EFEKTIVITAS DAN PENGALAMAN PEMBELAJARAN DARING DI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI BANJARMASIN

Aam Gunawan(1*), Abd. Malik(2), M. Irwan Zakir(3), Ilhamiyah Ilhamiyah(4), Ana Zuraida(5)

(1) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(5) Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas
pembelajaran daring di Fakultas Pertanian Universitas Islam Kalimantan Muhammad
Arsyad Al Banjari Banjarmasin untuk dosen dan mahasiswa di masa Covid 19. Metode
yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah presentasi dan tanya jawab menggunakan
media Instagram, facebook, dan youtube yang dipandu oleh seorang moderator.
Kegiatan pengabdian ini melibatkan seluruh dosen dan mahasiswa fakultas Pertanian
ditambah dengan masyarakat umum yang tertarik dengan tema diskusi. Hasil kegiatan
yang dilaksanakan selama satu jam pada media online ini menunjukkan bahwa follower
yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan masyarakat umum memberikan respon positif
dan sangat termotivasi untuk segera meningkatkan efektivitas pembelajarannya secara
maksimal.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Alim Muin, Sari Kumala, dan

Erfan Karyadiputra. 2019. PKMS

Peningkatan Kompetensi Guru

dan Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berbasis IT Guna

Menunjang Pelaksanaan

Kurikulum 2013 Pada SMP

Negeri 1 Anjir Pasar Desa Anjir

Pasar Kota II Kec. Anjir Pasar

Kab. Batola. Jurnal Pengabdian

Al-Ikhlas. Volume 5(1):78-86.

Direktorat Pembelajaran dan

Kemahasiswaan, Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi

Kemdikbud RI. 2020. Panduan

Penyelenggaraan Pembelajaran

Semester Gasal 2020/2021 di

Perguruan Tinggi.

Herri Sulaiman, Trusti Hapsari, Tonah,

dan Fuad Nasir. 2020. Simulasi

Aplikasi Tryout Ujian Nasional

Berbasis Komputer (Unbk)

Online Di Sma Kabupaten

Cirebon. Jurnal Pengabdian Al-

Ikhlas. Volume 6(1):138-147

Indrawati dan W. Setiawan. 2009.

Pembelajaran aktif, kreatif, efektif

dan menyenangkan untuk Guru

SD. Pusat Pengembangan dan

Pemberdayaan Pendidik dan

Tenaga Kependidikan Ilmu

Pengetahuan Alam (PPPPTKIPA)

untuk Program Bermutu.

Kemendikbud. 2020. SE Mendikbud:

Pembelajaran Secara Daring dan

Bekerja dari Rumah untuk

Mencegah Penyebaran Covid-19.

https://www.kemdikbud.go.id/mai

n/blog/2020/03/se-mendikbudpembelajaran-

secara-daring-danbekerja-

dari-rumah-untukmencegah-

penyebaran-covid19.

/06/2020.

Keputusan Bersama 4 Menteri Nomor

/KB/2020 tanggal 15 Juni 2020

tentang Panduan Penyelenggaraan

Pembelajaran pada Tahun Ajaran

/2021 dan Tahun Akademik

/2021 di Masa Pandemi

Corona Virus Disease (Covid-19).

Oktavian, R. dan RF.Aldya. 2020.

Efektivitas Pembelajaran Daring

Terintegrasi Di Era Pendidikan

0. Jurnal Pendidikan dan Ilmu

Pengetahuan. Volume 20(2):129-

Rohmawati, A. 2015. Efektivitas

Pembelajaran. Jurnal Pendidikan

Usia Dini. Volume 9(1):15-32.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i2.3898

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.