2021, Hubungan Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Kecerdasan Emosional Remaja, Vol.3, No.1 Februari 2021.

Sodik, M. A., & Sodik, B. M. A. 2018. Merokok dan Bahayanya. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management. 14-25

Sungkono, Ryanti A. & Yanasari T.L,. 2021. Penerapan model Pembelajaran Problem Posing Untuk meningkatkan Daya Kritis Dan Kreativitas Siswa SMP.

Farial, Eka Sri Handayani & Husnul Madihah. 2018. Pelatihan Mindfullness Counseling Bagi Guru BK Untuk Mengurangi Kecemasan Pasca Pandemi Bagi Remaja Di MTS Muhammadiyah 3 Al Furqon. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Volume 8 Nomor 2 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i3.7237

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.