PENDAMPINGAN DAN PENINGKATAN KECAKAPAN GURU DALAM INOVASI PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Kasfianti Zulhaenah(1*), Yudha Nurdian(2)

(1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember
(*) Corresponding Author

Sari


Guntung merupakan salah satu daerah yang berada di kecamatan Bontang Utara kota
Bontang Kalimantan Timur Indonesia. Kota Bontang merupakan Kota Industri dengan
dikelilingi oleh beberapa Pabrik yaitu Pabrik PT. Pupuk Kalimantan Timur dan PT
Badak NGL. Guntung berlokasi sangat dekat dengan pabrik PT. Pupuk Kalimantan
Timur. Pada masa pandemi Covid-19 ini banyak menimbulkan beberapa kendala atau
permasalahan. Dari segi Kesehatan, Perekonomian, bahkan Pendidikan. Jika difokuskan
pada Pendidikan yang terjadi di Indonesia saat pandemi Covid-19 ini Pemerintah
mengeluarkan kebijakan untuk belajar di rumah atau proses belajar mengajar secara
daring. Dalam proses pembelajaran secara daring banyak menimbulkan beberapa
kendala. Penyesuaian dan pembentukan karakter murid atau siswa yang terhambat
dikarenakan kurangnya interaksi guru dan murid, kemudian sulitnya Guru dalam proses
belajar mengajar dikarenakan adanya teknologi yang masih belum canggih dan
beberapa guru siswa atau murid yang masih belum paham beberapa aplikasi
pembelajaran secara virtual. Adanya beberapa kendala dalam proses pembelajaran yang
terjadi selama pandemi Covid-19 ini tentunya dibutuhkan suatu Inovasi yang dapat
mendukung metode pembelajaran anak sekolah saat kondisi seperti ini. Inovasi
pembelajaran yang akan dilakukan atau diterapkan kepada Guru untuk kemudian
dipraktikan kepada Murid dengan penggunaan aplikasi Google Meet, Zoom, Canva
Design, Inshot dan Youtube. Diharapkan dengan adanya program kerja yang
dilaksanakan melalui KKN “Back To Village” ini dapat memberikan Inovasi dan
Evaluasi selama pendampingan dan praktik Inovasi Pendukung Pembelajaran Anak
Sekolah Saat Covid-19.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


https://www.jogloabang.com/kesehatan/

pp-21-2020-pembatasan-sosialberskala-

besar-dalam-rangkapercepatan-

penanganan-covid-19

http://www.bontangkota.go.id/2020/03/

/ cegah-penyebaran-covid-19-

pemkot-bontang-liburkanaktivitas-

pembelajaran-disekolah/

Muin, A. A., S. Kumala, E.

Karyadiputra. 2019. PKMS

Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas ISSN : 2461-0992

Volume 6 Nomor 2, Desember 2020

Peningkatan Kompetensi Guru

dan Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berbasis IT Guna

Menunjang Pelaksanaan

Kurikulum 2013 pada SMP

Negeri 1 Anjir Pasar Desa Anjir

Pasar Kota II Kec. Anjir Pasar

Kab. Batola. Jurnal Pengabdian

Al-Ikhlas, 5(1): 78-86.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik

Indonesia Nomor 9 Tahun 2020

Tentang Pedoman Pembatasan

Sosial Berskala Besar dalam

Rangka Percepatan Penanganan

Corona Virus Disease 2019

(Covid- 19).

Rendi, J. Arifin, F. Herlina, S. Ihsan, B.

Hartadi, dan G. R. F. Syahrillah.

Meningkatkan

Keterampilan Guru SMK

Menggunakan Aplikasi CAD di

SMK Islam Sabilal Muhtadin.

Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas,

(1): 31-36.

Hermanto, R., B. Ali, Anwar. 2020.

Pedoman Pelaksanaan KKN Back

To Village dalam Pencegahan dan

Antisipasi COVID19. Jember:

LP2M Universitas Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i2.3900

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.