PELATIHAN KETERAMPILAN MINDFUL PARENTING TERHADAP POLA PENGASUHAN ANAK USIA DINI DI TK ISLAM RAUDHATUL JANNAH

Aminah Aminah(1*), Ainun Heiriyah(2), Sabit Tohari(3), Mahfuz Mahfuz(4)

(1) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Tumbuh kembang pada anak usia dini sangat penting untuk diketahui oleh orang tua.
Mindful parenting merupakan salah satu cara pola pengasuhan terhadap anak usia dini
dimana orang tua mampu menghargai tindakan dan pendapat anak, mampu menjalankan
hubungan yang harmonis kepada anak dan mampu melaksanakan peran sebagai orang
tua. Penyebab munculnya masalah bagi orang tua di seputar pengasuhan anak
diantaranya adalah atribusi negatif orangtua terhadap perilaku anak, kontrol kemarahan
yang rendah pada orangtua, dan kurangnya pengetahuan orang tua tentang pengasuhan
anak sehingga mereka mengalami kesulitan dan berdampak pada hubungan orang tua
dengan anak. Pada dasarnya kepribadian anak terbentuk dari bagaimana pola asuh yang
dilakukan oleh orangtuanya. Namun sayangnya banyak orangtua yang tidak menyadari
hal tersebut. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra disebabkan karena kurangnya
pemahaman orang tua tentang keterampilan yang diperlukan dalam pola asuh anak usia
dini dan kurangnya keterampilan orang tua dalam pengasuhan anak dengan mindful
parenting. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan mampu
memberikan wawasan dan pengetahuan para orang tua (ibu) tentang keterampilan
mindful parenting yang diperlukan dalam pola asuh anak usia dini sehingga orang tua
dapat membangun komunikasi yang efektif untuk menciptakan pengasuhan positif.
Metode yang digunakan adalah dengan memberikan materi, pelatihan, dan evaluasi.
Hasil dari kegiatan ini secara umum gambaran keterampilan Mindful Parenting orangtua
siswa sebelum dilaksanakan pelatihan berada pada kategori rendah dengan peroleh
rata-rata 13.13, setelah dilakukan pelatihan Mindful Parenting secara umum gambaran
keterampilan orangtua siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 23.26 yang
termasuk dalam kategori sedang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


El Fiah, Rifda. 2017. Bimbingan dan

Konseling Anak Usia Dini.

Jakarta: Kharisma Putra Utama

Offset

Jarkawi & Zanal, F (2016) Penyuluhan

Tentang Cara Meningkatkan

Kepercayaan Diri Siswa Dengan

Fun Game Pada Musyawarah

Guru Bimbingan Dan Konseling

Mts Kota Banjarmasin. Jurnal

Pengabdian Al-Ikhlas. Vol.2

No.1, Hal : 28-33

Kiong, melly. (2015). Mindfull

Parenting. Jakarta:

Kemendikbud.

Rachmayanie, R & Sulistiyana. (2020).

Pelatihan Teknik Asertif Untuk

Mengurangi Kecemasan

Komunikasi Interpersonal Pada

Siswa Kelas X Sma Negeri 12

Banjarmasin. Jurnal Pengabdian

Al-Ikhlas. Vol.5 No.2, Hal: 126-

Mubarok, P. 2016. Program

Pengasuhan Positif Untuk

Meningkatkan Keterampilan

Mindful Parenting Orangtua

Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi.

Vol.3, No 1, Hal: 35-50

Suyadi & Maulidya Ulfa. 2013.

Konsep Dasar PAUD. Bandung:

PT. Remaja Rosda Karya Offset

Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan

dalam perspektif islam, Cet. VI.

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i2.3934

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.