PELATIHAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KEBAKARAN PADA RUMAH DI BONTANG UTARA

Arief Muliawan(1*), Ayu Dita Sari(2)

(1) Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang
(2) Manajemen, Universitas Trunajaya Bontang
(*) Corresponding Author

Sari


Kebakaran  merupakan peristiwa timbulnya api yang tidak terkendali, dapat membahayakan keselamatan jiwa ataupun harta benda. Kejadian kebakaran dapat terjadi dimana saja termasuk rumah tempat tinggal. Kota Bontang sering terjadi kebakaran akibat kelalaian dan ketidaktahuan dalam penanggulangan kebakaran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi warga dalam menerapkan sistem manajemen keselamatan kebakaran. Metode yang digunakan adalah 1). Penerimaan materi sistem manajemen keselamatan kebakaran; 2). Pelatihan memadamkan api dengan APAR (alat pemadam api ringan) sehingga diperlukan budaya K3 terhadap warga RT.08 Bontang Utara. Mitra dalam kegiatan ini adalah warga RT.08 Bontang Utara yang mayoritas bekerja di kantoran sehingga warga sering tidak berada di rumah. Kondisi ini menjadikan warga RT.08 rentan terhadap bahaya kebakaran. Adapun target yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini yakni terciptanya pola pikir masyarakat RT.08 Bontang Utara. Hasil kegiatan menunjukan bahwa warga merasa terbantu dan antusias dalam kegiatan pelatihan sistem manajemen keselamatan kebakaran. Dalam kegiatan yang berlangsung terlihat antusias warga mengikuti latihan dalam budaya K3 mulai dari pemaparan materi hingga praktek lapangan dengan mengunakan APAR.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif, S. (2015) Studi Analisis Penanggulangan Kebakaran di RSUD Dr. M. Ashari Pemalang. Iniversitas Negeri Semarang.

Handoko, L., Wignjosoebroto, S. and Partiwi, S. G. (2011) ‘Evaluasi Sarana Menyelamatkan Diri Keadaan Darurat Pada Bangunan Gedung Perkantoran Sebagai Upaya Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan Kebakaran’, in Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XIV. Surabaya: Program Studi MMT-ITS, p. A.9.1-A.9.8.

Kurniawati, D. (2013) Taktis memahami keselamatan dan Kesehatan Kerja. Surakarta: PT. Aksara Sinergi Media.

Rendi, R. et al. (2021) ‘Edukasi Pengelolaan Sampah Dan Pendampingan Penggunaan Mesin Pembakar Sampah Di Desa Semangat Dalam.’, Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 7(1), pp. 139–144.

Soputan, G. E. ., Sompiye, B. and Mandagi, R. (2014) ‘Manajemen Risiko Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) (Study Kasus Pada Pembangunan Gedung SMA Eben Haezar)’, Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4(4), pp. 229–238.

Youlla, D., Ellyta, E. and Widarti, S. (2020) ‘Mengatasi Problematika Sampah Rumah Tangga Di Kota Pontianak’, Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 6(1), pp. 1–9.

Zhao, C. . et al. (2004) ‘A simulation Approach for rangking of fire safety attributes of existing buildings’, Fire Safety Journal, 39, pp. 557–577.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i3.6884

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.