PEMANFAATAN SAMPAH ANORGANIK AGAR BERNILAI EKONOMIS UNTUK PERBAIKAN RESAPAN AIR HUJAN PADA TANAH RAWA DI KECAMATAN AMUNTAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Fitria Handayani(1*), Akhmad Gazali(2), Robiatul Adawiyah(3), Eka Purnamasari(4), Hendra Cahyadi(5)

(1) Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan
(5) Fakultas Teknik, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Permasalahan yang sering terjadi di desa Telaga Sari yang daerahnya merupakan tanah rawa yaitu terjadinya banjir yang semakin tahun semakin besar karena volume daya tampung saluran primer semakin berkurang. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan buruk warga membuang sampah anorganik (sampah yang sukar terurai dalam tanah) ke saluran primer dan rendahnya pengetahuan tentang drainase (resapan air). Ada cara yang perlu dilakukan agar banjir tahunan dapat dicegah yaitu dengan memperbaiki sistem resapan air ke dalam (drainase). Perbaikan drainase dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah yang tidak mudah terurai dengan menggunakan kembali (daur ulang) agar bermanfaat, maupun membuat sumur resapan. Pembuatan sumur resapan tidak memungkin karena memerlukan biaya dan proses yang lama sehingga cara yang digunakan adalah pemanfaatan sampah anorganik menjadi barang yang bermanfaat seperti pot, tempat penyimpanan barang, celengan dan lain sebagainya. Diharapkan dengan adanya program pemanfaatan sampah anorganik ini dapat memperbaiki taraf hidup di bidang sosial, ekonomi, dan pangan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2013. Materi Bidang Drainase I. Deseminasi dan Sosialisasi Keteknikan Bidang PLP 2013 PU Cipta Karya: Jakarta.

Arifim, M. 2018. Evaluasi Kinerja Sistem Drainase Perkotaan di Wilayah Purwokerto. Jurnal Teknik Sipil-UCY Vol XIII No.1 Februari 2018.

Azizah, S. 2000. Dampak Perkembangan Kota terhadap Peresapan Air Dalam Tanah di Kota Malang Jawa Timur, Surakarta: Forum Geografi UMS.

Fairizi, D. 2015. Analisis dan Evalusi Saluran Drainase pada Kawasan Perumnas Talang

Kelapa di Subdas Lambidaro Kota Palembang. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol.3 No.1 Maret 2015.

Handayani, F., dkk. 2020. Alternatif Material Baru Pengolahan Dinding Bangunan Berbahan Abu Batu di kelurahan Telaga Biru Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Jurnal Al Ikhlas Volume 6, No. 2 (Desember 2020) : 292-297

Iberahim. 2008. Studi Pengembangan Sistem Infrastruktur Pengendalian Air Buangan (Drainase) di Kawasan Permukiman pada Daerah Rawa. Tesis Magister Teknik Sipil. Universitas Lambung Mangkurat.

Kamila, N, dkk. 2016. Perencanaan Sistem Drainase Berwawasan Lingkungan (Ecodrainage) di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Jurnal Teknik Lingkungan ITB Vol. 22 No.2 (2016).

Mariana, dkk. 2018. Penerapan Teknologi Pembuatan Trikompos di Desa Sungai Bokor Kalimantan Selatan. Jurnal Al Ikhlas Volume 4 Nomor 1, Opktober 2018

Ranthy, Nova Eka. 2005. Studi Evaluasi Jaringan Drainase dan Inlet di Kawasan JL Kawi Kelurahan Bareng Kecamatan Kojen Kota Malang. Fakultas Teknik Jurusan pengairan Universitas Brawijaya Malang.

Rusdi HA. 2009. Sistem Tata Kota yang Baik Menghadapi Bahaya Banjir. Seminar Tatakota: Pemkot Banjarmasin.

Suhardjono. 1984. Drainase. Universitas Brawijaya.

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta.

Wiwoho, BS. 2008. Analisis Potensi Daerah Resapan Air Hujan di Sub Metro Malang Jawa Timur. Jurnal Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang, Tahun 37, Nomor 1, januari 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i2.6260

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.