PARENTING COACHING MENGATASI PROBLEMATIC INTERNET USE DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA WARGA KOMPLEK KEBUN JERUK PERMAI BANJARMASIN
(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(4) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Sari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abtokhi, A. (2012). Peran Ibu Dalam
Kegiatan Pendampingan Belajar
Anak Melalui Prinsip Individual
Learning-Centered. Egalita, IV,
–177.
Adiyani, C. P. (2013). Penggunaan
internet pada anak-anak sekolah
usia 6-12 tahun di Surabaya.
Skripsi, Program Strata I
Universitas Airlangga, Surabaya
Andangsari, E. W., & Rani, A. F.
(2014). Problematic Internet
Use Pada Remaja Pengguna
Facebook di Jakarta Barat.
Jurnal Humaniora Binus, 1, (5),
-315.
Apriliana, E. S. (2017). Pendampingan
Anak dalam Keluarga di TK
Pertiwi Kebasen Kabupaten
Banyumas. Jurnal Elektronik
Mahasiswa Pend. Luar Sekolah
- S1, 287–298.
Christakis, D.A., Moreno, M.M.,
Jelenchick, L., Myaing, M.T., &
Zhou, C. (2011). Problematic
internet usage in US college
students: A pilot study. Bio
medical central medicine, 9, 77-
Dewi, W. A. F. (2020a). Dampak
COVID-19 terhadap
Implementasi Pembelajaran
Daring di Sekolah Dasar.
Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 2(1), 55–61.
Gresle, C. & Lejoyeux, M. (2011).
Phenomenology of internet
addiction. Dalam H.O. Price
(Ed.), Internet addiction:
Psychology of emotions,
motivations, and actions (h. 85-
. New York: Nova Science
Publishers, Inc.
Karnawati, & Mardiharto. (2020).
Sekolah Minggu Masa Pandemi
Covid-19: Kendala, Solusi,
Proyeksi. Jurnal STT Simpson,
-24 doi:
46445/djce.vlil.291.
Lee, A. (2020). Wuhan Novel Corona
Virus (Covid-19): Why Global
Control is Challenging? Public
Health, 179, A1-A2. DOI:
1016/J.PUHE.2020.02.001.
Lemmens, J. S., Patti M. V., & Jochen
P. (2009). Development and
Validation of a Game Addiction
Scale for Adolescents. Media
Psikologi, 12, (1), 77-95.
Mulawarman (2020). Problematika
Penggunaan Internet, Konsep,
Dampak, dan Strategi
Penanganannya. Jakarta:
Kencana.
Nurbudiani, I., Rahmaniati, R.,
Umaternate, A., Adawiyah, R.,
Hafid, I. (2021). Ketahanan
Keluarga Dalam Menghadapi
Pandemi Covid-19 Dan Paska
Covid-19 Di Kelurahan Sabaru
Kalimantan Tengah. Jurnal
Pengabdian Al-Ikhlas, 6 (3).
Mohibu, Aldenis. (2015). Peranan
komunikasi orang tua dalam
meningkatkan minat belajar
anak (Suatu Studi Di Desa Buo
Kec. Loloda Kab. Halmahera
Barat). e-journal “Acta Diurna”
(40).
Pebriana, P. H. (2017). Analisis
penggunaan gadget terhadap
kemampuan interaksi sosial pada
anak usia dini. Jurnal Obsesi, 1,
(1) , 1-11.
Santrock, John W. (2009). Perkembangan Anak edisi 11.
Jakarta: Erlangga
Sulistiyana., & Sugianto, A. (2021).
Bimbingan Teknis Penerapan
Cybercounseling Mengatasi
Kecemasan Remaja Pada
Tatanan New Normal Bagi
Konselor Sebaya Di Pusat
Informasi Konseling (Pik-R)
Banjarmasin. Jurnal Pengabdian
Al-Ikhlas, 6 (3).
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, w. (2020).
Corona Virus Pushes Education
Online. Nature Materials, 687-
Gresle, C. & Lejoyeux, M. (2011).
Phenomenology of internet
addiction. Dalam H.O. Price
(Ed.), Internet addiction:
Psychology of emotions,
motivations, and actions (h. 85-
. New York: Nova Science
Publishers, In
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i1.5349
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992
------------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.