BLENDED LEARNING: MEMBANTU SISWA SMAN 1 ALALAK, KABUPATEN BARITO KUALA MENGEJAR KETERTINGGALAN MATERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SELAMA PANDEMI COVID-19

Hengki Hengki(1*), Ratna Ratna(2), Yudha Aprizani(3)

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan kegiatan pengajaran kepada siswa SMAN 1 Alalak menggunakan strategi blended learning guna mengejar kertinggalan materi pada mata pelajaran bahasa Inggris selama pandemi COVID-19 sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum bisa tercapai, mensosialisasikan strategi pembelajaran berbasis blended learning kepada guru bahasa Inggris dan siswa SMAN 1 Alalak agar mampu menggunakannya dengan baik sehingga kendala dalam proses belajar mengajar dalam jaringan sebagaimana yang terjadi selama pandemi COVID-19 bisa diminimalisir. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa di SMAN 1 Alalak. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode seminar dan praktek. Pada metode seminar, tim pelaksana memberikan materi pada mata pelajaran bahasa Inggris yang dianggap tertinggal selama pandemi COVID-19. Sedangkan pada metode praktek, para peserta diminta untuk berbicara dalam bahasa Inggris pada pertemuan dengan menggunakan platform zoom dan juga dalam video. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah penggunaan strategi blended learning guna mengejar kertinggalan materi pada mata pelajaran bahasa Inggris selama pandemi COVID-19 berjalan dengan baik dan efektif, penggunaan strategi pembelajaran berbasis blended learning kepada guru bahasa Inggris dan siswa di SMAN 1 Alalak tersosialisasikan dengan baik terutama pada peserta kegiatan pengabdian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrian, Ramdan. 2014. Pengaruh

Pembelajaran Blended Learning

terhadap Hasil Belajar Siswa

SMA. Tesis. Pendidikan Geografi,

Pascasarjana Universitas Negeri

Malang

Astuti, Herlina, Yuli. 2014. The Use of

Blended Learning through

Facebook to Improve Students’

Writing Ability. Thesis. Graduate

Program in English Language

Teaching, State University of

Malang

Almberek, H. (2002) “E-learning: to

develop the lecture method in

university education using elearning with a proposed model,”,

A working paper submitted to the

School of the Future Symposium,

King Saud University

Abadi, M (2002.) E-learning and

traditional education: what is the

difference?” Al Maerefah, vol. 36,

no. 91, pp. 18–23,

Setyorini. 2020. Pandemi COVID-19

dan Online Learning: Apakah

Berpengaruh Terhadap Proses

Pembelajaran Pada Kurikulum

?. Journal of Industrial

Engineering & Management

Research (JIEMAR) Volume 01

Nomor 01 Juni 2020, Halaman

-102.

Codone S (2001). Codone, An ELearning Primer, Mercer

University, Macon, GA, USA,

http://faculty.mercer.edu/codone_

s/elearningprimer.PDF. , An ELearning Primer, Mercer

University, Macon, GA, USA,

, http://faculty.mercer.edu/co

done_s/elearningprimer.PDF.

Wasis D. Dwiyogo. 2018.

Pembelajaran Berbasis Blended

Learning. Rajawali Press

Bosman, K. (2002) Simulation-based elearning, Syracuse University,

ASTD Presentation, Syracuse,

NY, USA,

http://home.stny.rr.com/bosman/i

de600presentation.html.

Anthony, Bokolo, Adzhar Kamaludin,

Awanis Romli, Anis Farihan Mat

Raffei, Danakorn Nincarean

A.L.Eh Phon, Aziman Abdullah,

and Gan Leong Ming. 2020.

Blended Learning Adoption and

Implementation in Higher

Education: A Theoretical and

Systematic Review. Technology,

Knowledge and Learning.

Springer Netherlands.

https://doi.org/10.1007/s10758-

-09477-z.

Hengki, and Ratna. 2021. “STRATEGI

PENGAJARAN IMMERSION:

MENINGKATKAN

KETERAMPILAN

BERBAHASA INGGRIS

REMAJA MESJID DESA

SEMANGAT DALAM,

KECAMATAN ALALAK

KABUPATEN BARITO KUALA

Hengki” 6 (April).

Herri Sulaiman, Trusti Hapsari, Tonah,

dan Fuad Nasir. 2020. “Simulasi

Aplikasi Tryout Ujian Nasional

Berbasis Komputer (Unbk)

Online Di Sma Kabupaten

Cirebon.” Jurnal Pengabdian AlIkhlas 6: 138–47.

Nurbudiyani Iin, Rahmaniati Rita,

Umaternate, Adabiya Radiatul,

Hafid Istiqamah. 1967.

“KETAHANAN KELUARGA

DALAM MENGHADAPI

PANDEMI COVID-19 DAN

PASKA COVID-19 DI

KELURAHAN SABARU

KALIMANTAN TENGAH Iin.”

Angewandte Chemie International

Edition, 6(11), 951–952. 6

(April): 429–35.

Sri.A, Hayati, Haryadi Rudi, Aminah,

and Prasetia Muhammad E. 2021.

“PARENTING COACHING

MENGATASI PROBLEMATIC

INTERNET USE” 7: 33–47.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i1.5441

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.