PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN QR CODE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI SIT AL HARAKI DEPOK

Aulia Rahmawati(1*), Krisanjaya Krisanjaya(2), Gres Grasia Azmin(3)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan sistem pembelajaran di SDIT Al-Haraki.   Dengan adanya pengembangan dan perbaikan sistem di sekolah tersebut akan memberikan manfaat: 1) dapat meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran elektronik; 2) dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran; dan 3) dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa dalam menggunakan media elektronik. Untuk mengukur tingkat keberhasilan pelatihan, digunakan Model Evaluasi Empat Level Kirkpatrick yang diinisiasi oleh Donald Kirkpatrick (1996) yakni Reaction, Learning, Behavior dan Result. Namun karena pelaksanaan pelatihan dilaksanakan semasa pandemic Covid 19, maka evaluasi hanya dilakukan terhadap level 1 – 3 saja. Hasil evaluasi yang diperoleh dari hasil respon kuesioner dan penugasan peserta pelatihan, untuk level 1 (reaction), nilai rata-rata keseluruhan aspek sebesar 4.09 (baik), hasil evaluasi level 2 (learning)  berdasarkan penilaian hasil penugasan dan tanya jawab  saat pelatihan berlangsung diperoleh hasil bahwa materi dapat diterima dengan baik, dan hasil evaluasi level 3 (behavior) adalah baik dengan rincian bahwa mayoritas peserta merasa bahwa pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan telah membantu mereka dalam menjalankan tugas secara efektif dengan nilai rata-rata 4.13, meperbaiki efisiensi dan kualitas kinierja dengan nilai rata-rata 4.32, dan merasa berkontribusi terhadap peningkatan output dengan nilai rata-rata 4.25.

Kata Kunci: pelatihan guru; media pembelajaran; media elektronik; CQ Code.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S 1993, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Rineka Cipta, Jakarta

Azwar, I 2019, Evaluasi Pelatihan ASN Model Kirkpatrick (Studi Kasus Pelatihan Effective Negotiation Skill Balai Pelatihan Keuangan Makassar), Jurnal Pendidikan

Anwariningsih, H.S 2014, Kesiapan Penggunaan ICT pada Sekolah Dasar di Daerah Rural dalam Perubahan Paradigma Pembelajaran, in Seminar Nasional dan Call for Papers UNIBA, Banjarmasin.

Rukmi, H.S, Novirani, D, & Sahrul, A, Evaluasi Training Dengan Menggunakan Model Kirkpatrick: Studi Kasus Training Foreman Development Program Di PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon. Jurusan Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional, Bandung.

Kirkpatrick, L. Donald 1998, Evaluating Training Programs, 2nd Edition, BerretKoehler Publisher, Inc., San Fransisco.

Mayer 2009, Mutimedia Learning, Prinsip-Prinsip dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Nova, M.TV, Alfah, R, & Ibrahim 2018, Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis E-Learning di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Khair Banjarmasin, Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, vol. 3, no. 2, hh. 151-155.

Pisani, E 2013, Indonesian kids do not know how stupid they are, Diakses dari

http://portraitindonesia.com/indonesian-kids-dont-know-how-stupidthey-are/ pada 15 Maret 2020

Rahman, A, Setiadi, B, Agustini, D, & Farida, M 2020, Pemanfaatan Teknologi Informasi Menggunakan Aplikasi Edmodo untuk Guru dan Siswa sebagai Media Pembelajaran pada SMK Muhammadiyah 4 Al-Amin Banjarmasin, Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, vol. 6, no. 2, hh. 170-174.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v8i1.4471

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.