PENDAMPINGAN MATERI IPA TERPADU UNTUK KOMPETISI SAINS MADRASAH DI MTS MAARIF NU 2 SUTOJAYAN

Marinda Sari Sofiyana(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Biologi , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Balitar
(*) Corresponding Author

Sari


MTs Maarif NU 2 Sutojayan Blitar merupakan sekolah yang telah memulai pembimbingan secara intens untuk siswa-siswa unggul di bidang IPA terintegrasi. Pendampingan ini merupakan hasil kerjasama pihak sekolah dengan tim pengabdian. Pengabdian terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pendampingan, dan evaluasi. Persiapan diawali dengan observasi berupa wawancara pada guru. Pendampingan dilakukan intensif setiap hari Senin hingga Jumat selama 2 jam. Setiap pertemuan diisi dengan penguatan materi dan latihan soal. Evaluasi dilakukan bersama guru bidang studi untuk refleksi dan peningkatan kegiatan di pengabdian selanjutnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyanti G, Rahajeng R, Rahabistara A.

Pembinaan olimpiade sains

melalui pemberdayaan klub

matematika dan IPA bagis siswa

SMP di Kota Madiun. Jurnal

Abdimas BSI 2 (2): 350-358.

Erfan M, Ratu T, Yahya F, Walidain SN,

Fitriyanto S. 2019. Pendampingan

persiapan Olimpiade Sains

Nasional (OSN) tingkat kabupaten

bagi siswa SMA Negeri 4

Sumbawa. Jurnal Pendidikan dan

Pengabdian Masyarakat 2 (1):

-119.

Fauzi A, Ewisahrani. 2019.

Pendampingan peningkatan

penyelesaian soal berbasis

masalah pada Siswa SMKN 2

Bima. Abdi Masyarakat 1 (2): 6-9.

Maulana F, Mutmainah S. 2018.

Pembinaan guru MTs Maarif NU 6

Taman Negeri menghadapi

Kompetisi Sains Madrasah

(KSM). Lumbung Inovasi (Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat

IKIP Mataram 3 (1): 41-46.

Prawoto BP, Sulaiman R, Savitri D,

Fardah DK. 2019. Pelatihan

pendamping olimpiade

matematika SMP Kabupaten

Tulungagung. Jurnal ABDI 21-24.

Rachmawati DO. 2014. Pembinaan

Olimpiade Sains Nasional (OSN)

fisika SMA di Kecamatan

Mengwi. Seminar Nasional

FMIPA Undiksha IV.

Rosyadi AAP, Susanti RD, Dintarini M.

IbM pendampingan dan

pembimbingan olimpiade

matematika berbasis strategi

pemecahan masalah Polya pada

siswa SMK Muhammadiyah 2

Malang. Jurnal Pengabdian

Masyarakat Berkemajuan 2 (1):

-26.

Randjawali E. 2020. Pendampingan

persiapan olimpiade fisika tingkat

kabupaten Sumba Timur bagi

Siswa Sekolah Menengah Atas.

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat 2 (1): 22-27.

Siregar TJ. 2017. Pembinaan olimpiade

matematika SMA Swasta Namira

Islamic School Medan. Jurnal

Pengabdian kepada Masyarakat 1

(1): 10-13.

Sungkono S, Riyanti A, Yanasari TL.

Penerapan model

pembelajaran Problem Posing

untuk meningkatkan daya kritis

dan kreativitas siswa SMP. Jurnal

Al Iklhas 6 (2): 382-392.

Wibowo A, Muslihasari A, Oktiningrum

W. 2018. Program pendampingan

Kompetisi Sains Madrasah tahun

pada kelompok kerja kepala

Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan

Bantur Kabupaten Malang. At

Tamkin Jurnal pengabdian

Kepada Masyarakat 1 (1): 1-12.

Wijayanti PS. 2020. Pengembangan

modul matematika dan pelatihan

penyelesaian soal bertipe

olimpiade untuk tingkat SMA.

Community Development Journal

(3): 354-358.

Zulhaenah K, Nurdian Y. 2020.

Pendampingan dan peningkatan

kecakapan guru dalam inovasi

pembelajaran daring di tengah

pandemi Covid-19. Jurnal

Pengabdian Al-Iklhlas 6 (2): 238-




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i1.5350

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.