PELATIHAN PEMBUATAN PRESENTASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN PREZI PADA GURU DI SD IT ANAK SHOLEH MANDIRI BANJARMASIN
(1) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(2) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(3) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(4) Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Islam Kalimantan
(*) Corresponding Author
Sari
Pemanfaatan media pembelajaran seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat
perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu guru perlu
mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan
pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. media yang digunakan
memiliki posisi sebagai alat bantu dalam kegiatan pembelajaran, yaitu alat bantu
mengajar bagi guru (teaching aids). Misalnya alat-alat grafis, photografis, atau
elektronik untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau
verbal. Banyak media yang bisa kita jadikan sebagai media pembelajaran salah satunya
adalah Multimedia Interaktif, contoh multimedia interaktif adalah Kuis dengan flash,
game, kuis dengan PowerPoint, dan lain-lain. PowerPoint salah satu media presentasi
yang sering digunakan oleh para guru dalam menyampaikan bahan ajar dengan tujuan
siswa dan siswi bisa menerima materi, tapi terkadang pembuatan powerpoint yang
biasa-biasa saja dapat membuat mereka jadi bosan, Salah satu media pembelajaran yang
baik dan mudah digunakan adalah Prezi Desktop. Prezi merupakan sebuah perangkat
lunak untuk presentasi berbasis internet (SaaS). Selain untuk presentasi, Prezi juga
dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas
virtual. Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan en:Zooming User
Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan
memperkecil tampilan media presentasi. Jadi dengan adanya Prezi sangat membantu
bagi guru dalam menyampaikan materi ajar sehingga siswa dan siswi dapat menerima
materi yang diberikan dengan tampilan yang lebih interaktif dan menarik.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aribowo, I. T. 2012. Keefektifan
Penggunaan Multimedia Prezi
pada Pembelajaran Keterampilan
Menulis Bahasa Jerman di SMAN
Banguntapan Bantul.
Yogyakarta:UNY.
Alwaystau, Hadmin. 2013. Prezi, Buat
Presentasi Lebih Menarik.
Diakses tanggal 18 Oktober 2014.
di
http://alwaystau.blogspot.com/201
/04/prezi-buat-presentasi-lebihmenarik.
html.
Brock, Sabra & Brodahl, Cornelia.
A Tale of Two Cultures:
Cross Cultural Comparison in
Learning the Prezi Presentation
Software Tool in the US and
Norway. Journal of Information
Technology Education Research.
Vol. 12 Tahun 2013, Hal 1-25.
Murdiono, M. (2010). Pelatihan
Penggunaan Internet Sebagai
Media Penelusuran Sumber
Pustaka Bagi Guru-Guru
Pendidikan Kewarganegaraan Se-
Kota Yogyakarta. Jurnal Inotek
LPM UNY.
Nugraha, Ismail. 2014. Pengaruh
Multimedia prezi Desktop
terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik pada Mata Pelajaran
Sosiologi.
repository.upi.edu/7012/7/S_KTP
_0906566_Tittle.pdf. diakses
tanggal 15 Oktober 2014.
Rosadi, H. 2013. Pengembangan Media
Slide Berbasis Program Aplikasi
Prezi pada Materi Sistem
Peredaran Darah Manusia untuk
Sekolah Menengah Pertama.
Surabaya :Universitas Negeri
Surabaya.
Vianda Nova M, Try., dan Rina Alfah,
Ibrahim, Pelatihan Pembelajaran
Bahasa Arab Berbasis E-Learning
di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Khair Banjarmasin, Jurnal Al
Ikhlas Volume 3 Nomor 2 Tahun
, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad
Al Banjari.
Wagino, dan Nur Alamsyah,
Zaenuddin, 2015, Pembuatan
Media Pembelajaran Interaktif
Dengan Perangkat Lunak Ispring
Presenter di SMAN 4
Banjarmasin, , Jurnal Al Ikhlas
Volume 1 Nomor 1 Tahun 2015,
Universitas Islam Kalimantan
Muhammad Arsyad Al Banjari.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v6i2.3894
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992
------------------------------------------------------------------------------------------------
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.