PELATIHAN DESAIN KREATIF MARKETPLACE DAN MEDIA SOSIAL BAGI PENGRAJIN BATU PERMATA KHAS BANJAR MARTAPURA DALAM MENARIK MINAT PEMBELI

Risa Dwi Ayuni(1*), Mirza Yogi Kurniawan(2)

(1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Kabupaten Banjar terkenal dengan kerajinan khasnya berupa batu permata. Selama ini para pengrajin hanya menggunakna metode penjualan langsung dalam transaksi jual beli. Namun hal ini berdampak pada penurunan karena kurangnya minat pembeli lokal. Untuk itu diperlukan pangsa pasar yang lebih liuas yang bisa dicapai melalui berjualan secara online. Untuk menjawab tantangan kurangnya pengetahun dan keterampilan dalam bidang teknologi dan komunikasi bisnis, kami melakukan program pelibatan masyarakat untuk membantu pengrajin Banjar agar dapat berjualan secara online melalui marketplace dan media sosial. Para peserta dilatih untuk membuat dan mengelola aplikasi Shopee sebagai pasar online dan Instagram sebagai media sosial. Dan yang tidak kalah penting adalah peserta diajarkan dalam membuat desain kreatif untuk membuat konten yang dapat menarik minta pembeli tidak hanya lokal, tapi nasional. Pelatihan menggunkan metode pendalam materi dimkelas, praktek, serta evaluasi. Pengrajin merespon postitif kegiatan ini dan kedepannya dapat menggunakan marketplace dan media sosial dalam hal ini shopee dan instagram, serta dapat membuat konten kreatif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Janita, M.S. and F.J. Miranda, (2013) Exploring Service Quality Dimensions in B2B marketplaces, Journal of Electronic Commerce Research 14(4)

Manning, J. (2014) Social Media, Definition and classesof In K.Harvey (Ed), Encyclopedia of social media and politics. Thousands Oaks, CA: Sage

Marco R, Ningrum P, Tyas B. (2017). Analisis Sistem Informasi Online Marketplace pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan. Jurnal Ilmiah DASI 18(2). 49

Rizal, F. Adam, M. and Ibrahim M . (2017). Effect of price, design, and location on decision of purchase and its implication on customer satisfaction. International Journal of Economic, Commerce, and Management. Vol. V, No 12 pp 346-347 Sajid, S. I. (2016). Social media and its role in marketing. Business and Economics Journal. Vol 7 No 1 pp 1 Elman, J., Blue, A. J., Work, J. D., & Ly, E. (2019). U.S. Patent No. 10,387,841. Washington, DC: U.S. Patent and Trademark Office




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jpaiuniska.v5i2.2815

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, ISSN : 2461-0992

------------------------------------------------------------------------------------------------

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.