PELATIHAN HARDINESS SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUH (HARDINESS) DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

Muhammad Arsyad(1*), Sulistiyana Sulistiyana(2)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Pada masa pandemic covid-19 siswa menghadapi pembelajaran jarak jauh. Berbagai permaslahan muncul terutama adanya penurunan prestasi, kebosanan hingga adanya ancaman siswa putus sekolah. Bedasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu karakter yang dapat menguatkan siswa untuk tetap bersemangat dalam menuntut ilmu dimasa pandemic covid-19. Tujuan dilaksanakan kegiatan adalah untuk membentuk karakter tangguh pada siswa SMPN 27 Banjarmasin dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh sehingga mampu lebih stabil dan kuat dalam menyesuaikan diri pada proses pembelajaran yang terdampak pandemic covid-19. Karakter tangguh hadir dengan membawa 3C, yaitu aspek dari hardiness yang berupa tantangan, control dan komitmen. Aspek tersebut mampu membuat siswa lebih kuat dan stabil dalam menghadapi tantangan pembelajaran dimasa pandemik. Lebih kuat dan bersemangat dalam mengejar cita-cita sehingga mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan menjadi penerus bangsa. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pelatihan yang menekankan pada keterampilan sehingga mampu membentuk karakter tangguh (hardiness). Ppelatihan ini dilaksanakan dalam tiga sesi selama dua hari dengan total waktu 6 jam. Hasil dari pelatihan ini siswa memiliki pemaham mengenai ketangguhan. Mampu membayangkan cita-cita dan menjadi bersemangat untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh walaupun terdapat sejumlah kendala. Selain itu seluruh siswa merasa tertantang untuk melakukan pembelajarn jarak jauh untuk menghasilkan prestasi sebagai upaya untuk meraih cita-citanya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Benishek, L. A. & Lopez, F. G. (2001).

Development and Initial

Validation of a Measure of

Academic Hardiness. Journal

of Career Assessment 2001 9:

http://jca.sagepub.com/content/

/4/333

Benishek, L. A., Feldman, J. M., Wolf

Shipon, R. W., Mecham, S. D.,

& and Lopez, F. G. (2005).

Development and Evaluation

of the Revised Academic

Hardiness Scale. Journal of

Career Assessment, vol. 13.

Sage Publication.

Bonanno, G. (2004). Loss, trauma, and

human resilience: Have we

underestimated the human

capacity to thrive after

extremely aversive events?

American Psychologist, 51,

–82.

Cain, D. J., Seeman. J. (2002).

Humanistic psychotherapies,

handbook of research and

practice. Washington, DC:

American Psychological

Association.

Cole, M. S., Field, H. S., & Harris, S. G.

(2004). Student Learning

Motivation and Psychological

Hardiness: Interactive Effects on Students’ Reactions to a

Management Class. Academy

of Management Learning and

Education, Vol. 3, No. 1, 64–

Corey, G. (2005). Teori dan praktek

dari konseling dan psikoterapi.

Terjemahan oleh E. Koeswara.

Jakarta: ERESCO.

Cress, V. C., Lampman, C. (2007).

Hardiness, stress, and healthpromoting behaviors among

college students. Psychological

Journal Of Undergraduate

Research. 12, 18–23

Kobasa, S. C. (1979). "Stressful life

events, personality, and health

– Inquiry into hardiness".

Journal of Personality and

Social Psychology 37 (1): 1–

doi:10.1037/0022-

37.1.1

Gunawan Aam, dkk. (2020). Efektifitas

dan Pengalaman Pembelajran

Daring di Fakultas Pertanian

Universitas Islam Kalimantan

Muhammad Arsyad Al Banjari

Banjarmasin. Jurnal

Pengabdian Al-Ikhlas. Volume

Nomor 2, 220-227,

Desember 2020. ISSN:2461-

http://dx.doi.org/10.31602/jpai

uniska.v6i2. https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/AIJP/issue

/view/390

Maddi , S.R. (2004). Hardiness: An

Operationalization of

Existential Courage. Journal of

Humanistic Psychology 2004

: 279 DOI:

1177/0022167804266101.

http://jhp.sagepub.com/content/

/3/279

Maddi , S.R. (2006). Hardiness: the

courage to grow from stresses.

Journal of Positive

Psychology, 1, 160–168.

Maddi, S. R., Harvey, R. H., Khoshaba,

D. M., Fazel, M., &

Resurreccion, N. (2012). The

Relationship of Hardiness and

Some Other Relevant Variables

to College

Performance .Journal of

Humanistic Psychology. DOI:

1177/0022167811422497.

http://jhp.sagepub.com/content/

/2/190

Maddi, S. R., & Khoshaba, D. M.

(2001). Personal views survey

(3rd ed., rev.). Newport Beach,

CA: The Hardiness Institute.

Maddi , S.R. & Khoshaba, D. M.

(2005). Resilience at work :

how to succeed no matter what

life throws at you. USA:

AMACOM.

Maddi, S. R., Khoshaba, D. M., Persico,

M., Lu, J., Harvey, R., &

Bleecker, F. (2002). The

personality construct of

hardiness, II: Relationships

with comprehensive tests of

personality and

psychopathology. Journal of

Research in Personality, 36,

–85.

Sheard, M. (2009). Hardiness

commitment, gender, and age

differentiate university

academic performance. British

Journal of Educational

Psychology, 79, 189-204.

www.bpsjournals.co.uk

Sheard, M & Golby, J. (2007).

Hardiness and undergraduate

academic study: The moderating role of

commitment. Personality and

Individual Differences 43 579

www.sciencedirect.com/science

/article/pii/S019188690700024

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan.

Jakarta: PT. Gramedia

Widiasarana Indonesia.

Sulistiyana & Sugianto, Akhmad.

(2021). Bimbingan Teknis

PenerapanCybercounseling

Mengatasi Kecemasalan

Remaja pada Tatanan New

Normal Bagi Konselor Sebaya

di Pusat Informasi Konseling

(PIK-R) Banjarmasin. Jurnal

Pengabdian Al-Ikhlas. Volume

Nomor 3, 352-364, April

ISSN:2461-0992.

http://dx.doi.org/10.31602/jpai

uniska.v6i3. https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/AIJP/issue

/view/408

Weiner, I. B. (2003). Handbook of

psychology, clinical

psychology. John wiley &

Sons: USA




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i1.5348

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.