PENDAMPINGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SDN KARANGWUNGU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ima Maulida Darojah(1*), Merlin Arianti(2), Moh. Ainul Yaqin(3), Anisa Ulfah(4), Ah. Sholihin(5)

(1) Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
(2) Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
(3) Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
(4) Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
(5) Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

Pandemi Covid-19 memberikan dampak dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Masalah tersebut ditemukan di SDN Karangwungu Karanggeneng Lamongan yang belum dapat memaksimalkan media-media digital selama proses PJJ. Di sisi lain, media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar siswa. Melihat motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang cenderung menurun selama PJJ, perlu adanya variasi dalam proses PJJ untuk memanfaatkan media pembelajaran digital. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan 2021, tim melakukan pendampingan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran modern. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam menyampaikan pembelajaran. Media yang dinilai tepat dan sesuai dengan kondisi saat ini adalah media pembelajaran modern berbasis digital, salah satunya menggunakan media PowerPoint (PPT) dalam bentuk video. Metode pelaksanaan yang dipilih ialah dengan cara memberikan sosialisasi pemahaman kepada guru tentang pemanfaatan media-media digital sebagai media pembelajaran serta melakukan pendampingan dalam proses kegiatan belajar. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan antusias guru dan siswa di SDN Desa Karangwungu.

Kata Kunci: pendampingan belajar, media pembelajaran digital, pembelajaran jarak jauh


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, A 2014, Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Assidik, G.K 2018, Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital yang Interaktif dan Kekinian, Seminar Nasional SAGA Universitas Ahmad Dahlan, 242–246. http://seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/viewFile/124/370

Kamhar, M.Y., & Lestari, E 2019, Pemanfaatan Sosial Media Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, INTELIGENSI: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 2, hh. 1–7. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/article/view/1356.

Kemdikbud, P 2020, SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19.

Nafsiah, dkk 2014, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Kelas X Berbasis Keterampilan Generik Sains Menggunakan Animasi Flash SMA di Kabupaten Lampung Barat. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JT/article/view/3836.

Sari, PA, Pemanfaatan Komputer Sebagai Sarana Pembelajaran untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Guru SDN Pengumbulanadi II di tengah Pandemi Covid-19.

Septiana 2021, Meningkatkan Media Pembelajaran Menarik di Masa Pandemi. Diakses tanggal 28 Agustus 2021 https://retizen.replubika.co.id/posts/10694/meningkatkan-media-pembelajaran-menarik-di-masa-pandemi.

Ulfah, A 2020, Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Masa Pandemi, SENASBASA, vol. 4, no. 1, 410—423. Diakses tanggal 29 Agustus 2021 http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/3703

Wardani 2006, Bahan Ajar Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. http://repository.ut.ac.id/5438/1/UTBAPTJJ-ALL.pdf.

Zahara, dkk 2014, Optimalisasi Pembelajaran dengan E-Book dan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Dunia Tumbuhan, Jurnal Biotik, vol. 2, no. 2, hh. 77-137.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i1.5488

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.