PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN DAYA KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA SMP
(1) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
(2) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
(3) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan
(*) Corresponding Author
Sari
Kegiatan Porgram Kemitraan bagi masyarakat ini bertujuan menyelidiki dampak
sosialisasi dan pendampingan penerapan model pembelajaran Problem Posing bagi guru
SMP di Tarakan. Melibatkan 15 guru MTs Al-Fattah Hidayatulloh Tarakan Kalimantan
Utara dan menggunakan Insrumen angket untuk pengumpulan datanya. Data diolah
secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari kegiatan bahwa para guru di MTs Al-Fattah
Hidayatulloh Karungan Tarakan Kalimantan Utara belum menerapkan model
pembelajaran karena alasan minimnya sarana, kurang persiapan mengajar, dan tidak
memahami sintak dalam model pembelajaran. Salah satu solusi yang tepat ialah
melakukan kegiatan sosialisasi dan pendampingan dalam penerapan model pembelajaran
Problem posing. Setelah diadakannya kegiatan ditemukan dampak bagi guru dan siswa.
Hasil yang didapatkan adalah (1) memberikan pemahaman dalam penerapan model
pembelajan Problem Posing, (2) sintak model pembelajaran Problem Posing dapat
diapahami dan mudah diingat, (3) model pembelajaran Problem Posing dapat
meningkatkan daya kritis dan kerativitas siswa, (4) para guru antusias melakukan
penelitian tentang implementasi model pembelajaran Problem Posing, dan (6) para siswa
antusias mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Posing. Hal ini
terlihat sebanyak 85% guru menggunakan metode ceramah dan metode diskusi 15%
sebelum dilakukan sosialisasi. Setelah dilakukan sosialsiasi meningkat banyaknya guru
yan menggunakan model Problem posing 96% dan menggunakan metode ceramah 4%.
Ada peningkatan 93% guru yang paham sintak model pembelajaran, karena sebelum
dilakukan sosialisasi guru yang tidak paham sintak sebanyak 94% dan 6% memahami
sintak model pembelajaran. Adapun prsentase guru yang paham sintak model
pembelajaran Problem Posing meningkat sebanyak 99% dan 1% yang tidak
memahaminya setalah pelaksanaan kegiatan karena masih dalam proses pemantapan
pembuatan perangkat pembelajaan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Cai, Jinfa, and Chunlian Jiang. 2017.
“An Analysis of Problem-Posing
Tasks in Chinese and US
Elementary Mathematics
Textbooks.” International Journal
of Science and Mathematics
Education 15(8):1521–40. doi:
1007/s10763-016-9758-2.
ÇALIK, Fehmi, İsmail ÇELİK, and
Selami SÖNMEZ. 2018. “The
Investigation of Competence of
Teachers and Kindergartens in
Terms of Movement Education
Achievements in Pre-School
Education Program.” Journal of
Education and E-Learning
Research 5(3):179–84. doi:
Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas ISSN : 2461-0992
Volume 6 Nomor 3, April 2021
20448/journal.509.2018.53.179.
Christidamayani, Agatha Puri, and
Yosep Dwi Kristanto. 2020. “The
Effects of Problem Posing Learning
Model on Students’ Learning
Achievement and Motivation.”
Indonesian Journal on Learning
and Advanced Education (IJOLAE)
(2):100–108. doi:
23917/ijolae.v2i2.9981.
Facione, A. P. 1990. Critical Thinking: A
Statement of Expert Consensus for
Purposes of Educational
Assessment and Instruction.
Millbrae, CA: The California
Academic Press.
Ikhwani, Yusri, Haldi Budiman, and
Muhammad Rasyidan. 2015.
“Pelatihan Aplikasi Microsoft
Word 2013 Pada SMP H. A.
Johansyah. A Banjarmasin.” Jurnal
Al-Ikhlas 1(1):11–14.
Kartika Irawati, Ratna. 2014. “Pengaruh
Model Problem Solving Dan
Problem Posing Serta Kemampuan
Awal Terhadap Hasil Belajar
Siswa.” Jurnal Pendidikan Sains
(4):184–92. doi:
17977/jps.v2i4.4534.
Latif, Nurul Ezhawati Abdul, Faizal
Mohamed Yusuf, Nurazrin Mat
Tarmezi, Siti Zalika Rosly, and
Zairul Nurshazana Zainuddin.
“The Application of Critical
Thinking in Accounting Education:
A Literature Review.”
International Journal of Higher
Education 8(3):57–62. doi:
5430/ijhe.v8n3p57.
Rendi, Jainal Arifin, Firda Herlina,
Sobar Ihsan, Budi Hartadi, and dan
Gusti Rusdy Furqon Syahrillah.
“Meningkatkan
Keterampilan Guru SMK
Menggunakan Aplikasi CADSMK
Islam Sabilal Muhtadin.” Journal of
Chemical Information and
Modeling 6(1):31–36.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i3.4509
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992
------------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.