STRATEGI PEMASARAN PT CAMPINA ICE CREAM INDUSTRY PADA MASA PANDEMI COVID-19

Regina Inez(1*), Ni Luh Putu Sariani(2), Ni Wayan Suryathi(3)

(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen, Universitas Pendidikan Nasional
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen, Universitas Pendidikan Nasional
(3) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen, Universitas Pendidikan Nasional
(*) Corresponding Author

Sari


Pada masa pandemi COVID-19, banyak sektor terkena dampaknya, mulai dari sektor pariwisata, pendidikan maupun makanan dan minuman. Perusahaan dibidang produsen es krim seperti, PT Campina Ice Cream Industry (CAMP) Tbk juga terkena dampak pandemi COVID-19 berupa penurunan penjualan. Tujuan diadakannya pengabdian ini adalah mengetahui Strategi Pemasaran PT Campina Ice Cream Industry (CAMP) Tbk pada masa pandemi COVID-19. Dalam rangka untuk menjawab permasalahan ini penulis akan menggunakan metode pengabdian berupa penyuluhan atau sosialisasi dan evaluasi. Dengan hasil pengabdian menunjukan bahwa memanfaatkan pemasaran digital (sosial media, market place dan e-commerce), inovasi produk dan layanan home delivery dinilai positif untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi COVID-19. Saran yang dapat disampaikan penulis kepada PT Campina Ice Cream Industry (CAMP) Tbk adalah tetap mendorong pemasaran melalui kanal digital, memperbanyak distributor es krim di seluruh kota/kabupaten, mengoptimalisasikan layanan home delivery agar lebih dikenal masyarakat dan tetap berinovasi untuk memproduksi banyak varian produk baru.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aan, Mesran; Wijoyo, Hadion; Hendra Putra, S. K. S. O. (2020). Merdeka Kreatif di Era Pandemi COVID-19: Suatu Pengantar (Mesran (ed.); 1st ed.). Green Press.

Alfaritsi, S., Anggraeni, D., & Fadhil, A. (2020). Analisis wacana kritis berita ‘tentang social distance’’, cara pemerintah cegah penyebaran virus corona di Detik.com.’ Jurnal Communicology, 8(1), 131–152. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/Communicology.013.010

Campina, I. C. (2020a). MAMA CAMPINA: Penghasilan Ekstra dengan Memanfaatkan Waktu Luang. PT Campina Ice Cream Industry. https://www.campina.co.id/id/mama-campina-penghasilan-ekstra-dengan-memanfaatkan-waktu-luang/

Campina, I. C. (2020b). Omnichanel: Cara Campina Bertahan Saat Krisis. PT Campina Ice Cream Industry. https://www.campina.co.id/id/omnichannel-cara-campina-bertahan-saat-krisis/

Campina, I. C. (2021a). CAMP Optimis Bisnisnya Tumbuh Saat Ramadhan. PT Campina Ice Cream Industry. https://www.campina.co.id/id/camp-optimistis-bisnisnya-tumbuh-saat-ramadan/

Campina, I. C. (2021b). Laporan Keuangan PT Campina Ice Cream Industry (CAMP) Tbk. PT Campina Ice Cream Industry. https://www.campina.co.id/id/laporan-keuangan/

Campina, I. C. (2021c). Website Resmi PT Campina Ice Cream Industry (CAMP) Tbk. PT Campina Ice Cream Industry. www.campina.co.id

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146–153.

Imran, M. (2012). Peran Public Relations Pada Program CSR Dalam Rangka Meningkatkan Citra Positif Perusahaan. Jurnal LPPM: Paradigma, 9(01), 127-139.

Rahma, E. (2020). Campina: Rejuvenasi Kanal Es Krim. Marketeers. www.marketeers.com/campina-rejuvenasi-kanal-es-krim/

Tusi Fatimah, Ai; Effendi, Adang; Amam, A. (2018). Koneksi matematis pada konsep ekonomi (permintaan dan penawaran). Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(2), 107–116.

Wijaya, F., Hartanto, D. D., Sn, S., Si, M., Sylvia, M., Sn, S., & Petra, U. K. (2011). Perancangan Promosi Digital PT Campina. 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i3.6871

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.