PEMBERDAYAAN PADA KELOMPOK USAHA WARUNG SEJAHTERA MELALUI PELATIHAN DAN PEMBENTUKAN KOPERASI SYARIAH

Nurul Huda(1*), Ariel Nian Gani(2), Muhammad Rofi’i(3), Nova Rini(4), Rosmelani Rosmelani(5)

(1) Magister Manajemen, Universitas YARSI
(2) Fakultas Ekonomi, Universitas YARSI
(3) 
(4) STIE Muhammadiyah Jakarta
(5) Yayasan OASE Anak Bangsa
(*) Corresponding Author

Sari


Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah dengan membentuk lembaga keuangan mikro berupa Koperasi. Kelompok Usaha Warung Sejahtera merupakan salah satu kelompok UMKM yang berbasis syariah. Sehingga membutuhkan koperasi syariah dalam mengembangkan UMKM yang tergabung di Kelompok Usaha Warung Sejahtera. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa peningkatan sikap UMKM setelah mendapatkan pelatihan koperasi syariah. Metode pengabdian yang dilakukan berupa pemberdayaan dan pelatihan. Pengukuran sikap UMKM menggunakan uji beda sebelum dengan setelah pelatihan dibantu software SPSS. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat UMKM mengenai koperasi syariah masih rendah sebelum pelatihan dan mengalami peningkatan yang signifikan setelah pelatihan. Sementara ketertarikan masyarakat UMKM untuk membentuk dan mengelola koperasi syariah sangat besar baik sebelum dan setelah pelatihan. Tindakan yang akan dilakukan masyarakat berupa pembentukan koperasi syariah dan mengelola koperasi syariah secara professional sangat besar sebelum dan setelah pelatihan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhania, L. S. O. (2017). Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Warung Wedang Kopi Desa Karangsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Warta Pengabdian, 11(1), 253–262.

Bistiana, M., & Indrarini, R. (2021). Peran BMT Mandiri Artha Syariah Dalam Pemberdayaan UMKM di Kabupaten Bojonegoro Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(2), 85–97. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei

Dewi, N. K. A. T., Astawa, I. B. M., & Suditha, I. N. (2014). Dampak Minimarket Terhadap Eksistensi Warung Tradisional Di Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Geografi Undikhsa, 2(3), 1–12.

Erawan, M. A. S. P., Zaid, & Mustjari, D. N. (2021). Optimalisasi Undang-Undang Cipta Kerja Pada Koperasi Syariah Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Rechtens, 10(1), 59–74. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi (7th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harsoyo, T. D., Setiyati, E. A., & Savero, D. (2016). Analisis Tingkat Sikap Kognitif, Afektif, Konatif Pada Nasabah Perempuan Akan Bank Sampah Malang (BSM). Wahana, 19(2), 26–34.

Hejazziey, D. (2009). Pemberdayaan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui

Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas ISSN : 2461-0992

Volume 7 Nomor 2, Desember 2021

Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Untuk Mengentaskan Kemiskinan dan Pengurangan Pengangguran. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 1(1), 31–52. https://doi.org/10.15408/aiq.v1i1.2452

Huda, N., Haryanti, S. C., Rini, N., & Rosmelani. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Anggota Kelompok Usaha Warung Sejahtera Pada Penerapan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 6(2), 188–204.

Imron, M., & Wibowo, P. A. (2008). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Keberhasilan Usaha (Studi pada Warung “Nasi Kucing” di Kabupaten Jepara). JURNAL DINAMIKA EKONOMI & BISNIS, 5(2), 111–132.

Mulyaningtyas. (2020). Peran Financial Inclusion Koperasi Syariah Dan Orientasi Kewirausahaan Sebagai Upaya Permbadayaan Umkm Syariah Di Kota Malang Mulyaningtyas. Jurnal Riset Akuntansi & Komputerisasi Akuntansi, 10(2), 111–130.

Najib, M. F., Februadi, A., Kusdibyo, L., Yahya, E. S., Djatnika, T., & Refdinal, W. (2021). Peningkatan Kemandirian Komunitas Lokal Pengrajin Dan Umkm Di Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang Melalui Pengembangan Lembaga Keuangan Koperasi Beserta Standar Layanannya. Jurnal Difusi, 4(1), 36–58.

Ompusunggu, M. P., & Djawahir, A. H. (2014). Gaya Hidup dan Fenomena Perilaku Konsumen pada Warung Kopi di Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 188–196.

Solomon, M. R. (2013). Consumer Behavior Buying, Having, And Being. Pearson.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i2.6256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.