PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU MENGGUNAKAN APLIKASI CAMTASIA

Emilius German(1*), Disa Evawani Lestari(2), Grace Amialia A. Neolaka(3)

(1) Universitas Presiden
(2) Universitas Presiden
(3) Universitas Presiden
(*) Corresponding Author

Sari


Pandemi COVID- 19 berdampak pada perubahan dalam banyak aspek termasuk pada perubahan metode pembelajaran, dari tatap muka ke pembelajaran daring. Untuk menjaga kualitas pembelajaran daring, banyak cara yang dilakukan termasuk pengajaran melalui media video. Akan tetapi tidak banyak banyak guru memiliki kemampuan membuat video.Hasil survey awal kegiatan ini menunjukkan lebih dari 50% guru tidak memiliki keahlian membuat video pembelajaran. Karena itu, PKM pelatihan pembuatan video ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode Workshop secara daring diimplementasikan. 13 guru SD sampai SMA berpartisipasi dalam workshop ini. Hasil pelatihan ini menunjukan 93% peserta mampu membuat video pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan untuk terus dilakukan dengan lebih melibatkan banyak peserta untuk menjaga kualitas pembelajaran secara daring.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Metode dan Video Pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal Of Education Research, 1(2), 177–182. Https://Doi.Org/10.37985/Joe.V1i2.18

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i1.89

Evans, P. (1995). Teaching Undergraduate Accounting Students Using Videos And Computer Technology. Department Of Accountancy Working Papers , No. 32.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.

Haryoko, S. (2012). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Hikmah, A. B. (2020). Menciptakan Pembelajaran Menarik Di Masa Pandemi Covid-19 | Republika Online. Retrieved February 26, 2021, From Republika Website: Https://Republika.Co.Id/Berita/Qjqd9h374/Menciptakan-Pembelajaran-Menarik-Di-Masa-Pandemi-Covid19

Menteri Pendidikan. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Saat Pembelajaran Jarak Jauh. Retrieved July 29, 2021, From Https://Www.Viva.Co.Id/Vstory/Lainnya-Vstory/1390166-Penerapan-Pendidikan-Karakter-Pada-Saat-Pembelajaran-Jarak-Jauh

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An, 7(2).

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9-15.

Sykes, R., & Emma, T. (2012). The Impact On Student Learning Outcomes Of Video When Used As A Primary Teaching Tool In The Internet Hybrid Classroom. Https://Doi.Org/10.5176/2251-1679_Cgat11

Techsmith: Global Leader In Screen Recording And Screen. (2020). Retrieved 27 April 2021. Https://Www.Techsmith.Com




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i1.5717

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.