PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN DAYA KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA SMP

Sungkono Sungkono(1*), Asih Ryanti(2), Tesa Lutfi Yanasari(3)

(1) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
(2) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
(3) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author

Sari


Kegiatan Porgram Kemitraan bagi masyarakat ini bertujuan menyelidiki dampak
sosialisasi dan pendampingan penerapan model pembelajaran Problem Posing bagi guru
SMP di Tarakan. Melibatkan 15 guru MTs Al-Fattah Hidayatulloh Tarakan Kalimantan
Utara dan menggunakan Insrumen angket untuk pengumpulan datanya. Data diolah
secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari kegiatan bahwa para guru di MTs Al-Fattah
Hidayatulloh Karungan Tarakan Kalimantan Utara belum menerapkan model
pembelajaran karena alasan minimnya sarana, kurang persiapan mengajar, dan tidak
memahami sintak dalam model pembelajaran. Salah satu solusi yang tepat ialah
melakukan kegiatan sosialisasi dan pendampingan dalam penerapan model pembelajaran
Problem posing. Setelah diadakannya kegiatan ditemukan dampak bagi guru dan siswa.
Hasil yang didapatkan adalah (1) memberikan pemahaman dalam penerapan model
pembelajan Problem Posing, (2) sintak model pembelajaran Problem Posing dapat
diapahami dan mudah diingat, (3) model pembelajaran Problem Posing dapat
meningkatkan daya kritis dan kerativitas siswa, (4) para guru antusias melakukan
penelitian tentang implementasi model pembelajaran Problem Posing, dan (6) para siswa
antusias mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Posing. Hal ini
terlihat sebanyak 85% guru menggunakan metode ceramah dan metode diskusi 15%
sebelum dilakukan sosialisasi. Setelah dilakukan sosialsiasi meningkat banyaknya guru
yan menggunakan model Problem posing 96% dan menggunakan metode ceramah 4%.
Ada peningkatan 93% guru yang paham sintak model pembelajaran, karena sebelum
dilakukan sosialisasi guru yang tidak paham sintak sebanyak 94% dan 6% memahami
sintak model pembelajaran. Adapun prsentase guru yang paham sintak model
pembelajaran Problem Posing meningkat sebanyak 99% dan 1% yang tidak
memahaminya setalah pelaksanaan kegiatan karena masih dalam proses pemantapan
pembuatan perangkat pembelajaan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cai, Jinfa, and Chunlian Jiang. 2017.

“An Analysis of Problem-Posing

Tasks in Chinese and US

Elementary Mathematics

Textbooks.” International Journal

of Science and Mathematics

Education 15(8):1521–40. doi:

1007/s10763-016-9758-2.

ÇALIK, Fehmi, İsmail ÇELİK, and

Selami SÖNMEZ. 2018. “The

Investigation of Competence of

Teachers and Kindergartens in

Terms of Movement Education

Achievements in Pre-School

Education Program.” Journal of

Education and E-Learning

Research 5(3):179–84. doi:

Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas ISSN : 2461-0992

Volume 6 Nomor 3, April 2021

20448/journal.509.2018.53.179.

Christidamayani, Agatha Puri, and

Yosep Dwi Kristanto. 2020. “The

Effects of Problem Posing Learning

Model on Students’ Learning

Achievement and Motivation.”

Indonesian Journal on Learning

and Advanced Education (IJOLAE)

(2):100–108. doi:

23917/ijolae.v2i2.9981.

Facione, A. P. 1990. Critical Thinking: A

Statement of Expert Consensus for

Purposes of Educational

Assessment and Instruction.

Millbrae, CA: The California

Academic Press.

Ikhwani, Yusri, Haldi Budiman, and

Muhammad Rasyidan. 2015.

“Pelatihan Aplikasi Microsoft

Word 2013 Pada SMP H. A.

Johansyah. A Banjarmasin.” Jurnal

Al-Ikhlas 1(1):11–14.

Kartika Irawati, Ratna. 2014. “Pengaruh

Model Problem Solving Dan

Problem Posing Serta Kemampuan

Awal Terhadap Hasil Belajar

Siswa.” Jurnal Pendidikan Sains

(4):184–92. doi:

17977/jps.v2i4.4534.

Latif, Nurul Ezhawati Abdul, Faizal

Mohamed Yusuf, Nurazrin Mat

Tarmezi, Siti Zalika Rosly, and

Zairul Nurshazana Zainuddin.

“The Application of Critical

Thinking in Accounting Education:

A Literature Review.”

International Journal of Higher

Education 8(3):57–62. doi:

5430/ijhe.v8n3p57.

Rendi, Jainal Arifin, Firda Herlina,

Sobar Ihsan, Budi Hartadi, and dan

Gusti Rusdy Furqon Syahrillah.

“Meningkatkan

Keterampilan Guru SMK

Menggunakan Aplikasi CADSMK

Islam Sabilal Muhtadin.” Journal of

Chemical Information and

Modeling 6(1):31–36.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i3.4509

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.