PELATIHAN PEMBUATAN PRESENTASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN PREZI PADA GURU DI SD IT ANAK SHOLEH MANDIRI BANJARMASIN

Fathur Rahman(1*), Hj. Silvia Ratna(2), Wagino Wagino(3), Nur Alamsyah Nur Alamsyah(4)

(1) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author

Sari


Pemanfaatan media pembelajaran seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat
perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru perlu
mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan
pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. media yang digunakan
memiliki posisi sebagai alat bantu dalam kegiatan pembelajaran, yaitu alat bantu
mengajar bagi guru (teaching aids). Misalnya alat-alat grafis, photografis, atau
elektronik untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau
verbal. Banyak media yang bisa kita jadikan sebagai media pembelajaran salah satunya
adalah Multimedia Interaktif, contoh multimedia interaktif adalah Kuis dengan flash,
game, kuis dengan PowerPoint, dan lain-lain. PowerPoint salah satu media presentasi
yang sering digunakan oleh para guru dalam menyampaikan bahan ajar dengan tujuan
siswa dan siswi bisa menerima materi, tapi terkadang pembuatan powerpoint yang
biasa-biasa saja dapat membuat mereka jadi bosan, Salah satu media pembelajaran yang
baik dan mudah digunakan adalah Prezi Desktop. Prezi merupakan sebuah perangkat
lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga
dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas
virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan en:Zooming User
Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan
memperkecil tampilan media presentasi. Jadi dengan adanya Prezi sangat membantu
bagi guru dalam menyampaikan materi ajar sehingga siswa dan siswi dapat menerima
materi yang diberikan dengan tampilan yang lebih interaktif dan menarik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aribowo, I. T. 2012. Keefektifan

Penggunaan Multimedia Prezi

pada Pembelajaran Keterampilan

Menulis Bahasa Jerman di SMAN

Banguntapan Bantul.

Yogyakarta:UNY.

Alwaystau, Hadmin. 2013. Prezi, Buat

Presentasi Lebih Menarik.

Diakses tanggal 18 Oktober 2014.

di

http://alwaystau.blogspot.com/201

/04/prezi-buat-presentasi-lebihmenarik.

html.

Brock, Sabra & Brodahl, Cornelia.

A Tale of Two Cultures:

Cross Cultural Comparison in

Learning the Prezi Presentation

Software Tool in the US and

Norway. Journal of Information

Technology Education Research.

Vol. 12 Tahun 2013, Hal 1-25.

Murdiono, M. (2010). Pelatihan

Penggunaan Internet Sebagai

Media Penelusuran Sumber

Pustaka Bagi Guru-Guru

Pendidikan Kewarganegaraan Se-

Kota Yogyakarta. Jurnal Inotek

LPM UNY.

Nugraha, Ismail. 2014. Pengaruh

Multimedia prezi Desktop

terhadap Hasil Belajar Peserta

Didik pada Mata Pelajaran

Sosiologi.

repository.upi.edu/7012/7/S_KTP

_0906566_Tittle.pdf. diakses

tanggal 15 Oktober 2014.

Rosadi, H. 2013. Pengembangan Media

Slide Berbasis Program Aplikasi

Prezi pada Materi Sistem

Peredaran Darah Manusia untuk

Sekolah Menengah Pertama.

Surabaya :Universitas Negeri

Surabaya.

Vianda Nova M, Try., dan Rina Alfah,

Ibrahim, Pelatihan Pembelajaran

Bahasa Arab Berbasis E-Learning

di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul

Khair Banjarmasin, Jurnal Al

Ikhlas Volume 3 Nomor 2 Tahun

, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad

Al Banjari.

Wagino, dan Nur Alamsyah,

Zaenuddin, 2015, Pembuatan

Media Pembelajaran Interaktif

Dengan Perangkat Lunak Ispring

Presenter di SMAN 4

Banjarmasin, , Jurnal Al Ikhlas

Volume 1 Nomor 1 Tahun 2015,

Universitas Islam Kalimantan

Muhammad Arsyad Al Banjari.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i2.3894

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.