PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO UNTUK GURU DAN SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SMK MUHAMMADIYAH 4 AL-AMIN BANJARMASIN

Auliya Rahman(1*), Budi Setiadi(2), Dian Agustini(3), Muthia Farida(4)

(1) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


SMK Muhammadiyah 4 Al-Amin Banjarmasin adalah salah satu sekolah swasta yang
berada di kota Banjarmasin yang mempunyai 2 program keahlian yaitu teknik komputer
jaringan dan teknik kendaraan ringan. Seiring kemajuan zaman yang selalu
berkembang, keterampilan pembelajaran dan pendidikan telah mengalami banyak
perubahan. Di tempat ini dalam belajar mengajar untuk siswa masih mengalami
kekurangan dalam bidang penerapan teknologi informasi, maka dari itu mengadakan
pengabdian kepada masyarakat sangat tepat untuk memberikan pelatihan tentang belajar
mengajar secara online menggunakan aplikasi Edmodo kepada tenaga pengajar atau
guru, apalagi sekarang ini terjadi situasi pandemik covid 19 yang mengharuskan semua
orang khususnya guru dan siswa aga belajar mengajar dirumah. Aplikasi ini juga bisa
untuk berbagi ilmu, pengumpulan tugas dan lain-lain. Saat ini, metode belajar mengajar
baik ujian, pengumpulan tugas dan lain-lain hanya menggunakan cara konvensional,
masih belum menggunakan media internet atau secara online. Tujuan nya untuk
mengikuti perkembangan zaman dan membuat cara belajar mengajar lebih interaktif dan
lebih menarik baik untuk tenaga pengajar atau guru dan siswa bahkan bisa untuk orang
tua dari siswa. Manfaat nya adalah untuk memberikan kemudahan dalam belajar
mengajar. Hasil yang ingin dicapai agar ikut serta dalam peningkatan dan pemanfaatan
teknologi informasi dalam belajar mengajar agar lebih efektif dan efisien.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arjaka, Sugiyono. 2010. Media

Elektronik berbasis Komputer

sebagai Media dalam Proses

Pembelajaran. Malang

Agus Alim Muin, Sari Kumala , Erfan

Karyadiputra (2019), Pkms

Peningkatan Kompetensi Guru

Dan Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berbasis It Guna

Menunjang Pelaksanaan

Kurikulum 2013 Pada Smp

Negeri 1 Anjir Pasar Desa Anjir

Pasar Kota Ii Kec. Anjir Pasar

Kab. Batola. Jurnal Pengabdian

Al-Ikhlas. Vol.5 No.1, Hal : 78-

Erwanto. (2015). Tutorial Membuat

Akun Edmodo Untuk Siswa.

https://www.kompasiana.com/er

wanbio/tutorial-membuat-akunedmodo

untuk

siswa_553118b45a2. (Diakses

tanggal 13 Desember 2019).

Fahrudin, Eva & Muhamad Rohmania.

(2016). Penerapan Metode ELearning

Menggunakan Edmodo

Di Smk Gema Bangsa Untuk

Meningkatkan Mutu

Pembelajaran Di Bidang Iptek.

Prosiding Temu Ilmiah Nasional

Guru (Ting) Viii, 379-388.

Herri Sulaiman, Trusti Hapsari, Tonah,

Dan Fuad Nasir (2020) Simulasi

Aplikasi Tryout Ujian Nasional

Berbasis Komputer (Unbk)

Online Di Sma Kabupaten

Cirebon. Jurnal Pengabdian Al-

Ikhlas. Vol.6 No.1, Hal : 138-147

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum Dan

Pembelajaran. Jakarta : Bum

Aksara.

Jubllie, 2013. Inspiring Presentation.

Jakarta. Kelompok Gramedia,

Anggota IKAPI.

Pratama R, M. D., & Subroto,

W.T.(2017). Pengaruh

Penggunaan Edmodo Sebagai

Media Pembelajaran E-Learning

Terhadap Hasil Belajar Siswa

Pada Materi Pasar Modal Mata

Pelajaran Ekonomi Kelas X SM.

Volume 2 Nomer 2 Edisi

Yudisium, 1-9.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta :

Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i2.3904

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.