PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO UNTUK GURU DAN SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMK MUHAMMADIYAH 4 AL-AMIN BANJARMASIN
(1) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author
Sari
SMK Muhammadiyah 4 Al-Amin Banjarmasin adalah salah satu sekolah swasta yang
berada di kota Banjarmasin yang mempunyai 2 program keahlian yaitu teknik komputer
jaringan dan teknik kendaraan ringan. Seiring kemajuan zaman yang selalu
berkembang, keterampilan pembelajaran dan pendidikan telah mengalami banyak
perubahan. Di tempat ini dalam belajar mengajar untuk siswa masih mengalami
kekurangan dalam bidang penerapan teknologi informasi, maka dari itu mengadakan
pengabdian kepada masyarakat sangat tepat untuk memberikan pelatihan tentang belajar
mengajar secara online menggunakan aplikasi Edmodo kepada tenaga pengajar atau
guru, apalagi sekarang ini terjadi situasi pandemik covid 19 yang mengharuskan semua
orang khususnya guru dan siswa aga belajar mengajar dirumah. Aplikasi ini juga bisa
untuk berbagi ilmu, pengumpulan tugas dan lain-lain. Saat ini, metode belajar mengajar
baik ujian, pengumpulan tugas dan lain-lain hanya menggunakan cara konvensional,
masih belum menggunakan media internet atau secara online. Tujuan nya untuk
mengikuti perkembangan zaman dan membuat cara belajar mengajar lebih interaktif dan
lebih menarik baik untuk tenaga pengajar atau guru dan siswa bahkan bisa untuk orang
tua dari siswa. Manfaat nya adalah untuk memberikan kemudahan dalam belajar
mengajar. Hasil yang ingin dicapai agar ikut serta dalam peningkatan dan pemanfaatan
teknologi informasi dalam belajar mengajar agar lebih efektif dan efisien.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arjaka, Sugiyono. 2010. Media
Elektronik berbasis Komputer
sebagai Media dalam Proses
Pembelajaran. Malang
Agus Alim Muin, Sari Kumala , Erfan
Karyadiputra (2019), Pkms
Peningkatan Kompetensi Guru
Dan Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berbasis It Guna
Menunjang Pelaksanaan
Kurikulum 2013 Pada Smp
Negeri 1 Anjir Pasar Desa Anjir
Pasar Kota Ii Kec. Anjir Pasar
Kab. Batola. Jurnal Pengabdian
Al-Ikhlas. Vol.5 No.1, Hal : 78-
Erwanto. (2015). Tutorial Membuat
Akun Edmodo Untuk Siswa.
https://www.kompasiana.com/er
wanbio/tutorial-membuat-akunedmodo
untuk
siswa_553118b45a2. (Diakses
tanggal 13 Desember 2019).
Fahrudin, Eva & Muhamad Rohmania.
(2016). Penerapan Metode ELearning
Menggunakan Edmodo
Di Smk Gema Bangsa Untuk
Meningkatkan Mutu
Pembelajaran Di Bidang Iptek.
Prosiding Temu Ilmiah Nasional
Guru (Ting) Viii, 379-388.
Herri Sulaiman, Trusti Hapsari, Tonah,
Dan Fuad Nasir (2020) Simulasi
Aplikasi Tryout Ujian Nasional
Berbasis Komputer (Unbk)
Online Di Sma Kabupaten
Cirebon. Jurnal Pengabdian Al-
Ikhlas. Vol.6 No.1, Hal : 138-147
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Dan
Pembelajaran. Jakarta : Bum
Aksara.
Jubllie, 2013. Inspiring Presentation.
Jakarta. Kelompok Gramedia,
Anggota IKAPI.
Pratama R, M. D., & Subroto,
W.T.(2017). Pengaruh
Penggunaan Edmodo Sebagai
Media Pembelajaran E-Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Materi Pasar Modal Mata
Pelajaran Ekonomi Kelas X SM.
Volume 2 Nomer 2 Edisi
Yudisium, 1-9.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta :
Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i2.3904
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992
------------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.