LIVING QUR'AN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN DARING PERSPEKTIF NEUROSAINS

Rina Sarifah(1*), Suyadi Suyadi(2)

(1) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
(2) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Pandemi Covid-19 telah memengaruhi banyak kebijakan pemerintah termasuk model pembelajaran dari Mekanisme administrasi hingga sistem komunikasi. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk bekerja di rumah, belajar hingga beribadah di rumah. Seluruh tempat yang mengundang banyak massa ditutup. Begitu juga dengan sekolah, sebagai satuan pendidikan, yang otomatis menjadi tempat berkumpul bagi warga yang secara permanen terkena dampak kebijakan untuk mencegah virus COVID-19 berkumpul. Dengan adanya fenomena tersebut maka penulis mengambil sebuah latar belakang mengenai pola belajar mengaji anak selama pandemi covid-19 ini berlangsung. Dengan seluruh kegiatan yang dilakukan di rumah seharusnya tidak menjadikan seorang anak terpuruk dan meninggalkan al-Quran. Namun dengan bimbingan orang tua di rumah seharusnya seorang anak mampu untuk melanjutkan belajar mengajinya di rumah bersama orang tua dan orang-orang terdekatnya di rumah. Perubahan perilaku ini berpengaruh kepada kehidupan sehari-hari menurut neurosains. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan jarak jauh dilakukan pengisian angket untuk mengetahui sejauh mana perilaku seorang anak berubah mengenai pendidikan al-Quran. Karena sejak pandemi covid-19 berlangsung kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran ditiadakan sehingga terjadi perilaku belajar al-Quran anak di masa pandemi covid-19 dalam prespektif neurosains yang berubah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afria Nursa, R., & Suyadi, S. (2020).

Konsep Akal Bertingkat Al-Farabi

Dalam Teori Neurosains Dan

Relevansinya Dengan Pendidikan

Islam. Tawazun: Jurnal

Pendidikan Islam, 13(1), 1.

https://doi.org/10.32832/tawazun.

v13i1.2757

Awhinarto, S. (2020). Otak Karakter

dalam Pendidikan Islam. 143–

http://library1.nida.ac.th/termpape

r6/sd/2554/19755.pdf

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., &

Putra, A. M. (2020). Analisis

Keefektifan Pembelajaran Online

di Masa Pandemi Covid-19.

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 2(1), 3.

Hidayat, B. (2017). Pembelajaran

Alquran pada Anak Usia Dini

Menurut Psikologi Agama dan

Neurosains. Proceedings of The

nd Annual Conference on

Islamic Early Childhood

Education, 2, 60.

Iin Nurbudiyan, Rita Rahmaniati,

Agustinawati Umaternate,

Rabiatul Adawiyah, I. H. (2021).

Ketahanan Keluarga Dalam

Menghadapi Pandemi Covid-19

dan Paska Covid-19 di Kelurahan

Sabaru Kalimantan Tengah.

Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas,

(April), 5–24.

Kasfianti Zulhaenah, Y. N. (2021).

Pendampingan dan Peningkatan

Kecakapan Guru Dalam Inovasi

Pembelajaran Daring di Tengah

Pandemi Covid-19. Jurnal

Pengabdian Al-Ikhlas, 6, 5–24.

Kurniasari, A. dkk. (2020). Analisis

Efektivitas Pelaksanaan Belajar

Dari Rumah (Bdr) Selama

Pandemi Covid-19. Jurnal Review

Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian

Pendidikan Dan Hasil Penelitian,

(3), 1–8.

Margono, B. S. (2018). Integrasi

Neurosains dalam Kurikulum

Memperkuat Pendidikan Karakter

Siswa Sekolah Dasar. Penguatan

Pendidikan Karakter Pada Siswa

Dalam Menghadapi Tantangan

Global, 0291, 223–230.

Of, D., & Education, C. (2020).

Pengembangan pendidikan

karakter melalui pendekatan

behaviorisme berbasis neurosains

di sd muhammadiyah purbayan.

, 38–53.

Rivalina, R. (2020). PENDEKATAN

NEUROSAINS Neuroscience

Approaches Improving High

Order Thinking Skills of Basic.

(01), 83–109.

Rofdli, M. F. (2020). Tafsir Verses

Neurosains ( The ‘ Aql in the Qur

’ an and its Relevance to the

Development of Critical Thinking

in Islamic Education ). 5(1), 138–

https://doi.org/10.32505/tibyan.

Saifurrahman. (2019). Desain

Pembelajaran Keagamaan Islam

Berbasis Neurosains. Al-Murabbi,

(1), 55–73.

Wathon, A. (2016). Neurosains dalam

pendidikan. JURNAL LENTERA:

Kajian Keagamaan, Keilmuan

Dan Teknologi, 14(1), 284–294.

https://www.neliti.com/publicatio

ns/177272/neurosains-dalampendidikan

Wijaya Hengki. (2018). Pendidikan

Neurosains Dan Implikasinya

Dalam Pendidikan Masa Kini.

Pendidikan Dasar, 2(March), 1–

Wulandari, A., & Suyadi, S. (2019).

Pengembangan Emosi Positif

Dalam Pendikan Islam Perspektif

Neurosains. Tadrib: Jurnal

Pendidikan Agama Islam, 5(1),

–67.

https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i

3016




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v7i1.5345

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.