PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DESA UNTUK E-GOVERNMENT DESA TOMUAN HOLBUNG KECAMATAN BANDAR PASIR MANDOGE KABUPATEN ASAHAN

Supiyandi Supiyandi(1*), Chairul Rizal(2), Muhammad Zen(3), Muhammad Eka(4)

(1) Universitas Pembangunan Panca Budi
(2) Universitas Pembangunan Panca Budi
(3) Universitas Pembangunan Panca Budi
(4) Universitas Dharmawangsa
(*) Corresponding Author

Sari


Di era otonomi daerah, desa merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukankeberhasilan pembangunan dan bersetuhan langsung dengan masyarakat terutama dalam pelayanan publik. Server merupakan media yang memiliki peranan penting untuk menyediakan layanan akses internet bagi penggunanya. Agar jaringan bisa dimanfaatkan secara optimal maka diperlukan adanya server. Penelitian ini bertujuan merancang server dilingkungan Kantor Desa Tomuan Holbung Kabupaten Asahan dengan membangun infrastruktur server yang efesien, fleksibel serta mengoptimalkan penggunaan resource, sehingga dapat disesuaikan dengan beban kerja agar resource hardware menjadi optimal. Penelitian ini dilakukan untuk menjadi solusi akan penggunaan sumber daya perangkat keras yang disediakan oleh mesin Server belum digunakan secara optimal, sehingga dibutuhkan langkah yang efisien untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil dari penelitian yang didapatkan berupa perancangan server serta mengoptimalkan penggunaan resources dan memanajemen server secara efisien dari segi waktu dan biaya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AsahanKab. (2021, September 24). asahankab.bps.go.id. From https://asahankab.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=MTlhNTRkYzVmMDEw.

BPS. (2021, September 24). https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/1208/api_pub/biszcFRCUnVKUX. Retrieved September 24, 2021

BPS. (2021, September 24). https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/1208/api_pub/eDUyUFFYcUdL.

InPres. (2003). Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. Jakarta.

Kasmawi, M. (2017). Pengembangan Sistem Database Terpadu Berbasis Web untuk Penyedian Layanan Informasi Website Desa. TEKNOSI, 73-82.

Pertiwi., S. H. (2014). Pemanfaatan Electronic Government dalalm pemberdayaan pemerintah dan potensi desa berbasis web pada desa Bogorejo, Kecamatan Gedong Tataan. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 3, 11-20.

Undang-Undang_Republik_Indonesia. (2008). Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14. Jakarta.

Undang-Undang_Republik_Indonesia. (2009). Pelayanan Publik Nomor 25. Jakarta.

Undang-Undang_Republik_Indonesia. (2014). Desa Nomor 6. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i2.6848

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.