PEMBERDAYAAN JARINGAN PEREMPUAN USAHA KECIL SURAKARTA

Suminah Suminah(1*), Eny Lestari(2), Dwiningtyas Padmaningrum(3), Adreas Slamet Widodo(4)

(1) Fakultas Pertanian ,Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, UNS
(2) Fakultas Pertanian ,Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, UNS
(3) Fakultas Pertanian ,Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, UNS
(4) Fakultas FSRD, Program Studi Desain Komunikasi Visual, UNS
(*) Corresponding Author

Sari


Kota Surakarta  merupakan salah satu kota yang ada di Solo Raya, dengan mayoritas 80% penduduknya memiliki pekerjaan di bidang usaha baik jasa maupun memproduksi barang dan pangan. Mitra kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Kelompok Jaringan Perempuan Usaha Kecil (JARPUK) Ngudi Lestari yang merupakan kumpulan dari berbagai usaha kecil  yang bergerak di bidang pangan dan kerajinan di Kota Surakarta. Dalam pengelolaannya jaringan usaha kecil  ini mengalami berbagai  permasalahan utama yang menjadi penghambat bagi kemajuan usaha kecil tersebut khususnya yang bergerak di bidang pangan, apalagi ditambah dengan kondisi pandemi covid-19.  Permasalahan yang dihadapi mitra adalah: menurunnya semangat dari pelaku usaha karena pemasaran produknya menurun sekitar 50%,  minimnya peralatan mitra digunakan untuk proses produksi dan pengemasan, kurangnya pengetahuan mitra tentang sistem pemasaran online yang dapat mengurangi kontak langsung, tetapi dapat mendukung perekonomian di masa pandemi covid ini. Kegiatan PKM ini merupakan kegiatan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mitra yang berhubungan dengan pengemasan produk yang marketable, motivasi usaha  dan pemasaran online. Pemberdayaan yang dilakukan  ini dapat  berdampak pada pendapatan yang mereka peroleh walaupun tidak terlalu besar perubahannya tetapi cukup dalam hal keberlangsungan usaha dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ceha, R, RME Hadi. A. 2011. Pemanfaatan limbah ampas tahu sebagai bahan baku proses produksi kerupuk penganti tepung 1300 tapioca. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sains, Teknologi dan Kesehatan.Unisba, 2(1): 173-180.

Fransiska, W. Deglas. 2017. Pengaruh Penggunaan Tepung Ampas Tahu Terhadap Karakteristik Kimia dan Organoleptik Kue Stick. Jurnal Teknologi Pangan,8(3): 17.

Harriet. T., Opoku, N. A., Asare, Anin, E. K. 2014. The Role of Women in Reducing Household Poverty in the Bongo District of the Upper East Region, Ghana. Journal of Arts and Humanities, 3(4): 99-110.

Ihromi, TO. 2000. Pokok-pokok Antropologi Budaya. Gramedia. Jakarta.

Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan. 2006. Rencana Aksi Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP). Jakarta.

Khan, S. 2018. Women Empowerment: Key to Socio-Economic Development. International Journal of Women Empowerment, 4: 5-7.

Nugroho, T. 2007. Paradigma, Model, Pendekatan Pembangunan, dan Pemberdayaan Masyarakat di Era Otonomi Daerah. Universitas Brawijaya. Malang.

Pujono, O. S. 1996. Pemberdayaan Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Centre for Strategic and Internasional Studies (CSIS). Jakarta.

Sulistiyani, Ambar Teguh. 2004. Kemitraan Dan Model-Model Pemberdayaan. Gava Media. Yogyakarta.

Sumodiningrat, G. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengamanan Sosial. Ghalia Indonesia. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i2.5623

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.