PEMANFAATAN LIMBAH URINE SAPI SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR (BIOURINE)

Ilhamiyah Ilhamiyah(1*), Ari Jumadi Kirnadi(2), Ahmad Yanto(3), Akhmad Gazali(4)

(1) Universitas Islam Kalimantan
(2) Universitas Islam Kalimantan
(3) Universitas Islam Kalimantan
(4) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Laboratorium Lapang Fakultas Pertanian  UNISKA  Desa Bentok Kampung Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Pengabdian kepada Masyarakat  ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada peternak/masyarakat untuk memanfaatan limbah urin sapi menjadi pupuk organik cair, memberikan dasar dan prinsip-prinsip didalam pembuatan pupuk organik cair berbahan baku urin sapi, dan memberikan pola fikir kepada peternak/masyarakat untuk memanfaatkan limbah cair urin sapi sebagai pupuk organik cair yang ramah lingkungan.  Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan demostrasi.  Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berjalan lancar dan peserta  sangat tertarik dan antusias  dengan adanya kegiatan ini  terlihat dari banyaknya permasalahan dan pertanyaan yang diajukan  dan keinginan untuk akan menggunakan biourin sebagai pupuk organik cair yang kaya akan unsur N, P dan K. Dengan adanya kegiatan ini peserta termotivasi untuk memanfaatkan limbah urin sapi untuk dijadikan biourin yang sebelumnya hanya dibiarkan percuma sebagai limbah cair yang mengeluarkan aroma tidak sedap dan mencemari lingkungan. Peserta mendapatkan ilmu pengetahuan tentang pembuatan biourin serta prinsip-prinsip  yang harus diperhatikan dalam proses fermentasinya serta cara aplikasinya di lapangan.

Kata Kunci : Limbah cair, pupuk organik cair, ramah lingkungan, urin sapi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, S., N. Sunarlim, B. Solfan. 2011. Pengaruh urine sapi terfermentasi dengan dosis dan interval pemberian yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman sawi (Brassica junceaL.). Jurnal Agroteknologi. 2(1):1-5.

Aufa, R; N.D Yanti & N. Budiwati. 2011. Usahatani Organik dan Anorganik di Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru. Jurnal Agribisnis Perdesaan Volume 01 Nomor 01.

[Balittanah] Balai Penelitian Tanah. 2009. Petunjuk teknis analisis kimia, tanah, tanaman, air dan pupuk. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian. Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian. Bogor.

Hadi, S.N. 2020. Pemanfatan Urin Sapi Sebagai Pupuk Cair(Biourine). BPTK Kalimantan Selatan.

Hadi, P.U., D.K. Swastika, F.B.M. Dabukke, N.K. Agustin, M. Siregar, D. Hidayat, dan M. Maulana. 2007. Analisis Penawaran dan Permintaan Pupuk di Indonesia 2007 – 2012. Laporan Hasil Penelitian. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor.

Harry Firman, H. 2004. Menulis Karya Ilmiah. Artikel diakses dari www.fmipa,edu pada 12 Juli 2015.

Ilhamiyah, I., G.K. Ni’mah.., A. Zuraida, dan N. Widaningsih. 2020. Sosialisasi dan Pemanfaatan Tanaman Refugia Sebagai Alternatif Pengendali Hama Tanaman. Jurnal Al-Iklas Volume 6(1): 10-22

Isroi dan Yuliarti. 2009. Kompos Cara Mudah, Murah dan Cepat Menghasikan Kompos. Lily Publisher, Yogyakarta.

Kurniadinata, O.F. 2007.Pemanfaatan feses urin sapi sebagai pupuk organik dalam perkebunan kelapa sawit.Seminar Optimalisasi Hasil Samping Perkebunan Kelapa Sawit dan Industri Olahannya sebagai Pakan Ternak.Paser, Kalimantan Timur. Juli 2007: 65-72.

Ohorella, Z. 2012. Pengaruh dosis pupuk organik cair (POC) kotoran sapi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi hijau (Brassica sinensisL.). Jurnal Agroforestri. 7(1): 43-49.

Oka, D.N. 2014. Urine sapi meningkatkan produksi tanaman sawi hijau (Brassica junceaL.) dan implementasinya pada pembelajaran hortikultura. Suluh Pendidikan. 12(2): 113-122.

Perdana, S.N., W.S. Dwi,M. Santoso. 2015. Pengaruh aplikasi biourin dan pupuk terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicumL.). J. Prod. Tan. 3(6): 457-463.

Rizal. dan Syamsu. A. 2012. Pupuk Organik Cair. http://cerita-dari-itb.blogspot.com/2012/09/pupuk-organik-cair.

Rostini, T., M. I. Zakir, D. Biyatmoko. 2019. Peningkatan Nilai Ekonomis Limbah Pertanian di Pedesaan Melalui Teknologi Bokashi di Kelompok Tani Martapura, Kabpaten Banjar. Jurnal Al-Iklas Volume 4(2): 104-112

Suhedi, Phrimantoro & Bambang. 1995. Kandungan Zat Hara pada Pupuk Organik Cair. Surabaya : Pengolahan Lahan Sempit. Vol. 32

Soenandar & Meidiantie. 2010. Petunjuk Praktis Membuat Pestisida Organik. AgroMedia Pustaka. Jakarta.

Zein, R.A. 2011. Pupuk Cair Organik (PCO). http://www.kampoengternak.or.id.

Warasfarm. 2013. Potensi Urine Sebagai Pupuk Organik Cair. http: //warasfarm.wordpress.com/ 2013/ 01/ 22/ potensi - urine - sapi - sebagai- pupuk-organik - cair -poc/.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i1.5482

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.