SOSIALISASI “SWIMCARD” UNTUK MENINGKATKAN DAYA TANGKAP SERTA KEMAMPUAN GERAK SISWA SLB

Bhayu Billiandri(1*), Ipang Setiawan(2), Martin Sudarmono(3), Auli Nur Prasasti(4)

(1) Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(4) Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Sari


Media swimcard merupakan perantara dalam proses pembelajaran yang digunakan untuk
meningkatkan kemampuan kognitif serta psikomotorik siswa SLB. Metode pelaksanaan
pengabdian ini dilakukan dengan berproses pada empat macam, yaitu membuat planning,
melakukan tindakan, mengobservasi dan menilai serta merefleksi. Hasil pengabdian di
slb surya bunda adalah berhasil, terbukti dilihat dari kemampuan sebelum dan
kemampuan sesudah di tes setelah mendapatkan sosialisasi swimcard renang gaya bebas.
Peningkatan kemampuan kognitif dirangsang oleh media bergambar yang menstimulus
siswa untuk lebih mengetahu gerakan renang gaya bebas yang baik dan benar. Program
pengabdian kepada masyarakat di slb hendaknya kita tingkatkan, terbukti dengan
dilaksanakannya program sosialisasi swimcard di slb surya bunda mempunyai efek yang
positif, sebagai berikut, Siswa menjadi lebih antusias dalam belajar pendidikan jasmani
terutama materi aktifitas air(renang gaya bebas), Siswa lebih menguasai pemahaman
gaya bebas dari segi teknik gerakannya, Terobosan inovasi swimcard menjadikan nilai
lebih dalam siswa belajar, Sebelum terjun kea rah praktek gerakan siswa akan lebih
mengetahui arah dan tujuan gerak yang ingin atau akan dicapai, Sebagai usaha
peningkatan literasi pendidikan jasmani di sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin B. Pengembangan Gerak Dasar

Renang Untuk Anak Sekolah

Dasar. J Pemikir Dan Pengemb

Sekol Dasar. 2013;

Fathur Rahman, Hj. Silvia Ratna, Wagino

Dan NA. Pelatihan Pembuatan

Presentasi Interaktif Menggunakan

Prezi Pada Guru Di Sd It Anak

Sholeh Mandiri Banjarmasin. J

Pengabdi Al-Ikhlas ISSN 2461-

Vol 6 Nomor 2, Desember

2020;6(9):175-

Pemanfaatan Media

Pembelajaran Seharusnya M.

Rosnawati. Standar Nasional Pendidikan.

Peratur Pemerintah Republik

Indones. 2005;

Kurnia N, Astuti SI. Peta Gerakan Literasi

Digital Di Indonesia: Studi Tentang

Pelaku, Ragam Kegiatan,

Kelompok Sasaran Dan Mitra Yang

Dilakukan Oleh Japelidi. Informasi.

;

Eager D. Swimming Faster. Australas

Park Leis. 2014;

Leila Ariyani Sofia, Achmad Syamsu

Hidayat Dan MAZ. Optimalisasi

Media Sosial Sebagai Sarana

Promosi Wisata Pantai Asmara. J

Pengabdi Al-Ikhlas ISSN 2461-

Vol 5 Nomor 2, April 2020.

;5(2):133–43.

Bramantha H. Pengembangan Bahan Ajar

Penjaskes Pokok Bahasan Teknik

Dasar Renang Gaya Bebas Dengan

Pendekatan Kontekstual Pada

Siswa Kelas X Di Smk Daerah

Situbondo. JPDI (Jurnal Pendidik

Dasar Indones. 2017;

WIDIASTUTI W, HAMAMAH F.

Model Pembelajaran Renang (Fh)

Bagi Siswa Prasekolah. JPUD - J

Pendidik Usia Dini. 2017;




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i3.4501

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.