PENYULUHAN HUKUM KESADARAN VAKSINASI MASYARAKAT DESA KRAMAT KEC. TLANAKAN KAB. PAMEKASAN DI ERA NEW NORMAL COVID-19

Mahsun Ismail(1*), Achmad Rifai(2), Nur Hidayat(3), Gatot Subroto(4), Agustri Purwandi(5), Suhami Suhami(6)

(1) Fakultas Hukum Universitas Madura
(2) Fakultas Hukum Universitas Madura
(3) Fakultas Hukum Universitas Madura
(4) Fakultas Hukum Universitas Madura
(5) Fakultas Hukum Universitas Madura
(6) Fakultas Hukum Universitas Madura
(*) Corresponding Author

Sari


Salah satu bentuk pelaksanaa Tri Dharma Perguruan Tinggi selain dari pengajaran dan penelitian Dosen pun juga dituntut meyelenggarakan kegiatan pengabdian ke masyarakat. Adapun bentuk pengabdian ke masyarakat yang dilaksanakan Universitas Madura yakni melaksanakan  kegiatan penyuluhan hokum tentang pentingnya vaksinasi kesehatan di Desa Kramat, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan. Adapun tujuan pelaksanaan pengabdian penyuluhan hokum ini  tidak lain meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program vaksinanasi pun juga mendukung dan mensukseskan program pemerintah terkait dengan vaksinasi ditengah pandemi Covid-19. Tahapan dikegiatan  pengabdian ini yakni  pertama, survey dan analisis untuk memetakan masalah dan potensi yang ada di Desa setelah itu dirancang dalam program kegiatan. Hasil dalam pelaksanaan pengabdian ini meningkatnya animo masyarakat untuk melakukan program vaksinasi serta semakin menambah kesadaran masyarakat akan pentingnya program vaksin yang dilakukan oleh pemerintah Desa Kramat.

Kata kunci : Kesadaran, Vakisnasi, Penegakan Hukum


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmawan, D.A 2022, Vaksinasi di Kabupaten Pamekasan Menjadi yang Terendah di Jawa Timur. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/04/vaksinasi-di-kabupaten-pamekasan-menjadi-yang-terendah-di-jawa-timur.

Arswendi et al 2021, Analisis Penerapan 5m Dan Vaksinasi Dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Masyarakat Saat Pandemi Covid-19 Di Desa Limbung. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, vol. 2, no. 1, hh. 63–67.

Gandryani, F & Hadi, F 2021. Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Di Indonesia: Hak Atau Kewajiban Warga Negara. RechtsVinding, vol. 10, no. 1, hh. 23–41.

Putri, K. E., Wiranti, K., Ziliwu, Y. S., Elvita, M., Frare, D. Y., Purdani, R. S., & Niman, S 2021, Kecemasan Masyarakat, Jurnal Keperawatan Jiwa (JKI), vol. 9, no. 3, hh. 539–548.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i1.6481

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.