EFEKTIVITAS DAN PENGALAMAN PEMBELAJARAN DARING DI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI BANJARMASIN
(1) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(5) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author
Sari
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas
pembelajaran daring di Fakultas Pertanian Universitas Islam Kalimantan Muhammad
Arsyad Al Banjari Banjarmasin untuk dosen dan mahasiswa di masa Covid 19. Metode
yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah presentasi dan tanya jawab menggunakan
media Instagram, facebook, dan youtube yang dipandu oleh seorang moderator.
Kegiatan pengabdian ini melibatkan seluruh dosen dan mahasiswa fakultas Pertanian
ditambah dengan masyarakat umum yang tertarik dengan tema diskusi. Hasil kegiatan
yang dilaksanakan selama satu jam pada media online ini menunjukkan bahwa follower
yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan masyarakat umum memberikan respon positif
dan sangat termotivasi untuk segera meningkatkan efektivitas pembelajarannya secara
maksimal.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Alim Muin, Sari Kumala, dan
Erfan Karyadiputra. 2019. PKMS
Peningkatan Kompetensi Guru
dan Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berbasis IT Guna
Menunjang Pelaksanaan
Kurikulum 2013 Pada SMP
Negeri 1 Anjir Pasar Desa Anjir
Pasar Kota II Kec. Anjir Pasar
Kab. Batola. Jurnal Pengabdian
Al-Ikhlas. Volume 5(1):78-86.
Direktorat Pembelajaran dan
Kemahasiswaan, Direktorat
Jenderal Pendidikan Tinggi
Kemdikbud RI. 2020. Panduan
Penyelenggaraan Pembelajaran
Semester Gasal 2020/2021 di
Perguruan Tinggi.
Herri Sulaiman, Trusti Hapsari, Tonah,
dan Fuad Nasir. 2020. Simulasi
Aplikasi Tryout Ujian Nasional
Berbasis Komputer (Unbk)
Online Di Sma Kabupaten
Cirebon. Jurnal Pengabdian Al-
Ikhlas. Volume 6(1):138-147
Indrawati dan W. Setiawan. 2009.
Pembelajaran aktif, kreatif, efektif
dan menyenangkan untuk Guru
SD. Pusat Pengembangan dan
Pemberdayaan Pendidik dan
Tenaga Kependidikan Ilmu
Pengetahuan Alam (PPPPTKIPA)
untuk Program Bermutu.
Kemendikbud. 2020. SE Mendikbud:
Pembelajaran Secara Daring dan
Bekerja dari Rumah untuk
Mencegah Penyebaran Covid-19.
https://www.kemdikbud.go.id/mai
n/blog/2020/03/se-mendikbudpembelajaran-
secara-daring-danbekerja-
dari-rumah-untukmencegah-
penyebaran-covid19.
/06/2020.
Keputusan Bersama 4 Menteri Nomor
/KB/2020 tanggal 15 Juni 2020
tentang Panduan Penyelenggaraan
Pembelajaran pada Tahun Ajaran
/2021 dan Tahun Akademik
/2021 di Masa Pandemi
Corona Virus Disease (Covid-19).
Oktavian, R. dan RF.Aldya. 2020.
Efektivitas Pembelajaran Daring
Terintegrasi Di Era Pendidikan
0. Jurnal Pendidikan dan Ilmu
Pengetahuan. Volume 20(2):129-
Rohmawati, A. 2015. Efektivitas
Pembelajaran. Jurnal Pendidikan
Usia Dini. Volume 9(1):15-32.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i2.3898
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992
------------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.