MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MTs SALAFIYAH 2 GRESIK

Zahrotus Saidah(1*), Azizah Giani Rahmah(2)

(1) Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
(2) Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Mts Salafiyah 2 adalah salah satu dari sekian banyak Madrasah Tsanawiyah yang terletak di kabupaten Gresik Jawa timur. Selama pandemi covid-19 Mts Salafiyah 2 Gresik melaksanakan kegiatan belajar melalui sistem daring sesuai dengan anjuran dari dinas pendidikan Jawa Timur. Untuk itu, demi mengoptimalkan kegiatan belajar, maka Mts Salafiyah 2 Gresik memanfaatkan aplikasi pendukung seperti classroom, hangoutmeet dan zoom. Dan untuk jadwal kegiatan daring disesuaikan dengan jadwal semestinya. Namun di satu sisi, kegiatan ekstrakulikuler dianulir seperti kegiatan ekstrakulikuler KTI (Karya Tulis Ilmiah). Hal ini menimbulkan dilematis sebab di masa pandemi saat ini siswa dapat memanfaatkan belajar di rumah untuk lebih kritis dan cermat memahami konflik sosial dikerana pandemi. Berlandasan pada kondisi tersebut, penulis beserta mitra, yakni Mts Salafiyah 2 Gresik mengadakan pelatihan KTI dengan harapan siswa memiliki pengalaman, pengetahuan serta teknik menulis KTI yang baik dan menarik. Berdasarkan studi kasus tersebut maka kegiatan pengabdian ini mengambil tema pelatihan penulisan KTI dengan memanfaatkan kondisi pro kontra masyarakat terhadap penanganan pandemi di Indonesia sebagai tema pelatihan. Dengan demikian diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan penulisan KTI ini, siswa MTs Salafiyah 2 dapat memiliki kemampuan dalam menulis karya ilmiah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisaputera, A., Hadi, W. and Hutagalung, T. (2018) ‘Pembinaan kemampuan menulis puisi di padepokan iqro desa kolam kecamatan percut sei tuan kabupaten deli serdang’, JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(04), pp. 175–180.

Arta, K. S. (2018) ‘Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru – Guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng’, in Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial ke-2, pp. 146–159.

Ashfiyah, A. and Muthohar, A. H. (eds) (2019) Arsip Mts Salafiyah 2 Menganti Gresik. 1st edn. Gresik: Yayasan Salafiyah.

Casmudi and Pratama, R. A. (2019) ‘Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja bagi Siswa/i SMA/Sederajat di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara’, Abdimas Universal, 1(1), pp. 1–5.

Farida, Muthia. Dian Agustini, and Muhammad Rais Wathani. (2017) ‘Pemanfaat Microsoft Word dalam Pembuatan Karya Ilmiah Bagi Guru di Mts Al-Furqon Banjarmasin’ Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas. 2 (2) pp. 20 doi. http://dx.doi.org/10.31602/jpai.v2i2.753

Hasbi, H., Rukhvianti, N. and Gunawan, H. (2020) ‘Pembinaan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode ARCS’, E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), pp. 254–259. doi: 10.26877/e-dimas.v11i3.5653.

Martiningsih, R. (2018) Pelatihan Penulisan KTI Sebagai Wujud Kesadaran Pentingnya Publikasi Ilmiah, pena.belajar.kemdikbud.go.id. Available at: http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/08/pentingnya-publikasi-ilmiah/.

Mujiwati, E. S., Permana, E. P. and Sahari, S. (2017) ‘Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo.’, Jurnal Abdinus, 1(1), pp. 53–68.

Ratna and Hengki. (2020) ‘Pelatihan Metodologi Penelitian dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Terhadap Guru-Guru SD di Handil Bakti, Desa Semangat dalam Kec. Alalak Kab Batola, Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas 6 (2) pp.276. doi http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i2.3933

Setyawan, D. and Gusdian, R. I. (2020) ‘Penguatan Habitus Literasi: Sebuah Cara Pendampingan Tim Literasi Sekolah (TLS)’, E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), pp. 299–306. doi: 10.26877/e-dimas.v11i3.4263.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i1.5403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.